terkini

Iklan Film

film

Ketua DPM Unisma Kehilangan Fungsi sebagai Wakil Mahasiswa

Lidinews
Minggu, 12/03/2023 05:05:00 PM WIB Last Updated 2023-12-03T10:05:05Z

Penulis : Nizar, Mahasiswa Universitas Islam Malang

Gambar : Ketua DPM Unisma Kehilangan Fungsi sebagai Wakil Mahasiswa. Lidinews.id


Lidinews.id - DPM U Unisma sebagai lembaga legislatif yang mewakili mahasiswa telah kehilangan fungsinya. Seorang wakil mahasiswa hendaknya aktif dalam menampung, mengekpressikan, dan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa untuk membentuk kebijakan yang menguntungkan seluruh anggota kampus.


Menurut SK Mendikbud No.0459/U/1989, DPM U dituntut untuk berperan dalam membina mahasiswa sesuai dengan pedoman dasar organisasi kemahasiswaan. 


Namun, kinerja DPM U Unisma, terutama yang dipimpin oleh Jamal sebagai Ketua Umum, telah menuai kritik karena tidak cukup berpihak pada kepentingan mahasiswa. Padahal, DPM U seharusnya juga memiliki tugas mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan sistem di kampus untuk mencegah penumpukan kekuasaan yang dapat berdampak pada absolutisme. 


Dalam hal ini, fungsi legislasi, pengawasan, dan advokasi DPM U Unisma tidak sepenuhnya terpenuhi. Dengan demikian, mahasiswa sebagai pemangku kepentingan perlu mempertanyakan kinerja DPM U dan ketua DPM U. Ketidakmampuan DPM U dalam menjalankan fungsinya berpotensi berdampak pada kesejahteraan mahasiswa Unisma. 


Jamal sebagai ketua bertanggung jawab atas keadaan ini, karena memiliki posisi paling berwenang dalam lembaga tersebut.


Oleh karena itu, mahasiswa Unisma memiliki kewajiban untuk mempertanyakan kinerja kepemimpinan DPM U, dan apakah mereka benar-benar memahami fungsi dan kedudukannya. 


Aspirasi, pendapat, dan kekhawatiran mahasiswa juga harus didengar dan ditindaklanjuti oleh DPM U. Keteladanan dari DPM U dalam mendorong perubahan yang positif di kampus sangat penting untuk memastikan kepentingan dan hak-hak mahasiswa terjamin.


Keraguan terhadap kinerja DPM U harus ditindaklanjuti dengan tindakan konkret. Evaluasi menyeluruh terhadap kinerja DPM U dan pengawasan yang lebih ketat terhadap ketua DPM U dan jajarannya dibutuhkan untuk memastikan mewujudkannya lembaga legislatif yang efektif dan proaktif bagi kesejahteraan mahasiswa Unisma.




Editor : Arjuna H T M





Ketua DPM Unisma Kehilangan Fungsi sebagai Wakil Mahasiswa

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua DPM Unisma Kehilangan Fungsi sebagai Wakil Mahasiswa

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo