terkini

Iklan

film

Pabrik PT. HPP Meledak. FORMULA Akan Unjuk Rasa, Minta Izin Pabrik Dicabut

Lidinews
Selasa, 5/09/2023 01:33:00 AM WIB Last Updated 2023-05-08T19:02:51Z
Gambar : Pabrik PT. HPP Meledak. FORMULA Akan Unjuk Rasa, Minta Izin Pabrik Dicabut. Lidinews.id


Sumatera Utara, Lidinews.id - Forum Mahasiswa Labuhan Batu (FORMULA) akan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Sumatera Utara dan depan Kantor PT HPP di Medan terkait meledaknya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. HPP di Kecamatan Panai Tengah pada 6 Mei yang lalu.

Baikal Firdaus, Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan FORMULA mengatakan bahwa sejak awal berdirinya PT. HPP sudah mendapati banyak penolakan dari masyarakat khususnya kalangan mahasiswa. 

Penolakan yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat itu ialah terkait izin dan kelayakan, mahasiswa menilai bahwa pendirian pabrik tidak sesuai prosedur, bahkan kajian AMDAL  nya juga diduga asal jadi dan tidak transparan.

"Kami menilai bahwa pendirian PKS PT. HPP ini terlalu dipaksakan, bahkan dalam RDP antara Mahasiswa dan PT. HPP di DPRD Labuhan Batu pada 2022 yang lalu terungkap bahwa AMDAL yang digunakan untuk pembangunan pabrik ini adalah AMDAL tahun 2010", ungkap Baikal dalam keterangan persnya Selasa (9/5/2023)

Lain dari pada itu, Baikal juga menuturkan bahwa terkait ijin pendirian pabrik PT. HPP di kecamatan Panai Tengah ini juga ada banyak problem, diketahui pendirian pabrik ini didirikan di atas tanah gambut.

Dalam aksinya nanti Baikal mengatakan bahwa FORMULA meminta agar Gubernur Sumatera Utara turun tangan untuk menghentikan operasionalisasi PKS PT. HPP dan mencabut ijin pabrik PT. HPP, Baikal juga mendesak Aparat Penegak Hukum memeriksa pimpinan perusahaan serta mendesak Aparat Penegak Hukum memeriksa instansi-instansi terkait yang diduga kuat "kongkalikong" dengan PT. HPP terkait pendirian PKS tersebut.

"Kami tidak ingin kejadian yang sama kembali terulang, ini sangat berbahaya bagi masyarakat Panai Tengah jika operasionalisasi pabrik tidak dihentikan dan ijinnya tidak dicabut, apalagi menurut informasi dari masyarakat kejadian tewas nya pekerja ini adalah yang kedua kalinya, berdasarkan keterangan masyarakat sebelumnya sudah pernah terjadi ada tiga orang pekerja yang tewas, tapi PT. HPP menutup rapat-rapat informasi terkait itu," tutup Baika.



Pabrik PT. HPP Meledak. FORMULA Akan Unjuk Rasa, Minta Izin Pabrik Dicabut
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pabrik PT. HPP Meledak. FORMULA Akan Unjuk Rasa, Minta Izin Pabrik Dicabut

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo