terkini

Iklan Film

8 Khasiat Buah Jambu Biji yang Terbukti Secara Klinis

Lidinews
Senin, 2/27/2023 07:34:00 AM WIB Last Updated 2023-02-27T00:39:26Z
Gambar : Buah Jambu Biji.


Banyak manfaat kesehatan dari buah jambu tampaknya sudah dikenal. Namun, buah jambu biji memiliki beberapa manfaat kesehatan yang teruji secara klinis. Buah jambu biji dikenal tidak hanya memiliki banyak manfaat tetapi juga memiliki rasa manis yang khas sehingga enak untuk disantap.

Saking nikmatnya, jambu biji bisa dibuat menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Salah satu yang paling umum dibuat dari jus.

Jambu biji berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang dapat dimakan. Selain itu, daun jambu biji juga bisa dijadikan teh herbal, dan ekstrak daunnya sering digunakan sebagai suplemen.

Buah jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium dan serat. Nilai gizi yang unik ini memberi jambu biji banyak manfaat kesehatan.
Menurut Healthline, jambu biji memiliki beberapa manfaat kesehatan.


1. Ini membantu menurunkan kadar gula darah.

Ada beberapa bukti bahwa jambu meningkatkan kontrol gula darah. Ini adalah kabar baik bagi orang dengan atau berisiko diabetes.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji juga memiliki manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya tingkat antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.
Ini karena jambu biji mengandung potasium dan serat larut yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membantu meredakan gejala haid

Banyak wanita mengalami gejala menstruasi yang menyakitkan seperti dismenore atau sakit perut yang parah. Namun, ada beberapa bukti bahwa jambu biji dapat mengurangi intensitas kram menstruasi.
Sebuah penelitian terhadap 197 wanita dengan gejala nyeri menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji per hari mengurangi intensitas nyeri. Tampaknya lebih kuat daripada pereda nyeri apa pun.

4. mendukung pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi lebih banyak jambu biji dapat membantu meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

5. Membantu Anda menurunkan berat badan

Jambu biji adalah makanan untuk menurunkan berat badan. Karena jambu biji merupakan buah yang rendah kalori.
Dengan hanya 12% dari asupan serat harian Anda dan 37 kalori per buah, ini adalah camilan yang enak untuk diet penurunan berat badan.

6. Memiliki efek anti kanker

Ekstrak daun jambu biji telah terbukti memiliki sifat anti kanker. Penelitian tabung reaksi dan hewan telah menemukan bahwa ekstrak jambu biji dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.
Ini mungkin karena tingginya tingkat antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

7. Peningkatan kekebalan

Keuntungan lain dari Guwa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau kekebalan tubuh. Jambu biji adalah salah satu sumber makanan terkaya vitamin C, jadi cara yang bagus untuk mendapatkan nutrisi ini. Dengan kata lain, itu dapat memperkuat kekebalan Anda.
Kadar vitamin C yang rendah dan nutrisi lain melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Baca juga: Tahukah Anda Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan? PERINGATAN YA!

8. baik untuk kesehatan kulit

Beberapa vitamin dan antioksidan dalam jambu biji dapat bermanfaat bagi kulit Anda. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan yang memperlambat proses penuaan dan mencegah keriput. Selain itu, ekstrak daun jambu biji yang dioleskan langsung ke kulit juga bisa membantu mengatasi jerawat.
Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan peran jambu biji dan ekstrak jambu biji dalam menjaga kesehatan kulit.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 8 Khasiat Buah Jambu Biji yang Terbukti Secara Klinis

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo