terkini

Iklan Film

Mengapa Tidak Semua Makanan Yang Menenangkan Itu Sama

Lidinews
Sabtu, 1/14/2023 04:00:00 PM WIB Last Updated 2023-01-14T09:00:00Z


Lidinews.id - Setiap budaya makanan memiliki hidangan tertentu yang digunakan orang pada saat dibutuhkan. Dan tidak ada makanan yang menjadi makanan pokok yang menenangkan di seluruh dunia. Inilah alasannya.

Ramen instan, kentang tumbuk, makaroni, dan keju – jika seseorang meminta Anda menyebutkan makanan yang membuat Anda nyaman, Anda mungkin tidak perlu berpikir dua kali. Ungkapan, yang telah melayang di sekitar leksikon makanan selama beberapa dekade, tampaknya membangkitkan kesenangan, rasa yang akrab, dan pelipur lara di saat sedih. Menurut setidaknya satu penulis, Liza Minnelli membantu mempopulerkan frasa tersebut dalam wawancara tahun 1970 dengan seorang kolumnis surat kabar. Baginya, makanan rumahan adalah hamburger yang mewah. Daftar makanan rumahan di Inggris termasuk sarapan ala Inggris lengkap dan telur orak-arik di atas roti bakar. Namanya sepertinya menjelaskan semuanya: makanan yang Anda makan untuk menghibur diri sendiri.

Tapi benarkah itu yang kita dapatkan dari makanan yang biasanya berkalori tinggi ini? Ketika para psikolog dan peneliti lain telah bekerja untuk mendefinisikan makanan yang menenangkan, mereka menemukan beberapa kontradiksi yang mengejutkan.

Untuk satu hal, bahkan tidak jelas bahwa pada saat-saat sulit, kita meraih yang familier. Stacy Wood, seorang profesor pemasaran di University of South Carolina, menemukan dalam sebuah studi tahun 2010 bahwa peserta yang mengalami lebih banyak gejolak dalam hidup mereka lebih cenderung memilih makanan yang belum pernah mereka coba sebelumnya daripada makanan lama. Meskipun peserta sendiri mengatakan bahwa mereka pikir orang dengan kehidupan yang stabil akan lebih mungkin untuk bercabang ke arah baru, ketika dorongan datang untuk mendorong, mereka sendiri tidak mengikuti aturan itu.

Menawarkan keripik kentang merek Amerika yang populer atau paket keripik Inggris yang "eksotis" dengan rasa seperti camembert dan prem, mereka yang lebih stabil memilih merek yang sudah dikenal. Mereka yang tidak memilih sesuatu yang baru. Waktu perubahan sebenarnya bisa membuat kita lebih terbuka terhadap kemungkinan baru, saran para peneliti.

Para ilmuwan juga bertanya-tanya apakah kalori dalam makanan yang menenangkan dapat meningkatkan suasana hati. Terdapat beberapa bukti bahwa rasa manis dapat mengurangi penanda stres pada tikus. Dan pada bayi manusia, air gula dianggap dapat meredakan nyeri. Tapi banyak makanan rumahan, tentu saja, tidak manis. Faktanya, satu jajak pendapat menemukan bahwa pizza mengalahkan semua pesaing lain untuk gelar makanan rumahan favorit Amerika.

Terlebih lagi, satu studi yang mensurvei sekitar 1.400 orang di Amerika Utara menemukan bahwa lebih banyak pria melaporkan makan makanan yang menenangkan sebagai semacam perayaan – dengan kata lain, ketika mereka dalam suasana hati yang baik – sementara wanita cenderung melaporkan makan makanan yang menenangkan dalam suasana hati yang rendah. suasana hati. Makan makanan yang menenangkan cenderung membuat mereka merasa bersalah, tidak bahagia.

Upaya untuk mengklasifikasikan makanan rumahan sebagai renyah atau lunak, mudah dimakan atau sulit dinikmati, sebagian besar gagal menemukan polanya, bahkan dalam budaya tertentu.

Mungkin makanan yang menenangkan memberikan sesuatu yang lebih halus daripada keceriaan. Dalam beberapa situasi, mereka mungkin, beberapa peneliti mengusulkan, membantu kita merasakan rasa memiliki. Dalam sebuah artikel berjudul "Chicken Soup Really Is Good for the Soul", para peneliti menemukan bahwa makan makanan yang menenangkan membangkitkan perasaan yang berkaitan dengan hubungan, dan bagi orang Amerika Utara yang memiliki riwayat hubungan yang kuat dan aman, makan makanan semacam itu dapat melindungi mereka dari ancaman terhadap penyakit. identitas mereka. Namun, orang-orang yang tidak memiliki riwayat koneksi yang aman tidak diisolasi dari pukulan ini dengan makanan. Efeknya tergantung pada masa lalu Anda sendiri.

Menariknya, bagaimanapun, tim lain tidak melihat efek yang sama pada orang-orang dari Singapura atau Belanda. Makanan yang menenangkan tidak berpengaruh pada perasaan kesepian atau rasa memiliki mereka. Bisakah makanan yang menenangkan menjadi konsep yang hanya membantu orang dari budaya tertentu?

Konteks pesta es krim atau hot chip Anda sebenarnya lebih penting dari apa pun. Orang makan karena banyak alasan emosional, catat psikolog Oxford Charles Spence, apakah mereka mengonsumsi ikan dan kentang goreng atau kubis Brussel. Mereka makan untuk menjaga suasana hati yang baik, untuk merayakan, untuk menghabiskan waktu. Dan makanan itu sendiri berbeda dari budaya ke budaya.

Makanan rumahan India yang sering dikutip adalah khichri, bubur gurih dari lentil dan nasi, dengan acar di atasnya; bagi sebagian orang Cina, bakso kepala singa yang besar, bola daging babi yang dibumbui, menggaruk gatal itu. Orang Suriah mungkin akan membuat liris tentang mujaddara, hidangan lentil dan bulgur yang ditumpuk dengan bawang karamel, dan orang Prancis mungkin memimpikan tartiflette, casserole kentang yang mengandung lardon. Bagi orang Swiss dari Canton de Vaud, kelezatan saucisse-aux-choux yang hiper-lokal dengan daun bawang dan kentang dapat menghadirkan kenyamanan saat paling dibutuhkan.

Upaya untuk mengklasifikasikan makanan rumahan sebagai renyah atau lunak, mudah dimakan atau sulit dinikmati, sebagian besar gagal menemukan polanya, bahkan dalam budaya tertentu. Tetapi beberapa bukti jelas tentang orang yang makan makanan enak demi kenyamanan berasal dari, semua orang, turis.

Jauh dari rumah, sedikit terintimidasi oleh masakan lokal, dan mungkin sakit atau jet-lag, orang-orang di dua bandara utama.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengapa Tidak Semua Makanan Yang Menenangkan Itu Sama

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo