terkini

Iklan Film

BEMNus NTT Sorot Kenaikan Beras di NTT

Lidinews
Senin, 3/06/2023 10:28:00 PM WIB Last Updated 2023-03-06T15:28:01Z


NTT, Lidinews.id - Putra Umbu Toku Ngudang Korda Bemnusntt, beras merupakan bahan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan harga yang tinggi dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.


Adapun harga beras naik karena beberapa faktor, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak, perusahaan cuaca yang tidak menentu, peningkatan permintaan beras dari negara lain, dan musim kemarau tandas Putra.


Tentunya dampak yang terjadi akibat naiknya harga beras di Nusa Tenggara Timur dan  kenaikan harga barang dan jasa lainnya,akan mempengaruhi tingkat inflasi yang meningkat, dan peningkatan tingkat kemiskinan yang semakin tajam.


Dengan melihat rata-rata harga di kabupaten kota se NTT, eceran suda menembus Rp 15.000/kilo dan kemungkinan bisa lebih dan tak terkendali akan kenaikannya, dengan ini perlu gerak cepat dari pemerintahlah agar mengendalikan harga pasaran dengan melakukan pengawasan terhadap penetapan harga/kilo agar tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan krisis ini dengan menaikkan harga tak wajar dengan semaunya.


Lebih lanjut tandas Putra yang juga ketua BEMPT Undana, pemerintah provinsi dan kabupaten perlu mengambil beberapa tindakan cepat untuk mengatasi naiknya harga beras, seperti mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan daerah dan memberikan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.


Momentum kelangkaan ini menjadi dorongan petani dapat meningkatkan produksi beras dengan bantuan teknis dan modal yang diberikan oleh pemerintah atau pihak swasta.


Mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada seperti pejabat pemerintah, ahli ekonomi, atau petani yang menjelaskan mengenai dampak naiknya harga beras dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Naiknya harga beras merupakan masalah yang kompleks dan memerlukan tindakan yang tepat dari pemerintah dan semua pihak terkait untuk mengatasinya. Menjelaskan bahwa sebagai masyarakat Indonesia, kita juga dapat membantu dengan mengurangi konsumsi beras yang berlebihan dan membeli beras dengan harga yang wajar.


ketersediaan beras yang cukup dan harga yang stabil sangat penting untuk menjaga ketahanan pangan dan keamanan nasional.

Menjelaskan bahwa pemerintah dan semua pihak terkait harus bekerja sama untuk memastikan ketersediaan beras yang cukup dan harga yang stabil bagi masyarakat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BEMNus NTT Sorot Kenaikan Beras di NTT

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo