terkini

Iklan Podcast

Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia

Lidinews
Selasa, 11/21/2023 12:04:00 AM WIB Last Updated 2023-11-20T17:04:00Z
Gambar : Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia. Lidinews.id


Riau, Lidinews.id - Menyiapkan Lansia Sehat, Produktif dan Bahagia! Mahasiswa Kukerta MBKM FKp Universitas Riau Lakukan Penyuluhan Lansia Sehat dan Bahagia Melalui Terapi Aktivitas Kelompok Penanaman TOGA Bersama Lansia sekaligus Menjalankan Program Senam Hipertensi bersama Lansia sekaligus Menjalankan Program Senam Hipertensi bersama Lansia di Posyandu Lansia Kel. Simpang Belutu, Kandis.


Lanjut usia atau disingkat yaitu lansia merupakan seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas, baik pria maupun wanita.


Gambar : Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia. Lidinews.id


Upaya kesehatan lanjut usia dilakukan sejak seseorang berusia 60 (enam puluh) tahun serta ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat, berkualitas, dan produktif sesuai dengan martabat kemanusiaan.


Sesuai dengan slogan Mahasiswa Kukerta UNRI Kel. 30 yaitu 'Lansia Sehat, Produktif, dan Bahagia!'


Gambar : Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia. Lidinews.id

Mahasiswa KKN MBKM UNRI Kel. 30 berhasil melakukan Penyuluhan Lansia Sehat dan Bahagia Melalui Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) sekaligus menjalankan Program Senam Hipertensi. Sabtu, 11 November 2023.


Kegiatan ini diikuti oleh ibu Kader Posyandu sekaligus ibu Bidan di Kel. Simpang Belutu, Kandis.


Kegiatan penyuluhan, penanaman TOGA serta program senam hipertensi ini berlangsung sekitar 120 menit. Kegiatan ini diramaikan oleh ibu kader posyandu lansia serta warga- warga lansia di Kel. Simpang Belutu, Kandis yang dihadiri sekitar 20 peserta lansia setempat.


“Terapi berkebun (penanaman TOGA) menurut penelitian oleh Sari dkk (2019) menunjukkan bahwa terapi berkebun efektif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi,” ucap anggota Kukerta MBKM UNRI Kel. 30 yaitu Sulistyawati yang berperan dalam memaparkan materi untuk penyuluhan Lansia Sehat, Produktif, dan Bahagia dengan melakukan Terapi Aktivitas Kelompok Penanaman TOGA.


Gambar : Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia. Lidinews.id


Terapi berkebun memberi kepuasan emosional saat panen, rasa memiliki, mendorong adanya komunikasi karena dilakukan bersama-sama, yang merupakan bentuk ekspresi diri yang dapat memungkinkan penyaluran bagi emosi sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi lansia.


Tanaman TOGA yang ditanam terdiri dari berbagai macam tumbuhan seperti tanaman kunyit, daun sirih, sereh, jahe, lidah buaya, dll.


Dari berbagai macam tanaman tersebut memiliki banyak khasiat salah satunya tanaman jahe yaitu untuk memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung serta menurunkan tekanan darah.


Senam hipertensi yang berlangsung pun dilakukan dengan semangat dari warga lansia dan diikuti oleh ibu-ibu kader posyandu lansia.


"Setelah senam badan ibu langsung segar dan semangat kembali,” ucap salah satu warga lansia yang mengikuti senam hipertensi yang dilakukan di aula kelurahan Simpang Belutu Kandis.


Dalam kesempatan ini ibu Suparmi selaku ketua posyandu lansia Kel. Simpang Belutu, Kandis mengucapkan, "terima kasih kepada adek-adek Mahasiswa Kukerta MBKM UNRI Kel. 30 atas kontribusi nya dalam menjalankan kegiatan posyandu lansia ini dan sukses menjalankan program tambahannya yaitu program senam hipertensi dan penanaman TOGA. Dengan harapan tanaman ini bisa tumbuh subur dan dapat dimanfaatkan bagi warga sekitar yang membutuhkan," katanya.






Editor : Arjuna H T M





Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Penyuluhan Lansia Sehat Dan Bahagia

Iklan