terkini

Iklan Podcast

Idris Abdjul : Aktivis Pemuda Gorontalo Pertanyaakan Aliran dana UPETI Tambang Di Pohuwato dan Bonbol

Lidinews
Sabtu, 9/02/2023 07:32:00 PM WIB Last Updated 2023-09-02T12:32:06Z

Gambar : Idris Abdjul, Ketua Komisariat HMI FIP UNG : Aktivis Pemuda Gorontalo Pertanyaakan Aliran dana UPETI Tambang Di Pohuwato dan Bonbol. Lidinews.id


Gorontalo, Lidinews.id - Akhir-akhir ini sangat ramai perbincangan di dalam kampus, di warung kopi mengenai aliran dana (setoran pengamanan dan pengawalan) yang diduga melibatkan Pengusaha Tambang dan Aparat Penegak Hukum.


Hal demikian diperkuat dengan beberapa kejadian dimana keberpihakan Aparat kepolisian mulai dari dugaan pengancaman pembeli emas, pemukulan Aktifis saat di BAP (aksi unjuk rasa aktivis demo PT. GM), dan ancaman-ancaman tindakan represif lainnya.


Diduga kuat ada dorongan dari Perusahaan tambang emas dan logam mulia kepada Aparat penegak hukum untuk mengintimidasi masyarakat yang membahas izin aktifitas pekerjaan pertambangan di Gorontalo, yang diperkirakan akan menggagu kinerja ekploitasi alam yang ada di Gorontalo.


Dari hasil diskusi bersama kawan-kawan mahaiswa, pemuda dan Aktivis serta masyarakat penambang kecil di Gorontalo intimidasi dilakukan agar tidak ada riak-riak dan pembahasan yang mengganggu jalanya kerja perusaahn tambang yang merusak alam di Gorontalo.


Hal yang paling menarik adalah polarisasi (Pengumpulan UPETI) ini dilakukan oleh aparat penegak hukum kepada masyarakat penambang kecil dengan tawaran tidak akan ada penangkapan, larangan terkait aktifitas penambang kecil disekitar area perusahan.


Selanjutnya, hal yang sangat mengejutkan kami aktivis, mahasiswa dan masyarakat penambang adalah jumlah pengumpulan “Upeti” (setoran pengamanan dan pengawalan) kepada masyarakat penambang kecil ini jika ditabulasikan (jumlah secara keseluruhan) mencapai miliaran rupiah.


Sangat fantastis besarannya, pengumpulan sejumlah uang setoran (UPETI) dengan dalih pengamanan, yang menyebabkan masyarakat Gorontalo semakin melarat dan tidak sejahtera sampai dengan saat ini.


Pertanyaannya! Uang denga jumlah yang sangat besar itu (mencapai miliaran) masuk ke siapa?


Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, ada Mafia-mafia di wilayah pertambangan menampakkan wujud untuk pengamanan daerah dan negara tapi faktanya sebagai mafia yang mengeksploitasi alam dan membuat masyarakat kecil melarat.


Kami mengecam dan akan mengusut hal ini sampai selesai, sekalipun Ancaman sebagai mana kawan-kawan Aktivis hari ini ditetapkan sebagai tersangka (saat ini masih ditahan di Mapolda Gorontalo) dengan tujuan mebela masyarakat dari kejahatan eksploitasi alam oleh PT.GM Bone Bolango dan PT Pets Merdeka di Pohuwato.





Idris Abdjul : Aktivis Pemuda Gorontalo Pertanyaakan Aliran dana UPETI Tambang Di Pohuwato dan Bonbol

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Idris Abdjul : Aktivis Pemuda Gorontalo Pertanyaakan Aliran dana UPETI Tambang Di Pohuwato dan Bonbol

Iklan