terkini

Iklan Film

Perubahan Iklim Cenderung Mengurangi Jumlah Tidur Orang per Tahun

Lidinews
Senin, 3/06/2023 09:03:00 AM WIB Last Updated 2023-03-06T02:03:00Z
Menurut penelitian, perubahan iklim mungkin juga memiliki pengaruh kuat pada aktivitas mendasar manusia sehari-hari, salah satunya adalah berkurangnya aktifitas tidur.

Sebagian besar penelitian yang melihat dampak perubahan iklim pada kehidupan manusia berfokus pada bagaimana peristiwa cuaca ekstrem itu memengaruhi hasil ekonomi dan kesehatan masyarakat dalam skala luas. Namun perubahan iklim mungkin juga memiliki pengaruh kuat pada aktivitas mendasar manusia sehari-hari, termasuk sejumlah hasil perilaku, psikologis, dan fisiologis yang penting untuk kesejahteraan.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Copenhagen melaporkan bahwa peningkatan suhu lingkungan berdampak negatif pada tidur manusia di seluruh dunia. Hasil temuan ini telah dipublikasikan di jurnal One Earth pada 20 Mei 2022 dengan menuliskan judul Rising temperatures erode human sleep globally.

"Hasil kami menunjukkan bahwa tidur - proses restoratif penting yang tidak terpisahkan untuk kesehatan dan produktivitas manusia - dapat terdegradasi oleh suhu yang lebih hangat," kata penulis pertama Kelton Minor dari University of Copenhagen. "Untuk membuat keputusan kebijakan iklim yang terinformasi bergerak maju, kita perlu memperhitungkan dengan lebih baik spektrum penuh dari dampak iklim masa depan yang masuk akal dan meluas dari pilihan emisi gas rumah kaca masyarakat saat ini."

Tim mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa pada tahun 2099, suhu suboptimal dapat mengikis 50 hingga 58 jam tidur per orang dalam setahun. Selain itu, mereka menemukan bahwa efek suhu pada kurang tidur secara substansial lebih besar bagi penduduk dari negara berpenghasilan rendah serta pada orang dewasa dan wanita yang lebih tua.

Sudah diketahui sejak lama bahwa hari yang panas dapat meningkatkan kematian dan rawat inap serta memperburuk kinerja manusia, namun mekanisme biologis dan perilaku yang mendasari dampak ini belum dipahami dengan baik. Data yang dilaporkan sendiri baru-baru ini dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa kualitas tidur subjektif menurun selama periode cuaca panas, tetapi bagaimana fluktuasi suhu dapat memengaruhi perubahan hasil tidur objektif pada orang yang tinggal di berbagai iklim global, masih belum jelas.

Tim mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa pada tahun 2099, suhu suboptimal dapat mengikis 50 hingga 58 jam tidur per orang per tahun.

"Dalam penelitian ini, kami memberikan bukti skala planet pertama bahwa suhu yang lebih hangat dari rata-rata mengikis tidur manusia," kata Minor. "Kami menunjukkan bahwa erosi ini terjadi terutama dengan menunda ketika orang tertidur dan dengan maju ketika mereka bangun saat cuaca panas."

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti menggunakan data tidur global anonim yang dikumpulkan dari gelang pelacak tidur berbasis akselerometer. Data tersebut mencakup 7 juta catatan tidur malam dari sejumlah 47.000 lebih orang dewasa di 68 negara yang mencakup semua benua kecuali Antarktika. Ukuran dari jenis gelang yang digunakan dalam penelitian ini sebelumnya telah terbukti selaras dengan ukuran independen dari terjaga dan tidur.

Studi tersebut menunjukkan bahwa pada malam yang sangat hangat (lebih dari 30 derajat Celcius), tidur menurun rata-rata lebih dari 14 menit. Kemungkinan tidur kurang dari tujuh jam juga meningkat seiring dengan naiknya suhu.

"Tubuh kita sangat beradaptasi untuk mempertahankan suhu tubuh inti yang stabil, sesuatu yang menjadi sandaran hidup kita," kata Minor. "Namun setiap malam mereka melakukan sesuatu yang luar biasa tanpa sebagian besar dari kita menyadarinya - mereka melepaskan panas dari inti kita ke lingkungan sekitar dengan melebarkan pembuluh darah kita dan meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki kita." Dia menambahkan bahwa agar tubuh kita dapat mentransfer panas, lingkungan sekitar harus lebih dingin dari kita.

"Di seluruh musim, demografi, dan konteks iklim yang berbeda, suhu luar yang lebih hangat secara konsisten mengikis tidur, dengan jumlah kurang tidur yang semakin meningkat seiring suhu yang semakin panas," tutur Minor, seperti yang dilaporkan Dailymail.

Satu pengamatan penting adalah bahwa orang-orang di negara berkembang tampaknya lebih terpengaruh oleh perubahan ini. Ada kemungkinan bahwa prevalensi AC yang lebih besar di negara maju dapat berperan, tetapi para peneliti tidak dapat mengidentifikasi alasannya secara pasti karena mereka tidak memiliki data tentang akses AC di antara subjek.

Untuk penelitian lebih lanjut di masa depan, tim ingin berkolaborasi dengan ilmuwan iklim global, peneliti tidur, dan penyedia teknologi untuk memperluas cakupan tidur global dan analisis perilaku ke populasi dan konteks lain. Selain itu, mereka juga tertarik untuk mempelajari dampak kenaikan suhu di luar ruangan pada hasil tidur dari populasi yang terletak di iklim panas, yang mungkin memiliki akses terbatas ke AC.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perubahan Iklim Cenderung Mengurangi Jumlah Tidur Orang per Tahun

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo