terkini

Iklan Film

Dosen Unismuh Makassar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Permainan Tradisional Anti Bullying

Selasa, 10/04/2022 06:00:00 PM WIB Last Updated 2022-10-12T04:02:55Z

 


Kegiatan di laksanakan pada hari Senin, 3 Oktober 2022 dan Selasa 4 Oktober 2022, di ikuti oleh 50  peserta yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan Yayasan Sitti Zaenab, 20 Mahasiswa dari FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar bertempat di SDIT. AL- Hikmah Pangkajene, Kabupaten Pangkep.

Pelatihan dan pendampingan ini merupakan bagian rangkaian kegiatan program Matching Fund 2022 yang diselenggarakan oleh Tim Insan Dikti Universitas Muhammadiyah Makassar yang di ketuai oleh Dr. Ashar, S.Or., S.Pd., M.Pd. bekerjasama dengan Mitra Yayasan Sitti Zaenab kabupaten Pangkep.

Pada kegiatan ini, Dr. Syarifah Aeni Rahman, M.Pd. memberikan materi dan memperkenalkan jenis- jenis permainan tradisional yang menyenangkan juga ramah anak. Diantara lain Ma’benteng/Benteng-benteng, Ma’dende, Dam-Daman, Bise’-Biseang, Asing-asing, Ma’jengka, Congklak, serta Lari Karung. Para peserta sangat tertarik mendengarkan materi. Ini dikarenakan beberapa peserta berasal dari generasi berbeda dan wilayah sehingga mereka merasa asing dengan beberapa permainan tersebut.

 Setelah mendengarkan materi yang diberikan, dilanjutkan oleh Syamsu Al Fareezy atau yang biasa disapa Kak Rere. Beliau merupakan founder akun Instagram Jalan-Jalan Seru yang berfokus pada pelestarian permainan tradisional. Pada sesi ini, Kak Rere menjelaskan dan  mempraktekkan  beberapa cara memainkan permainan tradisional. Para peserta terlihat antusias dan sangat bersemangat memainkan permainan tersebut.

Output dari kegiatan ini diharapkan para guru dan calon guru dapat berinovasi menggunakan permainan tradisional dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga para siswa lebih nyaman dalam menerima materi.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Unismuh Makassar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Permainan Tradisional Anti Bullying

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo