terkini

Iklan Film

film

Peran Pemuda Dalam Membangun Dunia Pendidikan. Siap Menghadapi Tantangan Zaman

Lidinews
Senin, 7/03/2023 07:09:00 PM WIB Last Updated 2023-07-03T12:15:59Z

Penulis : Andi Silalahi

Sekretaris GMNI Dairi

Gambar : Peran Pemuda Dalam Membangun Dunia Pendidikan. Siap Menghadapi Tantangan Zaman. Lidinews.id



Lidinews.id - Pemuda-pemudi Tonggak pertahanan negara Indonesia hari ini, memilikul tanggung jawab sejaharahnya. Bukan hanya untuk mengenyam pendidikan demi mencerdaskan diri, tetapi bertanggung jawab untuk menciptakan media dan alat-alat pendidikan yang berperan daengan tujuan mencerdaskan seluruh anak regenerasi bangsa.

Kaum muda Indonesia adalah para pelopor pembangunan dunia pendidikan Indonesia. Didasari oleh kondisi terjajah dan menderita di tangan kolonialisme,Kita berharap mampu  menyelenggrakan, menerapkan sekolah-sekolah, demi mencerdaskan diri dengan mengenyam serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Indonesia yang telah merdeka itu, diharapkan mampu mengisi pembangunan kemerdekaanya menuju masyarakat adil dan makmur.

Khusus nya mahasiswa saat ini yang menempuh pendidikan strata tinggi , yang menjadi para pelopor pendidikan Indonesia, mampu mengenal secara langsung apa itu pendidikan, yakni memediasi , menyalurkan pada manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan kebijaksaan demi mencapai kemaslahatan bersama.

Inilah  sejarah berdarah dan sarat nilai, peran pemuda Indonesia dalan kanca historisnya adalah mengambil posisi pelopor dalam mentrasformasi budayanya melalui penciptaan media serta alat-alat perjuangannya melalui pendidikan yang revolusioner progresif nantinya.

Tentu saja, itu merupakan contoh nyata/konkrit dari banyak dimensi melaksanakan peran kaum muda dalam membangun dunia pendidikan. Jika, kita sama-sama menyadari bahwa  pendidikan kita sedang berada di bawah dominasi neoliberalisme; suatu sistim ekonomi/politik/budaya, yang pada dasarnya diabdikan bagi akumulasi modal/kapital, maka kita pula menyadari bahwa banyak rakyat tidak memiliki harapan untuk menjadi cerdas apalagi mampu mencapai kondisi kehidupan yang makmur. Sebab, tidak ada kecerdasan dan kemakmuran di bawah eksploitasi.

Kita juga melihat dan merasakan terkikisnya pendidikan , merendahkan mutu asupan kecerdasan rakyat Indonesia. Kecil harapan untuk bangkit menjadi manusia yang memiliki kebajikan dalam sistim persekolahan yang hanya bisa menghisap dengan banyak tipuan yang di timbulkan.

Karena itu, harus ada inisiatif untuk mengambil kepeloporan, melanjutkan tanggung jawab sejarah dan mewariskan sejarah serta tanggung jawab yang baru untuk generasi ke depan, dengan tantangangannya sendiri.   

Pilihannya ada pada kita. Mengambil keputusan untuk menciptakan sesuatu bagi tujuan-tujuan pendidikan atau membiarkan diri dibentuk skenario sejarah yang mereproduksi mental ketertindasan.

Bangkit melawan Menuju harapan, regenerasi cerdas, progresif, revolusioner.
Maju Gerak Tuntas.





Peran Pemuda Dalam Membangun Dunia Pendidikan. Siap Menghadapi Tantangan Zaman

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peran Pemuda Dalam Membangun Dunia Pendidikan. Siap Menghadapi Tantangan Zaman

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo