terkini

Iklan Podcast

Tim Kukerta Universitas Riau Gelar Sosialisasi Penyuluhan Pencegahan Stunting sekaligus Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Harapan Bangsa

Lidinews
Senin, 11/20/2023 10:50:00 AM WIB Last Updated 2023-11-20T03:50:33Z

Gambar : Tim Kukerta Universitas Riau Gelar Sosialisasi Penyuluhan Pencegahan Stunting sekaligus Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Harapan Bangsa. Lidinews.id

Riau, Lidinews.id - Stunting merupakan salah satu permasalahan gizi sekaligus ancaman serius bagi anak-anak di Indonesia. Saat ini angka stunting di Indonesia menurut pengamatan ahli gizi adalah 37,2% atau setara dengan 8 juta anak dengan pertumbuhan kurang optimal.


Hal tersebut membuat Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Riau (KKN MBKM UNRI) Kelompok 30 untuk perlu mengadakan sebuah program penyuluhan stunting khususnya di Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis.


Pada Jumat, 10 November 2023 Mahasiswa KKN MBKM Universitas Riau Kelompok 30 berhasil melakukan kegiatan Penyuluhan Pencegahan Stunting sekaligus mengadakan Program Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Harapan Bangsa Kel. Simpang Belutu Kec. Kandis. 


Penyuluhan yang dilakukan yakni dalam bentuk membantu memberikan layanan informasi yang bekerjasama dengan kader-kader posyandu setempat untuk menyukseskan kegiatan penyuluhan stunting ini.


Pada kegiatan ini Mahasiswa KKN MBKM UNRI Kel. 30 memberikan arahan yang lebih difokuskan pada ibu hamil dan ibu yang mempunyai anak balita guna mencegah terjadinya stunting dengan cara memberikan pemahaman tentang bahayanya stunting dan cara pencegahan dengan memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan). 


“Saat ini banyaknya kasus stunting di Indonesia dan Pemerintah sedang gencar-gencarnya untuk melakukan program pencegahan stunting. Karena pencegahan stunting merupakan salah satu kunci dari pembangunan manusia Indonesia yang berujung pada terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di tahun 2045. Sehingga dengan penyuluhan ini diharapkan kita semakin sadar akan bahaya stunting dan dapat melakukan pencegahan sejak dini salah satunya dengan cara Pemberian Makanan Tambahan (PMT),” ucap Yanti Eliani Lawolo selaku Ketua Kelompok KKN MBKM UNRI Kel. 30.


Gambar : Tim Kukerta Universitas Riau Gelar Sosialisasi Penyuluhan Pencegahan Stunting sekaligus Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Harapan Bangsa. Lidinews.id


Ibu Ketua Kader Posyandu dari Kel Simpang Belutu Kec. Kandis yaitu ibu Evi menuturkan rasa terima kasihnya dengan dilaksanakannya penyuluhan seputar Pencegahan Stunting dan Program Pemberian Makanan Tambahan. Beliau berharap target dari penyuluhan ini yaitu khususnya ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita dapat teredukasi mengenai gizi pada anak yang sangat diperlukan.


“Ayo Cegah Stunting,” ungkap Yanti selaku ketua sekaligus pemateri KKN MBKM UNRI Kel. 30 dan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan penyuluhan di akhir penyampaian materi.


Mahasiswa KKN MBKM UNRI Kel. 30 berharap semoga dengan diadakannya kegiatan penyuluhan stunting di Kel. Simpang Belutu Kec. Kandis ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya tumbuh kembang anak agar semakin diperhatikan dan meningkat, sehingga dapat mencegah terjadinya stunting dan menurunkan persentase stunting di Indonesia terutama di Kel. Simpang Belutu Kec. Kandis.


Kegiatan hari itu pun diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan yang diwakili oleh Ketua Kelompok KKN MBKM UNRI Kel. 30 kepada Ibu Ketua Kader Posyandu yaitu Ibu Evi, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita-balita yang mengikuti posyandu, serta foto bersama.




Editor : Arjuna H T M




Tim Kukerta Universitas Riau Gelar Sosialisasi Penyuluhan Pencegahan Stunting sekaligus Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Harapan Bangsa

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Kukerta Universitas Riau Gelar Sosialisasi Penyuluhan Pencegahan Stunting sekaligus Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Harapan Bangsa

Iklan