terkini

Iklan Film

film

SMA Negeri 8 Malang Gelar Karya P5 Wujudkan Pelajar Pancasila

Lidinews
Sabtu, 9/02/2023 07:23:00 PM WIB Last Updated 2023-09-02T12:23:48Z
Gambar : SMA Negeri 8 Malang Gelar Karya P5 Wujudkan Pelajar Pancasila. Lidinews.id


Malang, Lidinews.id - Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu implementasi dari kurikulum merdeka belajar. Sehingga, dapat memberikan penekanan terhadap peserta didik agar lebih paham akan nilai-nilai luhur Pancasila. 

Pasalnya, Pancasila tidak hanya sebagai slogan belaka, tetapi harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan kesadaran tinggi atas nilai luhur yang terkandung didalamnya.

Ibu Anis Isrofin, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Malang, menyampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka acara karya P5, bahwa kolaborasi Tim PPLK Unisma membawa visi yang sangat menunjang terhadap penanaman nilai-nilai Pancasila. 

"Pelaksanaan kegiatan gelar karya P5 ini berbasis projek dan berlangsung selama 2 hari dengan memfungsikan seluruh perangkat sekolah secara optimal," ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk menguatkan pencapaian kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. 

Gambar : SMA Negeri 8 Malang Gelar Karya P5 Wujudkan Pelajar Pancasila. Lidinews.id



"Kemudian, para siswa diharapkan dapat mengoptimalkan potensi dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik," Tambahnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 8 Malang dengan sangat antusias dan terampil.

"Kami beserta teman-teman sangat antusias mengikuti kegiatan semacam ini. Sebab memberikan banyak pelajaran dalam mendalami nilai luhur dasar negara kita, yaitu Pancasila," ungkap Muhammad, Siswa Kelas X 5 kepada Tim Lidinews.

Selain itu, ia juga merasa senang karya yang dibuat bersama teman-teman dapat dipamerkan sebagai bentuk kreativitas. 

Tambahnya, tema yang kami pilih “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan tujuan agar kita semua dapat memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kehidupan manusia dan kelestarian lingkungan. 

"Menerapkan gaya hidup berkelanjutan, memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan dan kualitas hidup manusia," tangkasnya.

Dengan mengurangi penggunaan plastik, menghemat energi, dan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, siswa dan siswi dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

"Gaya hidup berkelanjutan juga meningkatkan kualitas hidup siswa melalui kebiasaan-kebiasaan sehat seperti mengonsumsi makanan organik dan melakukan penghijauan," tegasnya.

Dari kegiatan P5 ini terdapat banyak manfaat yang didapatkan siswa-siswi, seperti memberi ruang dan waktu untuk siswa-siswi mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.

Gambar : SMA Negeri 8 Malang Gelar Karya P5 Wujudkan Pelajar Pancasila. Lidinews.id



"Pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas untuk mendalami nilai Pancasila," Harapannya.

"Mengembangkan kompetensi sebagai peserta didik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan peserta didik lain untuk memperkaya hasil pembelajaran," pungkas Anis Isrofin, Kepala Sekolah SMA Negri 8 Malang.




Editor : Arjuna H T M




SMA Negeri 8 Malang Gelar Karya P5 Wujudkan Pelajar Pancasila
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SMA Negeri 8 Malang Gelar Karya P5 Wujudkan Pelajar Pancasila

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo