terkini

Iklan Film

film

Di Usia 20-an, Kebiasaan Ini Harus Dihilangkan

Lidinews
Kamis, 6/15/2023 06:03:00 AM WIB Last Updated 2023-06-14T23:03:21Z
Gambar : Di Usia 20-an, Kebiasaan Ini Harus Dihilangkan


Lidinews.id - Usia 20-an harus dijalani dengan berbagai kebiasaan baik demi masa depan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari di usia 20-an.

Banyak hal yang berbeda di usia 20-an. Awalnya Anda bisa bebas, tak berpikir hari esok. Kini, mulai ada hal-hal yang dipikirkan.

Oleh karenanya, ada sederet kebiasaan yang perlu dikurangi atau musnah saja di usia 20-an. Semua ini demi kesehatan fisik maupun mental Anda.


1. Kurang Tidur

Usia 20-an bisa terganggu akibat kurang tidur. Sebanyak 7-8 jam tidur dikatakan ideal.

Namun, orang di usia 20-an sulit memenuhi kuota jam tidur akibat tekanan pekerjaan dan begadang di akhir pekan.

Kurang tidur akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh, kadar hormon, suasana hati, dan membuat Anda susah fokus.


2. Jarang Pakai Sunscreen

Kebiasaan sederhana seperti pakai sunscreen benar-benar akan menyelamatkan kulit Anda di kemudian hari. Kebiasaan pakai sunscreen membuat kulit jauh dari tanda penuaan yang muncul terlalu awal seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik hitam.


3. Malas Sarapan

Kesibukan membuat orang di usia 20-an kerap melewatkan sarapan. Kadang sarapan digabung dengan makan siang. Akibatnya, selama berjam-jam, tubuh tidak mendapat asupan.

Dikutip dari Bustle, sarapan akan memicu proses metabolisme, menjaga kesehatan mental, dan mendorong Anda untuk memilih pangan yang sehat.


4. Ngopi Berlebihan

Ilustrasi Minum Kopi HitamIlustrasi. Hindari kebiasaan ngopi berlebih di usia 20-an. (epicantus/Pixabay)

Kebutuhan akan kopi seolah bertambah karena dijadikan menu sarapan dan teman bekerja.

Perlu diperhatikan bahwa konsumsi kopi berlebihan tidak disarankan, apalagi kopi dengan bahan tambahan tinggi kalori. Batasi kopi tidak lebih dari 4 cangkir per hari.


5. Tidak Menjaga Komunikasi Dengan Orang Tua atau Kerabat

Ada orang-orang yang perlu Anda jaga relasinya, terutama keluarga. Orang tua, paman, bibi, juga anggota keluarga yang sudah cukup berumur perlu dikontak secara rutin.


6. Impulsif Membeli Sesuatu

Keuangan perlu benar-benar diperhatikan. Dulu Anda cukup minta uang pada orang tua dan segala sesuatunya ada. Kini setelah punya pekerjaan sendiri, Anda perlu mengatur keuangan.

Kebiasaan membeli sesuatu secara impulsif perlu dihilangkan. Sebaiknya sisihkan dana untuk ditabung, selebihnya rencanakan belanja bulanan atau kebutuhan dan dana untuk bersenang-senang.


7. Cek Ponsel Saat Makan Malam

Ada kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel, entah karena pekerjaan atau kebiasaan buka ponsel meski tak ada apa-apa. Saat menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat, sebaiknya beri jarak dengan ponsel.


8. Tidak Olahraga

Anda tidak harus olahraga di pusat kebugaran atau ambil kelas untuk aktivitas fisik tertentu. Seperti dikutip dari Greatist, Anda bisa olahraga sendiri atau mencari partner yang suka olahraga agar ketularan semangatnya.


9. Selalu bilang 'iya'

Susah menolak ajakan nongkrong? Mulai sekarang sebaiknya belajar berkata 'tidak'.

Bayangkan, teman mengajak nongkrong di jam-jam tidur Anda. Sayang kalau dilewatkan, tapi tentu ini bakal mengorbankan jam istirahat.

Tak hanya pada ajakan teman, belajar juga berkata 'tidak' untuk hal-hal yang memang sudah di luar batas kemampuan Anda.



Di Usia 20-an, Kebiasaan Ini Harus Dihilangkan

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Usia 20-an, Kebiasaan Ini Harus Dihilangkan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo