terkini

Iklan

Sebagai Upaya Mempersiapkan Mahasiswa Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan. BEM Faperta Gelar LKKMP 2023

Lidinews
Jumat, Juni 02, 2023 WIB Last Updated 2023-06-02T08:25:55Z
Gambar : Sebagai Upaya Mempersiapkan Mahasiswa Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan. BEM Faperta Gelar LKKMP 2023. Lidinews.id


Lidinews.id - BEM Fakultas Pertanian Unisma sukses menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Keprofesian Mahasiswa Pertanian (LKKMP) yang merupakan kegiatan wajib tiap tahunnya bagi mahasiswa fakultas pertanian. Kegiatan LKKMP ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 24- 26 Mei 2023 kemarin, di Villa Bukit Telekung, Batu, Jawa Timur.

Kegiatan LKKMP ini diharapkan salah satu momen penting untuk mengasah kemampuan kepemimpinan, kemampuan manajemen, dan kolaborasi kerjasama para mahasiswa. Pada kegiatan kali ini diikuti oleh sekitar 120 peserta, yang merupakan mahasiswa fakultas pertanian, jurusan Agroteknologi dan Agribisnis dari angkatan 2022 dan angkatan sebelumnya yang belum mengikuti LKKMP.

Dengan mengusungkan tema “Menciptakan jiwa kepemimpinan yang bijaksana, inovatif dan loyal terhadap orgnisasi”, diharapkan agar setiap peserta dapat mengimplentasikan apa yang didapat pada saat kegiatan sebagai bekal untuk menerapkan sikap kepemimpinan, kemampuan manajemen yang baik, sehingga nantinya mahasiswa mampu menjalankan tugas dengan baik dan juga bisa menyelesaikan permasalahan ketika di dalam maupun di luar kampus, serta nantinya mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat di masa mendatang.
Gambar : Sebagai Upaya Mempersiapkan Mahasiswa Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan. BEM Faperta Gelar LKKMP 2023. Lidinews.id


Kegiatan LKKMP ini diawali oleh beberapa sambutan, yaitu dari ketua pelaksana, ketua BEM Fakultas Pertanian, kemudian dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Nurhidayati, MP..

“Kegiatan LKKMP ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa, tidak hanya mahasiswa fakultas pertanian tetapi semua mahasiswa yang ada di Unisma sebagai salah satu syarat SPI” ucap beliau.

Kemudian beliau selaku Dekan Fakultas Pertanian juga menyampaikan ”Semoga dengan diadakannya kegiatan LKKMP ini mahasiswa khususnya dari fakultas pertanian mampu menerima materi-materi yang disampaikan dan nantinya bisa mengaplikasikannya ketika kembali ke kampus sewaktu menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya”.

Pada kegiatan ini turut hadir juga beberapa dosen Fakultas Pertanian Unisma seperti Wakil Dekan 3 Fakultas Pertanian, Kaprodi Agroteknologi, Wakapolres Kota batu, Kasat Intel Polres Malang, Drs. Alie Mulyanto, MM selaku perwakilan Pemkot Malang dan demisioner kepengurusan BEM Fakultas Pertanian sebelummnya.

Selanjutnya, Untuk membekali para mahasiswa agar memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah disebut di atas, maka ada beberapa materi yang diberikan dalam kegiatan LKKMP ini antara lain, Pengembangan Organisasi, disampaikan oleh wakil dekan 3 Ir. Bambang Siswadi, MP.

“Saya berterima kasih karena BEM Fakultas Pertanian sudah mewadahi kegiatan ini dengan sebaik mungkin dan harapan beliau semoga kedepannya kegitan LKKMP ini tetap dilaksananakan dan lebih baik lagi dari kegiatan kali ini ” tutur beliau selaku WD 3 bagian Kemahasiswaan.

Pada saat pemaparan materi ia menyampaikan “Organisasi adalah sebuah wadah yang sangat bagus untuk mahasiswa mengembangkan potensi yang dimiliki, baik itu organisasi di internal kampus maupun di eksternal kampus”.

Setelah itu dilanjutkan materi-materi lainnya seperti Anti Kekerasan Seksual, Pertanian Berkelanjutan, Seputar IBEMPI, Kefakultativan, Optimalisasi Peranan Mahasiswa Dalam Menghadapi Bahaya Narkoba, Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi dan Literasi, Wawasan Kebangsaan, dan Kepemimpinan dalam Organisasi.
Gambar : Sebagai Upaya Mempersiapkan Mahasiswa Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan. BEM Faperta Gelar LKKMP 2023. Lidinews.id


Materi-materi di atas disampaikan oleh pemateri-pemateri yang hebat seperti, Kepala BNN kota Batu Dr. Hj. Agus Surya, M.Pd., Dinas Pertanian Malang Bpk. Harry Sujanto, Publik Figure Abah Anton, Prenas 1 Ibempi M. Nadhim Ardiansyah, Jurnalis M. Afnani Alfian, dan ada juga dosen Universitas Islam Malang M. Fahrudin Adriasyah, A.Md., SH., MH.

Pada hari terakhir kegiatan ini ditutup oleh Prof. Dr. Ir. Nurhidayati, MP. Selaku Dekan Fakutas Pertanian dan dilanjutkan dengan malam keakraban. Kemudian sebelum pemulangan peserta LKKMP, diadakannya kegiatan Agrowisata di Tlogo Land, Lawang, Kab. Malang, kegiatan ini berujuan sekedar untuk refresing peserta dan panitia sambil belajar tentang edukasi pertanian.






Kontributor: Mohammad Osama (Anggota Bidang Kastrat BEM FP Unisma)



Sebagai Upaya Mempersiapkan Mahasiswa Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan. BEM Faperta Gelar LKKMP 2023
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sebagai Upaya Mempersiapkan Mahasiswa Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan. BEM Faperta Gelar LKKMP 2023

Terkini

Iklan