terkini

Iklan Film

film

YMMA Simalungun Laksanakan Pengendalian & Pencegahan Infeksi (PPI) Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Simalungun

Lidinews
Sabtu, 6/10/2023 07:27:00 PM WIB Last Updated 2023-06-10T12:27:50Z

Gambar : YMMA Simalungun Laksanakan Pengendalian & Pencegahan Infeksi (PPI) Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Simalungun. Lidinews.id

Sumatera Utara, Simalungun, Lidinews.id - Kabupaten Simalungun, 5 – 7 Juni 2023. Yayasan Mentari Meraki Asa Kabupaten Simalungun yang Merupakan Mitra Dinas Kesehatan Dalam Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Simalungun Melaksanakan Workshop Pencegahan & Pengendalian Infeksi TBC ke Perusahaan, YMMA  Simalungun Membangun Kerjasama dengan PT. Suri Tani Pemuka Yang Berada di Janggir Leto, Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun.


Akbar Nainggolan (Program Staff) Menuturkan Kegiatan ini Bertujuan untuk Memberikan pemahaman mengenai Panduan PPI TBC di congregate settings yang akan dilaksanakan, Melakukan asesmen institusi terkait upaya pencegahan dan pengendalian infeksi TBC 

Menyusun, mengembangkan, dan menyepakati prosedur standar institusi dalam upaya pencegahan penularan TBC dan Covid-19, termasuk sistem rujukan dan integrasi institusi dengan surveilans fasyankes setempat  . 

Congregate Setting adalah suatu lingkungan dimana sejumlah orang bertemu dan berbagi ruangan sosial dalam jangka waktu tertentu. Beberapa contoh dari congregate setting yaitu sekolah, penitipan anak, tempat kerja, shelter (rumah singgah atau lokasi hunian pasca bencana), fasilitas rehabilitasi, asrama, dan lainnya. Situasi dalam congregate setting tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi penyakit menular.


Tambahnya " Kegiatan Ini Kita Laksanakan dalam bentuk Workshop & Kunjungan Langsung Ke Perusahaan, Hadir Dalam Kegiatan ini dr. Aziza Ariyani, Sp.PK (IPPII), Ikhlas PR Komunitas Konsorsium Penabulu-STPI, SR YMMA  Sumatera Utara, Perwakilan Perusahaan PT. Suri Tani Pemuka, Wasor TB & Kesling Dinas Kesehatan, Dinas Ketenagakerjaan, Puskesmas Panei Tongah, Petugas TB Puskesmas Tiga Balata dan Kader Kecamatan YMMA  Simalungun. 


Sri Maharani Arfiani (PMEL Coordinator SR) sering disapa evi menambahkan bahwa pemilihan congregate setting ini sekaligus mensosialisasikan Permenaker No. 13 Tahun 2022  Pasal 1 ayat 2 yaitu “ Segala upaya Kesehatan yang mengutamakan aspek promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitative untuk melindungi Kesehatan masyarakat, menurunkan angka kesakitan, kecatatan atau kematian, memutuskan penularan, mencegah resistensi obat Tuberkulosis dan mengurangi dampak negative yang ditimbulkan akibat Tuberkulosis”. 

Kemudian, pada pasal 2 ayat 1 dijelaskan bahwa pengusaha dan pengurus wajib melaksanakan penanggulangan TBC di tempat kerja. Jika ada karyawan di perusahaan terkena TBC maka sedikitnya dua minggu tahap awal pengobatan atau sesuai dengan rekomendasi dokter perusahaan atau dokter yang merawat pasien TBC diberikan istirahat. 

Harapannya Permenaker ini bisa terlaksana dengan baik sehingga pasien TBC mendapatkan haknya dengan baik. 


Kegiatan ini berlangsung selama 3 Hari , 2 Hari dilaksanakan dengan Workshop dan 1 Hari Kunjungan Ke Perusahaan PT. Suri Tani Pemuka .

Yayasan Mentari Meraki Asa adalah Yayasan yang didirikan atas kesepahaman bersama melalui penggabungan beberapa perwakilan pelaksana program penanggulangan TBC berbasis komunitas yang saat itu diampu oleh PR-SR-SSR TBC-HIV Care Aisyiyah yang ada di tingkat provinsi dan kota/kabupaten untuk ikut serta dalam pembangunan berkelanjutan di tingkat daerah. pada isu-isu strategis dalam pelibatan sektor masyarakat sipil.

Yayasan Mentari Meraki Asa (YMMA) Kabupaten Simalungun adalah 1 dari 10 Cabang YMMA Se Sumatera Utara , YMMA Simalungun Memiliki 31 Kader Aktif yang bergerak di 25 dari 32 Kecamatan Se - Kabupaten Simalungun.



YMMA Simalungun Laksanakan Pengendalian & Pencegahan Infeksi (PPI) Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Simalungun

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • YMMA Simalungun Laksanakan Pengendalian & Pencegahan Infeksi (PPI) Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Simalungun

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo