terkini

Iklan Film

Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pendampingan Sekaligus Edukasi Literasi dan Kreativitas Sejak Dini

Lidinews
Kamis, 9/07/2023 07:02:00 PM WIB Last Updated 2023-09-07T12:02:13Z

Gambar : Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pendampingan Sekaligus Edukasi Literasi dan Kreativitas Sejak Dini. Lidinews.id


Riau, Siak, Lidinews.id - Mahasiswa Kukerta Universitas Riau dalam menjalankan program nya yaitu Pendampingan sekaligus edukasi literasi dan kreativitas sejak dini bekerja sama dengan pihak SD Negeri 01 Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau.


Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli 2023 di SD Negeri 01 Muara Kelantan yang mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca sekaligus mengembangkan kreativitas siswa-siswi kelas 2 agar nantinya mereka memiliki pemahaman yang baik untuk dapat dibawa ke jenjang pendidikan selanjutnya.


Literasi yaitu Kemampuan seseorang dalam menulis, membaca, mengolah informasi, berbicara dan memecahkan masalah. Literasi itu sendiri menjadi bagian penting dalam membentuk generasi penerus bangsa. 


Pengenalan edukasi literasi harus dilakukan sejak usia dini. Seiring perkembangan zaman, minat baca anak-anak menjadi berkurang, hal itu disebabkan mereka lebih memilih bermain gadget dibandingkan buku yang seharusnya mereka baca untuk memperluas pengetahuan.


Filzah Amalina dan Viona Ananta selaku Mahasiswa Kukerta UNRI mengawali kegiatan ini dengan memberikan edukasi mengenai literasi, dilanjutkan dengan memberikan tontonan film kartun “Malin Kundang” guna mengasah fokus siswa-siswi dalam mencermati film dan nantinya memberikan pendapat mereka mengenai film tersebut sekaligus ada nilai-nilai literasi yang diterapkan, serta memberikan selembar kertas yang berisi garis miring untuk masing-masing anak, guna agar siswa-siswi mampu mengembangkan kreativitas mereka dan menuangkan ide-ide pikiran berbentuk gambar ke dalam selembar kertas yang berisi garis tersebut.


Kegiatan ini memberikan pemahaman lebih terhadap siswa-siswi SD Negeri 01 Muara Kelantan untuk dapat mendeskripsikan, meningkatkan kreativitas, dan mempertajam ingatan serta menumbuhkan semangat antusias dalam menyampaikan opini dan pendapat mereka tanpa harus merasa malu di depan siswa-siswi yang lainnya.






Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pendampingan Sekaligus Edukasi Literasi dan Kreativitas Sejak Dini

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pendampingan Sekaligus Edukasi Literasi dan Kreativitas Sejak Dini

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo