terkini

Iklan Film

Pemuda Samosir Sebut Dinas Lingkungan Hidup Tidak Transparan

Lidinews
Senin, 3/20/2023 03:01:00 PM WIB Last Updated 2023-03-20T08:01:05Z
Gambar : Pemuda Samosir Sebut Dinas Lingkungan Hidup Tidak Transparan. Lidinews.id.


Sumatera Utara, Samosir, Lidinews.id - persolan penanganan sampah kembali menjadi sorotan bagi pemuda Samosir. Pasalnya, Samosir sebagai salah satu destinasi pariwisata yang termasuk dalam KSPN tersebut masih sangat buruk dalam penanganan masalah sampah.

Hal ini disampaikan oleh Darmawijaya Naibaho seorang pemuda yang aktif dalam memperhatikan persoalan-persoalan desa.


"Sebagai kawasan destinasi pariwisata Nasional Samosir masih sangat buruk dalam pengelolaan sampah. Selain itu, dinas lingkungan hidup Samosir juga seolah menutupi persoalan ini dari masyarakat Samosir," ujarnya.


Mengingat hal tersebut, dirinya berharap dinas lingkungan hidup Samosir terbuka dan memberikan informasi yang ada pada lembaganya itu. Sehingga, saran dan usul dari masyarakat dalam memperbaiki persoalan ini lebih leluasa. 

Gambar : Pemuda Samosir Sebut Dinas Lingkungan Hidup Tidak Transparan. Lidinews.id.


"Kita berharap dinas lingkungan hidup mau menerima saran dan masukan masyarakat. Tentunya dengan membuka informasi persoalan penanganan sampah ini kepada publik agar masyarakat paham dimana letak persoalan dan bersama-sama memperbaiki kedepannya. Inikan kita lihat Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Samosir seolah-olah menutupi sesuatu hal disana," jelas pemuda tersebut.


Pemuda Samosir ini pun meminta salinan informasi yang dimohonkannya dapat ditanggapi oleh Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dinas lingkungan hidup.


"Saya meminta agar PPID dinas lingkungan hidup segera memberikan salinan informasi yang saya mohonkan. Karena toh juga tujuannya untuk hal yang baik, dalam permohonan tersebut juga sudah saya sampaikan maksud dan tujuan saya meminta salinan informasi tersebut," tuturnya.


Sebagai penutup ia menyampaikan bahwa penutupan terhadap informasi adalah salah satu bentuk tidak adanya transparansi dalam lembaga tersebut.

Gambar : Pemuda Samosir Sebut Dinas Lingkungan Hidup Tidak Transparan. Lidinews.id.


Dalam menanggapi hal ini, kepala dinas lingkungan hidup Samosir Edison Pasaribu saat di hubungi kontributor lidinews.id Darwin Sijabat melalui telepon WhatsApp pada Minggu 19, Maret 2023 menjelaskan jika persoalan terkait TPA harus memerlukan persetujuan dari pimpinan.


"Permohonan informasi ini apakah dari individu atau kelompok pemuda? Kalau individu jelas kita tidak akan sembarangan memberikannya. Akan tetapi, Kalau persoalan tekait TPA itu semua kita harus persetujuan dari pimpinan, karena kita tidak sembarang dalam memberikan informasi.

Kalau pun ingin memohonkan informasi semua itu berada pada dinas Kominfo. Jadi kita perlu persetujuan dari pimpinan untuk memberikan informasi yang dimohonkan tersebut," komentar kadis lingkungan hidup Samosir tersebut kepada tim Jurnalis lidinews.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemuda Samosir Sebut Dinas Lingkungan Hidup Tidak Transparan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo