terkini

Iklan Podcast

PPK Ormawa FKIP UNA Buka Kelas Literasi Digital

Yona Milasa
Rabu, 10/11/2023 12:54:00 AM WIB Last Updated 2023-10-10T17:54:49Z
Gambar : PPK Ormawa FKIP UNA Buka Kelas Literasi Digital. Lidinews.id


PPK Ormawa FKIP UNA Buka Kelas Literasi Digital : Pelatihan Desain Grafis Dengan Canva Menginspirasi Pemuda - pemudi Desa Air Genting


Sumatera Utara, Asahan, Lidinews.id - Kegiatan pelatihan yang menarik dan inovatif telah diadakan di Dusun V Hutaginjang, Desa Air Genting.


Yang mana pada era saat ini pemuda- pemudi tidak asing lagi dengan media canva. Kelas literasi digital dibuka dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang memang pada dasarnya merupakan salah satu program yang digaet oleh Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika FKIP UNA tahun 2023.


Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk menggali kreativitas, memberikan pemahaman dan mendorong serta mengajak mereka untuk berinovasi dalam dunia digital di era teknologi yang semakin maju saat ini dan menciptakan kegiatan ekonomi baru pemuda - pemudi remaja masjid.


Pada kegiatan ini, pemuda - pemudi diajak untuk mengenal lebih dekat dengan alat desain grafis canva, salah satu diantara banyaknya platform. Platform canva digunakan karena ramah dan mudah penggunaannya bagi pemula.


Dengan menghadirkan Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si sebagai pemateri, membimbing sosialisasi dan pelatihan pemuda - pemudi mengenal fitur-fitur dasar dan mengintegrasikan atau menyelaraskan elemen serta kondimen-kondimen visual untuk menghasilkan karya yang menarik.


"Canva itu asik dan menghibur dengan canva kita dapat menuangkan dan mengeksplorasi kreativitas juga menerapkan keterampilan baru dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk visual. Point penting dalam penggunaan canva ini kita bisa belajar tentang penyesuaian warna, elemen-elemen visual lainnya dengan mempertimbangkan desain yang bersifat estetis dan informatif. Satu hal lagi, ketika kita sudah lihai dalam penggunaannya kita bisa memanfaatkan kemampuan ini sebagai income kita nantinya," ujar Anil Hakim Syofra saat pemaparan materi.


Diakhir, Anil Hakim Syofra menyampaikan harapannya, "kalian semua sekarang ini adalah gambaran kelak di masa yang akan datang, maka dari itu ikuti zamanmu tapi jangan tinggalkan budayamu, jadilah pelopor dalam menggunakan teknologi secara positif dan tunjukkan inovasimu serta tunjukkan bahwa teknologi bukanlah semata mengarah pada hal yang negatif tetapi juga banyak poin-poin positif yang ada didalamnya," katanya kepada Tim Lidinews.


Selain mengajarkan tentang desain grafis, kegiatan ini juga mendorong kesadaran pemuda - pemudi akan hal positif dari perkembangan teknologi untuk berinovasi dalam penyampaian ide. Para pemuda - pemudi ini diberdayakan untuk dapat berpikir kreatif, berkreasi dan berpikir out of the box untuk menciptakan karya yang memiliki nilai estetika dan menginspirasi.


Dengan dibukanya kelas literasi digital yang dilaksanakan melalui sosialisasi dan pelatihan ini menjadi contoh bagaimana pendidikan dapat menjadi wadah untuk menginspirasi generasi muda dan membentuk generasi masa depan yang kreatif dan memiliki daya saing di era digital yang terus berkembang pesat.




Editor : Arjuna H T M



PPK Ormawa FKIP UNA Buka Kelas Literasi Digital

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PPK Ormawa FKIP UNA Buka Kelas Literasi Digital

Iklan