terkini

Iklan Film

film

Darurat Sampah Plastik. Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang Mengadakan Lomba Kreasi Daur Ulang Limbah Plastik

Lidinews
Senin, 6/26/2023 10:42:00 AM WIB Last Updated 2023-06-26T03:57:25Z
Gambar : Pelaksanaan kegiatan lomba kreasi daur ulang limbah plastik segugus 6 lowokwaru Kota Malang. Lidinews.id




Darurat Sampah Plastik. Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang Mengadakan Lomba Kreasi Daur Ulang Limbah Plastik Dengan Tema 'GPL - Gen Z Perangi Limbah Plastik'


Lidinews.id - Isu-isu perubahan iklim, perusakan habitat, hingga hilangnya keanekaragaman hayati menjadi isu besar bagi kesehatan lingkungan di Bumi.

Dilansir dari National Geographic, salah satu faktor yang menyumbang kerusakan ekosistem di Bumi yaitu Polusi Plastik. Produksi dan konsumsi plastik berkontribusi pada emisi gas, rumah kaca, ekosistem laut hingga dapat mencemari kehidupan lingkungan.

Segala upaya dilakukan sebagai upaya untuk dapat mengurangi ketidakseimbangan ekosistem dari limbah plastik. Edukasi diberbagai lini Pendidikan juga sudah digalakkan guna mempersuasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dikehidupan sehari-hari, tetapi nampaknya hal tersebut kurang mendapatkan atensi lebih dari masyarakat.

PPG Prajabatan Gelombang 2 Universitas Muhammadiyah Malang, melakukan kampanye mengurangi limbah plastik dengan mengadakan Lomba Kreasi Daur Ulang Limbah Plastik bertajuk “GPL - GEN Z PERANGI LIMBAH PLASTIK”.

Acara yang diadakan di SDN Mojolangu 1 Kota Malang tersebut mendapatkan atensi yang cukup meriah dari masyarakat Malang. Terbukti, acara tersebut diikuti oleh tujuh sekolah di gugus enam Lowokwaru.


“Acara ini merupakan salah satu upaya guna mengenalkan pentingnya mendaur ulang sampah yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan bahayanya sampah tersebut apabila tidak didaur ulang. Target pada acara tersebut sengaja melibatkan anak SD, karena kami ingin mengenalkan cara mengurangi limbah plastik sedari kecil kepada masyarakat,” ucap Bagus Dedy Saputra, S.Pd, Ketua Pelaksana Lomba.

Acara yang diadakan selama dua hari tersebut, menghasilkan beragam karya unik dan menarik dari masing-masing kelompok yang dikirim oleh sekolah, mulai dari daur ulang limbah plastik menjadi perabot rumah tangga, tanaman sintetik, hingga assesoris. Pada akhirnya SDN Mojolangu 01 menjadi Juara pertama pada acara lomba tersebut, disusul SDN Jatimulyo 02 sebagai Juara 2, dan SDN Mojolangu 3 sebagai juara 3.

Pada akhirnya, acara ini diiharapkan tidak hanya menumbuhkan semangat daur ulang limbah plastik bekas ketika perlombaan saja, akan tetapi dapat memberikan bekas dihati para peserta lomba dan berkesadaran untuk dapat mengurangi limbah plastik pada kehidupan sehari-hari.






Darurat Sampah Plastik. Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang Mengadakan Lomba Kreasi Daur Ulang Limbah Plastik
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Darurat Sampah Plastik. Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang Mengadakan Lomba Kreasi Daur Ulang Limbah Plastik

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo