terkini

Iklan Film

film

PMII Pilihan Organisasi Mahasiswa Unisma

Lidinews
Selasa, 7/11/2023 03:38:00 PM WIB Last Updated 2023-07-11T08:38:29Z
Penulis : Hainor Rahman
Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UNISMA dan Koordinator LSO Sains PMII Unisma

Gambar : PMII Pilihan Organisasi Mahasiswa Unisma. Lidinews.id


Lidinews.id - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan organisasi kemahasiswaan, yang orientasi geraknya membangun peradaban mahasiswa secara komprehensif.

Berperan aktif melahirkan mahasiswa berprestasi, berjiwa lidership, terampil dan peka terhadap fenomenologi sosial.

PMII dalam catatan sejarah pasca kemerdekaan telah menorehkan tinta emas  perjuangan, membangun dan menjaga keutuhan NKRI. Bagi PMII berjuang untuk bangsa merupakan garis haluan organisasi.

PMII lahir 17 April 1960, dengan latar belakang narasi ide mahasiswa Nahdiyin untuk ikut serta dalam mendedikasikan pengabdiannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Islam Ahlusunnah Wal Jamaah sebagai prinsip keagamaannya serta kritis, transformatif dan produktif sebagai kerangka berpikir dan bergerak.

Maka dari itu PMII menjadi organisasi pilihan terbaik bagi mahasiswa hingga saat ini.

Seperti telah dijelaskan dimuka bahwa PMII merupakan organisasi kemahasiswaan, maka dapat kita temukan keberadaannya diseluruh kampus di Indonesia.

Garis - garis perjuangannya pun untuk mengabdi bisa kita temukan di setiap daerah, dengan ragam aktivitas. Baik yang bersifat sosial budaya, pendidikan, ekonomi, politik dan keagamaan. Namun itu semua tidak menyempitkan peran PMII, tentu khazanah dan perjuangannya sangat luas.

Setelah sahabat mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) mengetahui sekilas bagaimana peran PMII, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana perubahan yang akan terjadi bagi mahasiswa ketika bergabung di organisasi PMII? 

Pertama, akan saya uraikan terlebih dahulu bagaimana kedudukan PMII di Unisma. PMII dan Unisma merupakan entitas yang memiliki kesamaan tujuan dalam membangun integritas mahasiswa dengan prinsip Islam Ahlusunnah Wal Jamaah. Dasar inilah Unisma tak jarang disebut sebagai kampus pergerakan.

"Mahasiswa Unisma wajib untuk bergabung dengan PMII, sebab PMII organisasi yang tepat untuk menimbah khazanah keilmuan penunjang akademik. Unisma adalah rumah PMII, rumah pergerakan dan rumah bagi mahasiswa Nahdiyin," Prof. Dr. H. Maskur Bakri, M.Si (Rektor Unisma).

"Beliau juga menegaskan agar PMII menjadi kawah candradimuka bagi mahasiswa Unisma." PMII Unisma telah membuktikan dengan mendedikasikan kadernya menjadi pemimpin di organisasi intra kampus, dan membantu serta mendukung program pembangunan Unisma menjadi kampus terbaik nasional dan internasional.

PMII di Unisma terdiri dari 9 Rayon yang menanungi tingkat Fakultas, antara lain: Rayon Sunan Bonang (Fakultas Agama Islam), Rayon Al-Kindi (Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan), Rayon Rosalia Hibrida (Fakultas Pertanian), Rayon Al-Hikam (Fakultas Hukum), Rayon Al-Fanani (Fakultas Ilmu Administrasi) Rayon Al-Farabi (Fakultas Ekonomi), Rayon Al-Hasan (Fakultas Tehnik), Rayon Ar-Rozi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Rayon Rona Gallusia (Fakultas Peternakan) dan 1 komisariat yang menaungi tingkat Universitas.

PMII Unisma sebagaimana terdapat di beberapa kampus, menitik beratkan pada aktivitas kemahasiswaan.

Oleh karenanya dalam momentum penerimaan mahasiswa baru sahabat PMII selalu memberikan sumbangsi pemikiran bagaimana mahasiswa baru terarah dengan baik dalam pengembangan potensi dirinya di Unisma.

Tentunya PMII siap berkolaborasi dengan Unisma untuk membina dan mengedukasi mahasiswa secara keseluruhan dengan penguatan nilai intelektual dan pengabdian sosial.

Gerakan yang dilakukan PMII Unisma tidak hanya diimplementasikan di kampus saja, namun juga di masyarakat.

Melakukan aksi demontrasi terhadap kebijakan pemerintah yang mengeksploitasi rakyat, menggalang dana saat bencan, melakukan advokasi dan pendampingan terhadap masyarakat serta menggelar kegiatan-kegiatan keagamaan dan membuka diskursus dengan konsisten.

Maka dari itu merugi menjadi seorang mahasiswa jika tidak berorganisasi. PMII menyediakan ruang ekspresi terhadap tujuan mahasiswa.

Mari temukan PMII di Unisma dan bergabung bersama kami, kami sambut engkau sebagai sahabat. Salam pergerakan!




Editor : Arjuna H T M




PMII Pilihan Organisasi Mahasiswa Unisma
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PMII Pilihan Organisasi Mahasiswa Unisma

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo