terkini

Iklan Film

Khawatirkan Tingginya Angka Sarjana Pengangguran, LKMDI Gelar Simposium Sarjana Pengangguran Kab. Langkat Tahun 2022

Lidinews
Minggu, 8/14/2022 09:00:00 PM WIB Last Updated 2022-08-14T14:00:02Z

Lidinews.id - Lembaga Kajian Masa Depan Indonesia (LKMDI) telah melaksanakan kegiatan Simposium Sarjana Pengangguran Langkat 2022, di Gedung PKK Kab. Langkat, pada tanggal 11 Agustus 2022, dengan Ketua Panitia ialah Rizky Fitri Ramadhani, S.Kom.


Kegiatan yang mengusung thema “menyusun, Menetapkan Program Strategis Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Sarjana Kabupaten Langkat- Sumatera Utara Dalam Rangka Menyambut Indonesia Emas 2045," dengan peserta seratusan lebih sarjana di Langkat,  dihadiri oleh Narasumber diantaranya Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husein (Anggota Komisi X DPR RI 2019-2024), Pangdam I/BB yang diwakili oleh Kol Kav Sudrajat Dirgahayu, S. Sos (Pamen Ahli Bid. OMP Kodam I/BB), Kapolda Sumatera Utara yang diwakili oleh utusan Kapolres Langkat yaitu Kompol Mahyu Daniel, S.H (Kabag Ren Polres Langkat) dan dibuka oleh Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin, S.H, diwakili oleh Assisten II Bid. Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Sosial Drs. Hermansyah, M.IP.


Andi Junianto Barus, Direktur Eksekutif LKMDI dalam pandangan awal kegiatan menyampaikan pihaknya sengaja melakukan kegiatan simposium sarjana pengangguran. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kekhawatiran tingginya dan tidak terkendalinya angka sarjana pengangguran di Langkat.


“ Berdasarkan data BPS 2021, jumlah sarjana pengangguran di Kabupaten Langkat berada pada kisaran angka 4.419 jiwa. Dengan luasan wilayah, potensi sumber daya yang ada, baik BUMS, BUMN, Dana Desa, Program UMKM dan lain sebagainya, semestinya angka pengangguran di Langkat ini bisa ditekan dan dikendalikan. Kami khwatir dengan tingginya angka sarjana yang pengangguran. Jangan sampai nanti terjadi pembiaran yang terstruktur”. Ungkapnya.


Andi juga menegaskan bahwa kegiatan ini bukan dalam rangka untuk mempersalahkan siapa pun melainkan untuk membawa rekomendasi solusi yang bisa dilaksanakan oleh Pemerintahan Kabupaten Langkat.


“ Disini LKMDI berkepentingan agar Pemerintahan Kabupaten Langkat, Provinsi bahkan hingga Pemerintah Pusat dapat melihat kenyataan dan segera melakukan tindaklanjut dengan kebijakan maupun program-program strategis. Kita berharap rekomendasi solusi yang dihasilkan symposium ini dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Langkat. Kita yakin kali ini kemauan Pemerintah akan bertemu dengan kemauan masyarakat dan keinginan pemerintah bertemu dan sejalan dengan kehendak masyarakat," kata Andi.



Pada kesempatan yang sama, narasumber Kol Kav Sudrajat Dirgahayu, S.Sos, dalam pemaparannya menyampaikan, sarjana harus mempunyai kemampuan atau keahlian, mempunyai jiwa optimisme, dan mengetahui kemampuan diri sehingga tau arah tujuan bekerja. Kemudian para sarjana harus berani untuk membuat usaha, apapun usaha yang dijalani dengan tekun, pantang menyerah, dan optimis pasti usaha di bangun akan sukses. Para sarjana juga bisa menjadi TNI. 


Kompol Mahyu Daniel, S.H, narasumber kedua menjelaskan posisi sarjana ditengah-tengah masyarakat menjadi sangat strategis. Sarjana diharapkan mampu membangun edukasi dan kolaborasi dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kalaupun saat ini masih belum memiliki pekerjaan, para sarjana jangan berpikiran untuk melakukan tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri, misalnya melakukan tindakan kejahatan/kriminal dilingkungan masyarakat, karena hal itu dapat merugikan diri sendiri dan keluarga. Kita berharap kondusifitas dan ketertiban masyarakat di Langkat ini tetap terjaga.


Prof. Djohar Arifin Husin sebagai narasumber ke tiga, menyampaikan bahwa potensi Kab. Langkat sangat besar dari segi SDA. Di bidang pertanian kita mempunyai kelapa sawit, karet, jagung yang luas. Di bidang perikanan potensinya juga besar, peternakan, pertambangan dan industri. Potensi ini jika di kelola dengan baik maka sangat memungkinkan untuk menghilangkan pengangguran di Langkat. 


Masih Prof. Djohar Arifin, Anggota Komisi X DPR RI ini menyebutkan bahwa acara yang dilaksanakan oleh LKMDI ini sangat bagus dan langka, seharusnya yang melakukan kegiatan seperti ini adalah Pemkab Langkat, khususnya Dinas Ketenagakerjaan atau Dinas Sosial atau yang lainnya.


 “Seharusnya Pemkab Langkat berterimakasih kepada LKMDI yang melaksanakan Simposium ini, tanpa disadari telah membantu tupoksi dinas-dinas terkait”.  Ucapnya. 


Rangkaian kegiatan yang di berlangsung selama 7 (Tujuh) jam ini,  di akhiri melalui penetapan rekomendasi hasil-hasil Simposium Sarjana Pengangguran Kabupaten Langkat Tahun 2022.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Khawatirkan Tingginya Angka Sarjana Pengangguran, LKMDI Gelar Simposium Sarjana Pengangguran Kab. Langkat Tahun 2022

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo