terkini

Iklan Film

Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi BUDIKDAMBER Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga

Lidinews
Kamis, 8/03/2023 04:51:00 PM WIB Last Updated 2023-08-03T09:51:43Z
Gambar : Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi BUDIKDAMBER Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga. Lidinews.id


Lidinews.id - Mahasiswa Kukerta Universitas Riau telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan demonstrasi terkait Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) di Kampung Muara Kelantan Kec. Sungai Mandau Kab. Siak.

Kegiatan ini berlangsung pada Jum'at, 28 Juli 2023 di Balai Desa Kampung Muara Kelantan dan Dihadiri langsung oleh Bapak Sekretaris Desa Muara Kelantan yaitu Bapak Helem Harfen S.Sos. Kemudian Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK, Ibu-Ibu Kader Posyandu serta Masyarakat Muara Kelantan sebagai sasarannya.

Budikdamber merupakan sebuah inovasi berupa teknik budidaya yang ramah lingkungan karena menggabungkan budidaya ikan dan sayuran dengan menggunakan ember sebagai media budidaya dalam skala rumah tangga. Pada Sosialisasi kali ini Mahasiswa Kukerta menggunakan Ikan Lele dan Sayur Kangkung.

Kegiatan Budikdamber memiliki beberapa kelebihan diantaranya mudah dilakukan siapa saja seperti kalangan Ibu-Ibu maupun Remaja sudah bisa membudidayakan ikan dalam ember tersebut, Selanjutnya Biaya yang dibutuhkan relatif murah, alat dan bahan yang mudah didapatkan, serta tidak memerlukan lahan yang luas.

Kegiatan sosialisasi ini diawali mengenai apa itu budikdamber, kelebihan dan keuntungan budikdamber alat dan bahan yang digunakan, bagaimana cara pemeliharaan budikdamber, serta tata cara panen tanaman dan ikan yang materinya disampaikan oleh mahasiswa kukerta Nanda Adelia Septianingrum dan Padira Ayu Putri dari Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI.

Kemudian Kegiatan ini dilanjutkan dengan demonstrasi oleh Mahasiswa Kukerta Jonathan Irvansyah Hutabarat dari Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI mengenai bagaimana cara membuat media budikdamber seperti persiapan wadah budidaya, persiapan media tanam sayur, bagaimana cara memanajemen benih ikan dll. 

"Adanya kegiatan Sosialisasi ini karena dapat menjadi kegiatan yang positif bagi masyarakatnya serta dapat mendukung ketahanan pangan keluarga", ungkap Bapak Helem Harfen S.Sos selaku Sekretaris Desa 

Salah satu tujuan adanya Sosialisasi Budikdamber yaitu Mahasiswa Kukerta mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengaplikasikan teknik budidaya tersebut di lingkungan masing-masing dan memberikan manfaat kedepannya Masyarakat Kampung Muara Kelantan dapat mewujudkan dan memperkuat ketahanan pangan keluarga karena masyarakat tidak hanya budidaya ikan saja tetapi sekaligus budidaya sayuran. Kemudian, di samping itu juga dapat mendapatkan beberapa peluang (keuntungan). Pertama, peluang untuk pemenuhan gizi dan ketahanan pangan keluarga. Kedua, menciptakan peluang usaha baru.






Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi BUDIKDAMBER Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi BUDIKDAMBER Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo