terkini

Iklan Film

Galakkan Budaya Literasi, KOSTI NTB Launching Onthel Pustaka Oemar Bakri

Lidinews
Selasa, 3/14/2023 12:14:00 PM WIB Last Updated 2023-03-14T05:14:45Z

Gambar : Galakkan Budaya Literasi, KOSTI NTB Launching Onthel Pustaka Oemar Bakri. Lidinews.id

Mataram, Lidinews.id - Komunitas Sepeda Tua Indonesia Pengurus Provinsi Nusa Tenggara Barat (KOSTI PENGPROV NTB) melaunching Onthel Pustaka Onthel Gemar Baca Untuk Negeri (Oemar Bakri) dalam acara HUT KOSTI NTB yang ke-1 di Taman Budaya Kota Mataram.


Onthel Pustaka Oemar Bakri yang digagas oleh Yopi Aris Widiyanto, M.Pd Guru Sejarah SMAN 6 Mataram tersebut

adalah sebuah gerakan yang menggunakan transportasi berupa sepeda tua/onthel untuk membawa buku-buku keliling di wilayah Kota Mataram, Kab. Lombok Barat dan Kab. Lombok Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar hingga masyarakat umum.

Gambar : Galakkan Budaya Literasi, KOSTI NTB Launching Onthel Pustaka Oemar Bakri. Lidinews.id


Agus Cahyono, S.H., M.M. Ketua KOSTI PENGPROV NTB dalam sambutannya mengapresiasi ide dan trobosan yang dilakukan oleh salah satu pengurus KOSTI PENGPROV NTB, dimana memadukan antara hobby bersepeda onthel dengan suatu gerakan literasi. Karena kita ketahui bersama anak-anak saat ini lebih cenderung menyukai game dibandingkan membaca.

Gambar : Galakkan Budaya Literasi, KOSTI NTB Launching Onthel Pustaka Oemar Bakri. Lidinews.id


"Saya berharap dengan keberadaan Onthel Pustaka Oemar Bakri dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan bermain khususnya mengenalkan permainan tradisional, kami mendukung penuh gerakan ini dan saya berharap nantinya di masing-masing komunitas sepeda onthel ada gerakan literasinya juga ntah itu berupa Berugak Literasi, Pojok Baca, Bale Baca, Onthel Pustaka, Taman Bacaan Masyarakat dll sehingga gerakan literasi di kalangan para onthelis ini dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas," terangnya.


Sementara itu Yopi Aris Widiyanto, M.Pd Penggagas Onthel Pustaka Oemar Bakri mengatakan gerakan ini bermula dari keprihatinan akan minimnya minat baca anak-anak dan orang dewasa di wilayah Lombok dikarenakan minimnya akses buku khususnya di daerah pelosok-pelosok desa.

Gambar : Galakkan Budaya Literasi, KOSTI NTB Launching Onthel Pustaka Oemar Bakri. Lidinews.id


"Dari keresahannya itu, saya mencoba bergerak dengan memanfaatkan Sepeda Onthel kesayangan saya sebagai sarana transportasi sekaligus perpustakaan berjalan. Saya sudah menyiapkan berbagai buku mulai dari komik, novel, buku-buku fiksi, hingga majalah dll. Selain menyediakan buku bacaan Onthel Pustaka Oemar Bakri juga dilengkapi beberapa permainan anak dan Outbound sehingga anak-anak tidak hanya membaca saja melainkan juga bermain, khususnya mengenalkan permainan tradisional," ujar Calon Guru Penggerak Kota Mataram tersebut(Ar).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Galakkan Budaya Literasi, KOSTI NTB Launching Onthel Pustaka Oemar Bakri

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo