terkini

Iklan Film

Anggota DPRD Simalungun Siap Dukung Program PMD Himapsi Unika Santo Thomas Medan

Lidinews
Kamis, 3/30/2023 01:50:00 PM WIB Last Updated 2023-03-30T07:23:56Z

Gambar : Anggota DPRD Simalungun Siap Dukung Program PMD Himapsi Unika Santo Thomas Medan. Lidinews.id


Sumatera Utara, Medan, Lidinews.id - Dewan Pengurus Komisariat Himpunan Mahasiswa Pemuda Simalungun (DPK HIMAPSI UNIKA), akan mengadakadakan program Pengabdian Masysarakat Desa (PMD) yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2023 sampai dengan 9 April 2023 mendatang.


Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan di desa Huta Saing, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun.

Adapun tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan ini ialah untuk meningkatkan peran serta mahasiswa dalam mendobrak pembangunan desa khususnya pembangunan infrastruktur dalam melancarkan aktifitas masyarakat dibidang pertanian. Hal ini juga bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk lebih berperan aktif dalam mendukung aktifitas pertanian masyarakat. Mengetahui keluhkesah masyarakat di desa hingga akhirnya mampu memberikan solusi untuk mengembangkan pengelolaan pertanian yang berkelanjutan.

“mahasiswa terkususnya teman-teman Himapsi agar kedepannya memahami dan mengetahui budaya masyarakat dalam bentuk gotongroyong dan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat desa. Kami akan membuat kegiatan pengabdian masyarakat desa ini berbentuk seminar. Hal ini bertujuan Agar kami lebih memahami terlabih dahulu masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat desa dalam pertaniannya,” jelas ketua DPK Himapsi Khrisman Saragih.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan konsistensi mahasiswa yang terhimpun dalam DPK Himapsi Unika untuk memartirkan diri demi pembangunan kabupaten Simalungun yang lebih baik dan dimulai dari desa.

“saya sangat mengharapkan konsistensi kawan-kawan semuanya untuk siap memartirkan diri untuk kemajuan kabupaten simalungun dengan segala ilmu dan pengetahuan yang telah didapatkannya dalam perguruan tinggi dengan berbagai bidang ilmunya masing-masing,”harapnya lagi.

Sementara itu, Andika purba selaku koordinator bidang kaderisasi DPK Himapsi Unika menegaskan kesediannya untuk mempersiapkan kader-kader organisasi yang lebih matang dan siap mengabdikan diri serta pemahamannya dalam program pengabdian masyarakat desa ini.


“Sesuai dengan tugas dan tanggungjawab saya selaku bidang kaderisasi, saya akan berusaha semaksimal mungkin menciptakan pelatihan yang lebih baik kepada anggota organisasi demi tercapainya program PMD yang langsung terjun kelapangan untuk melihat situasi masyarakat yang didominasi berprofesi sebagai petani,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Berdasarkan amatan yang dilakukan oleh DPK Himapsi Unika diketahui bahwa keluhan dan keresahan masyarakat desa Huta Saing ialah persoalan dalam hasil panen cabai yang tidak masksimal. “dengan demikian kami akan membuat program PMD berbentuk seminar pertanian berlandaskan solusi dalam pengelolaan penanaman cabai yang lebih optimal kedepannya,” jelasnya menerangkan.


Anggota DPRD Simalungun Siap Dukung Program PMD Himapsi Unika Santo Thomas Medan


Hal ini pun kemudian direspon positif oleh seorang anggota DPRD Simalungun ibu Veronika Munthe. Menurutnya, apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut sangatlah positif demi kemajuan pertanian di simalungun kedepanya.

“tentu saja saya selaku wakil rakyat akan sangat mendukung. Mendukung penuh malahan jika, kegiatan itu benar-benar diseriusi oleh adek-adek mahasiswa ini nanti,” pungkasnya

Anggota DPRD simalungun tersebut pun menerangkan bahwa mahasiswa adalah salah satu factor utama dalam mendobrak pembangunan desa dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat. Dikarenakan mahasiswa lahir dan tumbuh ditengah-tengah masyarakat itu sendiri.

“saya merasa bahwa mahasiswa yang dilahirkan dari Rahim rakyat itu sendiri akan mampu mengorek secara jeals apa saja yang jadi masalah dalam pertaniannya. Masyarakat juka tidak akan merasa sungkan untuk bercerita keluh-kesahnya kepada mahasiswa/I yang merupakan anak kandung bagi masyarakat tersebut,” jelasnya lagi.

Dijelaskannya juga bahwa dengan adanya kegiatan ini, maka mahasiswa sebagai jembatan penyambung antara rakyat dengan pemerintah Bersama dengan wakil rakyat. “tentunya bila ini memang dapat terlaksana dengan baik dan penuh kekonsistensian, maka pembangunan desa yang nota benenya banyak bermasalah dipembangunan infrastruktur pertanian, penggunaan  fungisida yang kurang tepat, bibit yang berkualitas serta factor pemupukan dapat dipecahkan. Tentunya mahsiswa menjadi factor utama dalam peran terjadinya pembenahan dan perbaikan pertanian kita kedepan,” tutupnya.

Lihat Juga






Anggota DPRD Simalungun Siap Dukung Program PMD Himapsi Unika Santo Thomas Medan

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anggota DPRD Simalungun Siap Dukung Program PMD Himapsi Unika Santo Thomas Medan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo