terkini

Iklan Film

film

Tim Dosen Unismuh Makassar Ciptakan Produk Berbahan Dasar Rumput Laut

Selasa, 2/14/2023 08:21:00 PM WIB Last Updated 2023-03-09T13:29:47Z

 


     Kegiatan ini bertema  Peningkatan Ekonomi Petani Rumput Laut melalui Divesifikasi Olahan Rumput Laut. Kegiatan ini di laksanakan di Desa Punaga Takalar, Selasa, 14 Februari 2023. Pengolahan rumput laut menjadi bahan makanan. Kegiatan ini pandu oleh MC dan Instruktur yaitu Dr. Andi Arifwangsa Adiningrat. S.E., S.Pd., M.Ak.
     Adapun pembicara yang tampil pertama pada Kegiatan ini  yakni A. Nur Fitrianti , S.E., M.SI selaku ketua tim pelaksana dengan materi prakteknya “Pembuatan produk Kripik dari Rumput Laut”, dilanjutkan dengan pembicaraa yang kedua yaitu Dr. Siti Aisyah, SE., MM. dengan judul materi “Pembuatan Sushi dari Rumput Laut”. Lalu dilanjutkan oleh pembicara ketiga yaitu Warda, SE., ME. Dengan materi “Pembuatan Produk Sabun dari Rumput Laut. Lalu dilanjutkan oleh pembicara terakhir yaitu Andi Amran Asriadi, SP.,M.Pd., MP. dengan materi “Budidaya Rumput Laut. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai anggota tim pengabdian yang hadir langsung mendampingi tim pelaksana kegiatan dan masyarakat.
   


     Diversifikasi olahan rumput laut memiliki beberapa tujuan dalam meningkatkan ekonomi, antara lain (1). Meningkatkan nilai tambah produk: Dengan diversifikasi olahan rumput laut, dapat dihasilkan berbagai produk olahan yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan perusahaan yang terlibat dalam proses produksi,  (2). Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam: Dengan melakukan diversifikasi olahan rumput laut, dapat mengurangi penangkapan ikan dan mengurangi pemakaian bahan baku yang lain, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, (3). Meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Dengan meningkatkan produksi dan diversifikasi olahan rumput laut, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah produksi, sehingga dapat membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Ujar Ketua Tim Pelaksana Pengabdian”.
     Kegiatan ini jumlah peserta 32 orang warga desa punaga dan warga muhammdiyah, selain itu dihadiri oleh tokoh masyarakat Desa Punaga Kabupaten Takalar yaitu M. Syarifuddin Dg Sore sebagai Kepala Desa. Selain dan Hamsunar selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Takalar dalam merealisasikan program pengabdian masyarakat.
     Dengan harapan warga masyarakat Desa Punaga maupun masyarakat Muhammadiyah dapat mengaplikasikan ilmu praktek yang telah diberikan oleh Tim Dosen dalam menciptakan produk yang bernilai jual dari bahan baku rumput laut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Dosen Unismuh Makassar Ciptakan Produk Berbahan Dasar Rumput Laut

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo