terkini

Iklan Podcast

MI Khadijah Malang Gelar Milad Ke 37 Bersama Mahasiswa PPLK Unisma 2023

Dini Maribella
Selasa, 9/26/2023 10:38:00 PM WIB Last Updated 2023-10-02T17:27:51Z

Gambar : MI Khadijah Malang Gelar Milad Ke 37 Bersama Mahasiswa PPLK Unisma 2023. Lidinews.id


Jawa Timur, Malang, Lidinews.id - Pada tanggal 23 September 2023 tepat perayaan Milad atau Hari Ulang Tahun Madrasah Ibtida’iyah Khadijah Malang yang ke-37 menggelar acara pawai kostum yang bertemakan daur ulang.


Acara ini dilaksanakan dihadiri sekitar 500 orang siswa dan 30 orang guru Madrasah Ibtida’iyah (MI) Khadijah serta mahasiswa PPLK Universitas Islam Malang berlangsung dengan sangat fantastic.


Sebanyak 500 - an siswa menggunakan baju daur ulang sampah yang dibuat oleh orang tua peserta didik.


Baju daur ulang yang di mulai dari baju kerajaan yang terbuat dari bungkus kopi hingga baju megah bak ratu bersayap yang terbuat dari kertas dan CD bekas memikat para penonton untuk memotret baju yang dikenakan serta baju daur ulang yang bertumpah ruah dan berbagai macam ada di pawai tersebut.


Dalam acara milad ini kepala sekolah MI Khadijah yaitu Dra. Sa’adah mengutarakan bahwa acara ini sekolah melibatkan seluruh pihak sekolah,siswa, serta wali murid dan turut andil dalam perayaan milad ini dengan tujuan yan seirama.


Dalam acara tersebut wali murid perpartisipasi untuk memeriahkan acara seperti lomba adu yel-yel yang dipanggungkan, dan hias tumpeng.


Jadi dalam acara tersebut tersedia kurang lebih 18 tumpeng yang berdiri megah yang mengelilingi panggung milad MI Khadijah tersebut.


Dalam acara tersebut MI Khadijah juga membagikan puluhan doorprize yang dimana mahasiswa PPLK Unisma berturut andil dalam mempersiapkan doorprize tersebut seperti membungkus dan menghias agar lebih menarik untuk dibawa pulang sang pemenang undian dan menjadi panitia dalam acara tersebut.


Selain itu, dalam perayaan Milad MIKH siswa juga menampilkan tari nusantara dari setiap angkatan kelasnya, dari tari medley nusantara, tari kecak, tari saman hingga drama musikal yang sangat memikat mata para penonton yang mengelilingi lapangan IKIP Budi utomo.


Dan tak lupa juga para antuasias guru-guru perempuan MIKH menyanyikan berbagai lagu daerah yang dinyanyikan dengan kompak dan gerakan tarian yang selain untuk menghibur para penonton yaitu untuk mengenalkan kepada siswa- siswa lagu tradisional indonesia.


Dan pada acara ini mahasiswa PPLK unisma juga mengisi acara dengan menyanyikan salah satu lagu dangdut yang saat ini sedang viral serta dalam momentum ini,mahasiwa tesebut juga melakukan perpisahan kepada MI Khadijah.


Sebelum melaksanakan puncak acara milad tersebut, ada beberapa rangkaian acara yang sudah dilaksanakan sebelum acara puncak, yaitu MI Khadijah mengadakan kegiatan bakti sosial, yang membagikan beberapa kebutuhan sekolah kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan tersebut.


Pada kegiatan tersebut mahasiwa PPLK unisma juga turun lapangan langsung kepada sekolah tersebut.


Pada hari  yang sama siswa siswi kelas atas, yaitu kelas 4, 5, dan 6 melakukan kegiatan sisir sampah yang dilakukan di sekitar halaman MI Khadijah tersebut dan diikuti oleh mahasiswa PPLK Unisma serta guru-guru yang bertugas pada saat kegiatan sisir sampah tersebut.


Kemudian ada acara tahfidz dan taddabur qur’an yang dilaksanakan langsung di dalam masjid Khadijah yang disemarakan oleh siswa siswi pilihan, Al -hikmah serta mahasiwa PPLK juga berpartisipasi untuk menghatamkan alqu’an.


Sebelum menuju puncak milad H-1 sebelum acara madrasah juga mengadakan acara parenting day yang dikhususkan untuk wali murid dan guru-guru madrasah.


Dalam acara parenting ini, MI Khadijah mengundang narasumber seorang inovator kesehatan dan juga inspirator kebanggaan indonesia yang sudah mengisi acara hingga luar negeri yaitu Dr.Gamal Albinsaid.


Dalam acara puncak milad , MI Khadijah juga mengundang beberapa tamu penting salah satunya yaitu kepala seksi pendidikan madrasah (Pendma) Kantor Kemenag Kota Malang H. Abdul Mughni Mag, beliau mendatangi undangan acara milad dan memberikan apresiasi pada acara yang diselenggarakan MI Khadijah salah satunya acara pawai baju tema daur ulang.


Hal ini diapresiasi karana, "MI Khadijah sudah menciptakan salah satu cara dalam membentukan karakter di kurikulum merdeka yaitu kreativitas," ujarnya.






Kontributor : Alya Lestari

Editor : Arjuna H T M






MI Khadijah Malang Gelar Milad Ke 37 Bersama Mahasiswa PPLK Unisma 2023

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MI Khadijah Malang Gelar Milad Ke 37 Bersama Mahasiswa PPLK Unisma 2023

Iklan