terkini

Iklan

Pendidikan Kemaritiman: Mahasiswa Pendidikan Biologi Unismuh Lakukan Studi Ekosistem & Tanam Ratusan Mangrove

Minggu, 11/12/2023 06:32:00 PM WIB Last Updated 2023-11-13T02:02:28Z

 


    Minggu, (12/11/23). Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Makassar lakukan pendidikan kemaritiman untuk menumbuhkan literasi lingkungan Kelautan mahasiswa. Kegiatan ini meruapakan rangkaian dari mata kuliah Biologi Laut dan kolaborasi Pengabdian Masyarakat Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Kegiatan edukasi ini terdiri atas serangkaian agenda, yaitu pembelajaran ekosistem mangrove, penanaman bibit mangrove, dan belajar entrepreneur olahan hasil laut.

    Kegiatan dilaksanakan di Ekosistem Mangrove area Ekowisata Lantebung, Makassar. Pembelajaran bermakna dan menyenangkan terkait Ekosistem Mangrove dilakukan dengan model pembelajaran Experiential and Joyful Learning Marine Edutourism (EJoy-ME) yang dikembangkan oleh Dr. Riza Sativani Hayati, M.Pd. Model pembelajaran berbasis pengalaman yang menyenangkan di lokasi wisata ini terbukti dapat meningkatkan literasi lingkungan kelautan.

    Pembelajaran diintegrasikan dengan aksi nyata peserta pada lingkungan, yaitu tanam ratusan bibit mangrove. Seperti yang kita ketahui bahwa mangrove memiliki peranan besar bagi manusia dan lingkungan.


    Kegiatan ini juga mengembangkan wawasan kewirausahaan mahasiswa untuk menjajaki peluang usaha produk olahan laut. Area ekowisata Lantebung ini mengembangkan tambak ikan hingga mengolah kepiting rajungan untuk diekspor. 

     Selain mempelajari potensi ekosistem mangrove, mahasiswa juga belajar bagaimana perilaku lingkungan dan pemanfaatan bakau masyarakat pesisir melalui interview nelayan dan observasi. Masalah sampah di ekosistem mangrove menjadi salah satu topik kajian dan observasi yang menarik di area ekowisata Lantebung ini.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendidikan Kemaritiman: Mahasiswa Pendidikan Biologi Unismuh Lakukan Studi Ekosistem & Tanam Ratusan Mangrove

Iklan