terkini

Iklan Film

[Review Film] The Edge of Seventeen

Kamis, 3/09/2023 08:59:00 AM WIB Last Updated 2023-03-09T01:59:00Z

Everyone just want to feel important in life. The thing is, no matter how important they are, there’s always gonna be someone more important.
– Nadine

Lidinews.id - Begitulah kira-kira cerita The Edge of Seventeen (2016); kebutuhan manusia yang ingin diperhatikan dan dianggap penting. Eksistensial, yang mana dalam realitanya kita tidak akan selalu bisa merebut perhatian orang.

Apa yang ditampilkan dalam film besutan Kelly Fremon Craig ini begitu nyata, tidak berjarak dengan penonton. Apa yang dirasakan si tokoh utama, Nadine (Hailee Steinfeld), pernah kita rasakan juga.

The Edge of Seventeen menyajikan tontonan yang renyah sekaligus lumer. Adegan-adegan beserta dialog-dialognya kerap memantik gelak tawa. Aliran ceritanya membuat hati meleleh. Seperti kebanyakan film-film bergenre coming of age, film ini juga menampilkan kehidupan remaja yang rumit dan egois.

Menariknya, Kelly Fremon Craig menampilkan kerumitan pertumbuhan Nadine dalam usia-usia rawan pencarian jati diri; tujuh tahun, tiga belas tahun, dan tujuh belas tahun.

Sosok ibu, seperti biasa dihadirkan menjadi lawan dari anak perempuan, di mana Nadine sendiri jauh lebih dekat dengan sosok sang ayah. Ayah (Eric Keenleyside) menjadi penetralisir hubungan “musuh bebuyutan” yang dimiliki Nadine dan ibunya, Mona (Kyra Sedgewick).

Hidup Nadine sebagai anak bontot dibayangi oleh sosok kakaknya yang sempurna. Darian (Blake Jenner) tidak hanya populer dan supel, penurut, dapat diandalkan, dan tumbuh menjadi anak tampan yang membuatnya semakin populer.

Selain itu, sosok ibu yang lebih dekat dengan anak lelakinya tersebut menjadikan hubungan Nadine dan kakaknya juga memanas. Secara tidak langsung, Nadine menganggap Darian sebagai saingan. Dalam setiap momen, Nadine selalu merasa terpinggirkan.

Nadine tumbuh dengan citra drama queen. Dia adalah protagonis sekaligus antagonis dalam The Edge of Seventeen. Sejak masih di Sekolah Dasar, Nadine yang susah berbaur dengan lingkungan, akhirnya memiliki teman baik bernama Krista (Haley Lu Richardson).

Mereka tumbuh bersama dan Krista menjadi teman setia yang selalu mendengar racauan dan keluhan-keluhan soal hidup Nadine. Penonton dapat melihat bagaimana sifat drama queen Nadine semakin menjadi-jadi setiap kali dia menghadapi konflik dan Krista selalu berusaha menjadi teman yang baik.

Penulisan cerita yang apik dari The Edge of Seventeen membuahkan hubungan ciamik antar-karakter. Darian yang begitu dibanggakan ibunya dan berkonflik dengan adiknya justru menjadi “orang dewasa” sesungguhnya di rumah.

Tanpa ada yang menyadari sebetulnya dia memikul tanggung jawab meski terkadang hal tersebut membuatnya sesak. Hubungan menarik lainnya adalah antara Nadine dan gurunya, Mr. Bruner (Woody Harrelson). Kebiasaan Nadine yang banyak bicara, judgemental, menumpah-ruahkan seluruh emosinya, bersumpah-serapah, ditanggapi dingin dan sarat akan sarkasme oleh Mr. Bruner.

Sebuah reaksi cerdas untuk mendewasakan seorang drama queen dan justru membangun hubungan emosional diantara keduanya. Tokoh lain yang menjadi scene stealer adalah Erwin (Hayden Szeto), pria kikuk yang tertarik pada Nadine dan berhasil membuat Nadine tidak merasa terpinggirkan, meski dia baru menyadarinya belakangan. Sebelumnya dia sibuk dengan sosok bad boy Nick (Alexander Calvert) dengan cara menguntit via media sosial dan malah jadi boomerang bagi Nadine.

Sutradara dan produser The Edge of Seventeen terbilang sukses dalam soal casting. Mereka menetapkan aktor-aktris yang tepat untuk setiap karakter. Hasilnya adalah chemistry luar biasa antar-karakter, sehingga cerita sederhana dan klise tampil renyah, lumer, dan hidup.

Banyak kata vulgar yang digunakan dalam beberapa dialog, tetapi justru membuat adegannya terasa jujur, otentik, dan tetap nyaman untuk ditonton. Film ini seperti berpesan bahwa, shit happens in life, but in the end all you need to do is suck it up and stop whining. The world does not just revolve around you, you know.

Data Film
Judul               : The Edge of Seventeen

Sutradara       : Kelly Fremon Craig

Penulis            : Kelly Fremon Craig

Studio             : STX Entertainment

Genre              : Coming of Age Drama Comedy

Pemeran  : Hailee Steinfeld, Haley Lu Richardson, Blake Jenner,                                                                            Woody Harrelson

Durasi             : 98 menit

Rilis                 : 18 November 2016

Rating    : 7.3/10 (IMDB) | 98% (Rotten Tomatoes) | 77% (Metacritic)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • [Review Film] The Edge of Seventeen

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo