terkini

Iklan Podcast

PPG UMM Gelar Pelatihan Ecoprint Bersama Siswa SD Negeri 1 Tulungrejo Malang

Lidinews
Sabtu, 6/17/2023 04:44:00 PM WIB Last Updated 2023-06-17T09:44:41Z
Gambar : Universitas Muhammadiyah Malang. Lidinews.id


Lidinews.id - Kelompok 2 matkul Proyek Kepemimpinan 2 PPG Prajabatan Gelombang 2 PGSD 004 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengadakan Workshop Ecoprint di SD Negeri 1 Tulungrejo, Jumat (16/06/2023). 


Pasalnya, kegiatan ini untuk mengedukasi para pelajar agar dapat memanfaatkan potensi daun terhadap kehidupan.


Ketua pelaksana (Ketupel), Septa Agung Prasetyo, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ecoprinting ini sebagai salah satu program nyata untuk mengajak para pelajar memanfaatkan potensi alam dengan baik.


"Ecoprinting bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif agar siswa dapat berkreasi dengan alam," ujarnya.


"Dengan kesesuaian profil pelajar pancasila mengasah kreatifitas siswa dan memberikan ruang baginya mempraktikkan secara langsung pembuatan batik ecoprint," tambahnya.


Selain itu, Sri Yuniasih, S.Pd., Kepala Sekolah SD Negeri 1 Tulungrejo, Kec. Ngantang, Malang turut memberikan sambutan hangat kepada Kelompok 2 matkul Proyek Kepemimpinan 2 PPG Prajabatan Gelombang 2 PGSD 004 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).


"Terimakasih atas ilmu yang dibagikan terhadap kami. Hal ini merupakan pembelajaran berharga. Semoga manfaat untuk kehidupan kita semua," ucapnya.


Ia juga berharap Ecoprint ini bisa menjadi ide milenial membaca dengan cermat potensi alam.


"Hal ini karena Ecoprint sangat mudah dikerjakan dan hasil produknya bervariasi," kata Yuniasih.


Tambahnya, ecoprint merupakan pemanfaatan dari tumbuhan di sekitar untuk dijadikan sebagai batik dari motif tumbuhan tersebut.


"Batik ecoprint sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara agar warna menjadi alami dengan cara pounding (ditumbuk) di atas totebag canvas hingga bentuk dari tanaman tersebut bisa terlihat dan membentuk design yg di inginkan," tandasnya.


"Belajar ecoprinting selain menambah skill baru, kami juga bisa membantu mencegah kerusakan lingkungan di masyarakat," pungkasnya.





PPG UMM Gelar Pelatihan Ecoprint Bersama Siswa SD Negeri 1 Tulungrejo Malang

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PPG UMM Gelar Pelatihan Ecoprint Bersama Siswa SD Negeri 1 Tulungrejo Malang

Iklan