terkini

Iklan Film

film

Logam Penting Dalam Kecanggihan Teknologi Dunia

Lidinews
Senin, 8/28/2023 06:58:00 AM WIB Last Updated 2023-08-27T23:58:00Z

Oleh : Arjuna Herianto Tri Mayldo Munthe

Kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Tanah Karo


Gambar : Logam Penting Dalam Kecanggihan Teknologi Dunia. Lidinews.id


Sosio Teknologi Dalam Menghadapi Gempuran Zaman. Logam Penting Dalam Kecanggihan Teknologi Dunia


Lidinews.id - Teknologi, satu kata yang sangat berperan penuh dalam perkembangan kehidupan manusia saat ini. Diera seperti saat ini mungkin hampir sebagian penduduk diseluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri pun sudah menikmati kemajuan teknologi.


Berbicara tentang teknologi tidak akan terpisahkan dengan internet dan Gadget yang merupakan hasil dari teknologi itu sendiri. Teknologi dan kemajuannya yang pesat sangatlah membantu kehidupan manusia, bahkan dengan kemajuan teknologi yang adapun bisa menciptakan peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa harus meningglkan rumah sekalipun.


Namun mungkin tanpa kita sadari, teknologi yang ada saat ini bisa berubah menjadi sebuah ancaman tersendiri, jika teknologi tersebut tidak mampu dikelola dan justru menguasai kita.


Pada jaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya. Teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu.


Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Upaya yang dilakukan ini, agar kita tidak perlu repot lagi untuk melakukan aktifitas yang melelahkan. Pada jaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya.


Teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Upaya yang dilakukan ini, agar kita tidak perlu repot lagi untuk melakukan aktifitas yang melelahkan.


Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi).


Pengaruh globalisasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi, karena banyaknya kemajuan teknologi yang masuk ke dalam Negara dan bangsa kita. Masalah yang dihadapi di dunia ini tidak akan ada titik selesainya.


Masalah hanya berganti dari  masalah satu menuju masalah selanjutnya. Sehingga manusia dengan kemampuan pemikirannya terus mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya sehari-hari sehingga lahirlah suatu kepandaian dan teknologi unuk memudahkan urusan manusia.


Teknologi erat kaitan dimaknai sebagai buah dari pengetahuan dan pemikiran manusia berdasarkan ilmu sains dan Teknik atau rekayasa. Dari sudut pandang budaya, teknologi merupakan salah satu unsur budaya sebagai hasil aplikasi praktis dari sains.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.


Kemajuan teknologi yang telah tercapai sekarang ini benar-benar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sebagai contoh: hampir setiap orang tidak dapat dipisahkan dari adanya teknologi. Setiap orang menggunakan HP (Hand Phone) sebagai alat komunikasi langsung jarak jauh untuk berkomunikasi dengan orang lain.


Jika ingin berpergian jauh, kita tinggal naik pesawat saja sudah sampai di tempat tujuan, selain itu berbagai kegiatan yang tadinya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya.


Kini dengan adanya perkembangan teknologi semuanya dapat teratasi dengan menggunakan tenaga mesin yang relatif lebih cepat dari pada menggunakan tenaga manusia secara manual.


Terlepas iya atau tidaknya manusia membutuhkannya, teknologi akan terus berkembang dan terus berkembang. Bagaimana di masa depan nanti ya?


bisa dibilang sangatlah mungkin jika teknologi yang diciptakan kedepan nantinya, akan mampu beroprasi dengan sendirinya, melewati apa yang direncanakan oleh manusia.


Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya teknologi, manusia sangat terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.


Dalam perekonomian suatu negara, saat ini jarak dan waktu bukanlah masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Banyak berbagai aplikasi dibuat untuk memfasilitasinya.


Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.


Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif. Dimana masih banyak jebakan teknologi dalam melakukan kejahatan.


Karena itu, meskipun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.


Ada banyak harapan tentang dampaknya terhadap peningkatan partisipasi politik dalam masyarakat. Gagasan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, menawarkan kesempatan untuk memperluas partisipasi politik telah dibahas dalam banyak kerangka politik dari sistem totaliter hingga demokratis.


Akibatnya, muncul determinisme teknologi yang berkaitan dengan kehidupan politik di dunia maya.


Demokrasi modern bergantung pada prinsip partisipasi dan representasi. Internet dengan fitur-fitur konektivitas dan interaktivitas memfasilitasi “mediated democracy”, dimana publik dan elite politik dapat dalam arti teoretis berkomunikasi tanpa hambatan dan distorsi dari media konvensional.


Salah satu contoh pemberdayaan teknologi yang melibatkan negara-negara berkekuatan raksasa dunia saat ini disinyalir sebagai sebuah perang modern di masa yang akan datang adalah Aksi-aksi perang dunia Cyber (Cyber Warfare).


Beberapa Negara, seperti Amerika Serikat, Cina, Rusia, dan Israel melirik kekuatan Cyber sebagai salah satu faktor penting ketahanan nasional dalam konstelasi politik dunia dan kekuasaan global.


Istilah Cyber Warfare (Perang Siber) dalam konstelasi politik global dapat dipahami sebagai aksi politik yang melibatkan kemampuan computer hacking untuk mencapai tujuan-tujuan teretentu dari pemilik kepentingan, yang biasa dilakukan melalui aktivitas-aktivitas semacam sabotase dan spionase.


Cyber Warfare berawal ketika dunia dikejutkan dengan aksi Stuxnet  padaawal 2010, yakni sebuah virus (worm) komputer yang awalnya menyebar melalui Microsoft Windows dengan target industri perangkat lunak Siemens.


Meskipun ini bukan pertama kalinya hacker menjadikan sistem industry sebagai target, tetapi ini adalah malware pertama yang ditemukan pada subverts sistem industri, dan yang pertama untuk menyertakan kontrol logika terprogram.


Stuxnet selanjutnya menginfeksi sistem komputer di Iran, dan disinyalir Worm ini dapat mengontrol ledakan berbahaya di pusat pengembangan nuklir di Iran. Dan peristiwa ini dicurigai adalah hasil rekayasa dan sabotase yang dilakukan pihak Israel dan Amerika Serikat yang menentang program nuklir Iran.


Selain itu, pada tahun 2010 sebagai awal baru perang dunia siber dilengkapi oleh satu fenomena luar biasa yang menarik perhatian masyarakat dunia, yaitu mencuatnya kontroversi organisasi Wikileaks yang kembali memanfaakan teknologi hacking computer untuk tujuan-tujuan politik tertentu.


WikiLeaks yang pada awalnya bermarkas di Stockholm, Swedia, merupakan media massa internasional yang mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia beberapa negara dan perusahaan kepada publik melalui situs webnya.


Beberapa pendapat tentang internet dan pemberdayaan politik yang dibuat pada dasarnya tidak memungkinkan untuk mengontrol internet.


Menurut Lessig (1999) Internet dapat dikontrol melalui pasar, peraturan, norma-norma sosial dan “kode” di mana arsitektur internet dapat dimanipulasi untuk menerima atau menyensor informasi. Teknologi itu tidak baik, buruk atau netral dan efek dari teknologi dibentuk oleh masyarakat dimana teknologi ditangguhkan.


Media baru itu sendiri tidak dapat mengubah adegan politik, karena media baru memiliki efek sejauh ketika ia diadopsi, digunakan dan dimasukkan ke dalam masyarakat yang menentukan perubahan.


Teknologi benar-benar telah menghasilkan digitalisasi dan modernisasi di berbagai bidang. Baik itu bidang kedokteran atau pertanian atau elektronik, teknologi telah menghasilkan revolusi global. Teknik yang lebih baik dalam bertani telah menghasilkan makanan yang lebih banyak dan lebih sehat.


Teknik "pertanian layer" membutuhkan lebih sedikit ruang dan menghasilkan lebih banyak makanan. Kesehatan hewan yang lebih baik menjamin hasil yang lebih banyak dari produk susu dan unggas.


Sektor kesehatan juga mendapat banyak manfaat dari ledakan teknologi. Bahkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti kanker memiliki obat yang tepat sekarang.


Penggunaan teknologi memiliki dampak positif dari teknologi pertanian yang sangat umum, seperti, mempercepat pekerjaan petani sehingga hal ini meringankan kerja petani di sawah, contohnya saja saat mengolah lahan yang luas dulu petani menggunakan kerbau sekarang sudah menggunakan traktor.


Selain itu, mampu meningkatkan hasil produksi dalam pertanian. Dampak positif ini contohnya dengan memakai sistem pengawinan tanaman jagung maka hasilnya yaitu jagung hibrida menjadi lebih banyak dan bentuknya secara fisik pun lebih bagus.


Semakin canggih teknologi yang digunakan, maka sangat mungkin meningkatkan produktifitas hasilnya lebih meningkatkan produksi, yang di dalamnya tersirat kesimpulan bahwa masyarakat akan memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.


Menilik perkembangan teknologi lebih dalam lagi dari waktu ke waktu sangat pesat, sehingga tidak menutup kemungkinan pula akan menjadi boomerang pada kehidupan manusia.


Salah satu komponen penting bila berbicara mengenai teknologi di Indonesia adalah Nikel. Nikel merupakan  logam berwarna putih keperak-perakan sedikit semburat keeasan yang termasuk logam transisi, dan memiliki sifat keras serta ulet.


Nikel murni hanya dapat ditemukan di kerak bumi dalam sejumlah kecil, biasanya dalam batuan ultrabasa.  Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), produksi nikel di dunia diperkirakan mencapai 3,3 juta metrik ton pada tahun 2022. Jumlah itu meningkat 20,88% dibandingkan pada tahun 2021 yang sebanyak 2,73 juta metrik ton.


Dalam laporan tersebut, Indonesia merupakan produsen nikel terbesar di dunia pada 2022. Total produksinya diperkirakan mencapai 1,6 juta metrik ton atau mencetak 48,48% dari total produksi nikel global sepanjang tahun lalu.


Indonesia memiliki nikel, di mana belum banyak publik mengetahui apa saja manfaat serta produk turunan dari nikel. Salah satu turunan yang kerap dikenal adalah stainless steel, yang kerap menjadi bahan aksesoris dapur serta lapisan penguat lainnya.


Seiring perkembangan zaman, nilai pengembangan produk mulai berubah, munculnya revolusi pada sektor transportasi membuat nikel menjadi produk tambang yang berpotensi akan diburu pasar global beberapa tahun ke depan.


Mobil listrik, semua hal tersebut berawal dari kendaraan berbahan bakar listrik. Dengan memiliki baterai sebagai dapur pacu utama, sumber energi tersebut berbahan dasar dari nikel.


Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam pasar nikel dunia, sebab 27 persen pasokan nikel dunia dimiliki oleh Nusantara.


Produksi ini termasuk bentuk produk hulu bijih Nikel di mana terdapat sebanyak 50 juta ton/tahun, maupun produk hilir (FeNi, NPI,Matte) kurang lebih 907 ribu ton/tahun. Industri nikel di Indonesia terus meningkat nilai ekonomisnya sejak dilakukan hilirisasi.


Penjualan bijih Nikel Indonesia sempat mengalami penurunan drastis sejak dilarangnya ekspor bijih nikel, namun secara total nilai ekonomis industri nikel Indonesia naik tinggi karena pertama nilai ekonomis produk hilir nikel yang jauh lebih tinggi lima kali lipat daripada produk hulu nikel. Kedua, harga nikel juga naik cukup tinggi, sebagai gambaran untuk harga saat ini harga produk Hulu/bijih Nikel di kisaran 40-45 dolar As/ton bijih dan produk Hilir/FeNi di angka 17 ribu dolar AS/ton nikel.


Mobil bertenaga listrik (Electric Vehicle), yang dikembangkan dikembangkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2012 dapat memanfaatkan bijih nikel kadar rendah kurang 1,7 persen, serta memiliki kandungan Cobalt, maka sumber daya alam Nikel Indonesia akan menjadi yang terbesar di dunia.


Pada tahun 2030 diperkirakan hampir 40 persen nikel akan dialihkan untuk mendukung produk baterai listrik. Para analis (JPMorgan) memperkirakan jumlah mobil listrik/Electric Vehicles (EV) dunia akan mencapai 4,3 juta unit mulai tahun 2020 dan akan terus tumbuh lebih cepat dari mobil biasa.


Diproyeksikan pada tahun 2025 peningkatannya akan mencapai 7,7 persen dari mobil biasa. Hal itu berarti, akan meningkat pula produksi baterai serta cuku cadang lain yang berbahan komponen dari nikel.


Permintaan nikel untuk baterai diprediksikan akan meningkat 20 sampai 40 kali lipat pada 2030 mendatang. Nikel merupakan bahan baku utama baterai mobil listrik, dengan perkiraan kebutuhan Nikel 27,2kg Ni/mobil (berdasarkan standar Toyota).


Untuk menopang permintaan ini, pasar global atau dunia akan datang ke Indonesia yang memiliki cadangan nikel dengan kualitas tinggi serta melimpah, layakmya ketika masa VOC datang ke Indonesia untuk ekspolitasi rempah-rempah.


Mengingat peran Nikel yang sangat strategis bagi Industri EV (mobil listrik) dunia, banyak perusahaan besar dunia yang ingin mengamankan ketersediaan bahan bakunya, dengan menguasai cadangan sumber daya alam Nikel Indonesia.


Oleh karena itu, perlu langkah Indonesia untuk merespons langkah strategis dengan meningkatkan nilai nikel melalui hilirisasi. Hilirisasi nikel secara umum terbagi menjadi dua jalur, yaitu pembuatan baterai electric vehicle (EV) dan stainless steel.


Dalam jalur hilirisasi baterai, bijih nikel limonit diproses menjadi nikel sulfat dan bijih saprolit diproses menjadi ferronickel (FeNi) kemudian dikonversi menjadi nikel matte untuk kemudian diolah menghasilkan nikel sulfat.


Selanjutnya, Nikel sulfat diolah menjadi precursor baterai dan kemudian diolah lagi menjadi katoda. Katoda baterai dari nikel merupakan katoda yang digunakan dalam baterai lithium-ion yang merupakan material utama EV.


Sedangkan dalam jalur hilirisasi stainless steel, FeNi yang dihasilkan diolah menjadi stainless steel, lebih memiliki rantai proses yang singkat. Holding pertambangan Indonesia mencatatkan bahwa diperkirakan bijih Nikel dunia akan dihilirisasi sebagian besar ke arah baterai EV, tidak lagi mayoritas ke arah stainless steel pada 2030 mendatang.


Saat ini (2019) hampir semua bijih nikel dunia dihilirisasi ke arah stainless steel (71 persen) dan hanya sedikit yang dihilirisasi ke arah baterai EV (3 persen). Namun, diperkirakan di tahun 2030 nanti, 46 persen bijih Nikel dihilirisasi ke arah Stainless Steel dan 37 persen dihilirisasi ke arah baterai EV.


Apabila respon Indonesia cepat dan efisien dalam industri hilirisasi nikel, maka pada tahun 2030 Indonesia dapat menguasai pasar global dari komponen mobil listrik.


Hal tersebut akan semakin kuat jika Indonesia juga mampu memproduksi baterai mobil listrik sendiri. Dengan begitu, bahan baku yang tersedia mampu dijual kepada produk akhir.


Langkah tersebut sudah dimulai, Perusahaan induk BUMN pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID), dan PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) bersama dengan para pemegang sahamnya, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining (SMM), telah menandatangani Perjanjian Pendahuluan untuk mengambil alih 20 persen saham divestasi PTVI.


Melalui kepemilikan 20 persen saham di PT Vale Indonesia Tbk., dan 65 persen saham di PT Aneka Tambang Tbk., MIND ID memiliki akses terhadap salah satu cadangan dan sumberdaya nikel terbesar dan terbaik dunia.


Ke depannya akses ini secara strategis akan mengamankan pasokan bahan baku untuk industri hilir berbasis nikel di Indonesia, baik hilirisasi industri nikel menjadi stainless steel, maupun hilirisasi industri nikel menjadi baterai kendaraan listrik.


Akses ini juga akan mempercepat program hilirisasi industri nikel domestik, yang akan menghasilkan produk hilir dengan nilai ekonomis hingga 4-5 kali lipat lebih tinggi dari produk hulu.


Perkembangan teknologi yang secara pesat di dunia merupakan salah satu pintu kemajuan Indonesia sebagai sumber nikel terbesar di Dunia. Mau tidak mau transisi energi ini akan memakan banyak nikel.


Sangat mungkin pula untuk masyarakat Indonesia memberdayakan Nikel sendiri tanpa harus mengutamakan teknologi canggih dari luar Indonesia.






Logam Penting Dalam Kecanggihan Teknologi Dunia

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Logam Penting Dalam Kecanggihan Teknologi Dunia

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo