terkini

Iklan Film

Dorong Peningkatan UMKM, Tim PKM Dosen FKIP UNISMUH Makassar Lakukan Ini

Minggu, 2/26/2023 07:17:00 PM WIB Last Updated 2023-03-09T12:42:29Z

 


     Makassar (26/02). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMKM, Tim  Pengabdian Masyarakat melaksanakan kegiatan pendampingan pengelolaan kemiri di Kecamatan Watang Soreang pada minggu, tanggal 26 Februari 2023, dengan tema kegiatan "Diversifikasi Kemiri Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Petani Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMKM Sukaria, Kabupaten Bone."

     Ketua Pelaksana kegiatan adalah Muhammad Wajdi,S.Pd.,M.Pd beserta 2 orang dosen Unismuh Makassar sebagai anggota pelaksana yaitu Nurdiyanti S.Pd,M.Pd dan Dr.Azhar,M.Pd , PKM ini dilaksanakan di  desa Pamusureng dan diikuti oleh 15 peserta wanita dan pria  yang berasal dari kelompok usaha bersama  UMKM Sukaria.

     Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memaksimalkan potensi alam di desa Pamusureng kab bone dengan memanfaatkan kemiri untuk dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan dan pendapatan dari warga desa pamusureng serta dapat menjadi pemasok utama olahan produk kemiri dan menjadi komoditas unggulan.


     "Oleh karena itu, diharapkan para peserta yang hadir  dengan sepenuh hati  berkomitmen akan hadir dan tetap melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan  bersama dengan mitra pengabdian  dan UMKM walaupun sudah tidak kami dampingi lagi.  Kami berharap peserta bisa mandiri setelah mengikuti pelatihan ”, ujar Wajdi, Ketua Tim PKM.

     Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memberikan materi pemanfaatan dan pengelolaan kemiri  serta cara  pemasarannya, baik secara langsung maupun melalui E-Commerce yang tersedia.

     ''Pada saat materi ditekankan agar pengelolaan kemiri yang selama ini kurang dimanfaatkan dapat  digunakan sebaik mungkin oleh seluruh anggota mitra sehingga menghasilkan produk olahan kemiri serta dapat meningkatkan pendapatan petani'', Tutupnya, Azhar.

     

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dorong Peningkatan UMKM, Tim PKM Dosen FKIP UNISMUH Makassar Lakukan Ini

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo