terkini

Iklan

film

Pematangan Rancangan Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan

Lidinews
Sabtu, 12/16/2023 06:20:00 PM WIB Last Updated 2023-12-16T11:27:12Z
Gambar : Pematangan Rancangan Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan. Lidinews.id


Sumatera Utara, Medan, Lidinews.id - Gegeh Persada Film yang diwakili Tim Produksi Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan bertemu dengan Jajaran Staff Walikota Medan, bapak Bobby Nasution untuk menindaklanjuti Rencana penggarapan film yang akan melibatkan berbagai lapisan Masyarakat kota Medan pada Jumat/15 Desember 2023, pukul 19.00 Wib di Kopi Jolo, Jalan Cik Di Tiro, Medan.


Pada pertemuan itu Walikota Medan diwakili Syaifullah, Ketua Wartawan Unit Pemko Medan dan Umaro Soddiq, Divisi Perfilman Pemko Medan. Sedangkan Tim Produksi Film, terdiri dari: Agus Susilo (Sutradara Film), Herawanti Handayani (Kordinator Talen), Christoper Louise Sembiring (DOP Film), Katarina Sirait (Divisi Program), Putri Salwa dan Nindy Pratiwi (Divisi Promosi), hadir juga perwakilan Persadaan Pelawi Ras Anak Beruna Kota Medan. 


Pertemuan ini merupakan tahapan komunikasi yang disusun Tim Produksi Film untuk menarik dukungan pemerintah Kota Medan dalam proyek film yang mengangkat Sejarah sosok pendiri Kota Medan.


Dalam pertemuan yang berlangsung selama 60 menit itu tersusun hal-hal yang disepakati untuk dirancang lebih matang dan fokus pada langkah-langkah dan segala hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan film. Mesti dibuat langkah maju dalam setiap tahapan yang sudah dirumuskan bersama, begitulah perbincangan yang bergulir.


Gambar : Pematangan Rancangan Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan. Lidinews.id


“Untuk pertemuan selanjutnya akan dihadiri bapak Bobby Nasution secara langsung. Diharapkan Tim Produksi Film ini sudah membawa rancangan dari Pra Produksi sampai Pasca Produksi. Rancangan itu sudah meliputi Konsep Penggarapan, Sinopsis dan Rangkuman Cerita Film, Linimasa Kegiatan yang memuat kebutuhan-kebutuhan operasional yang dapat didukung Pemerintah Kota Medan,” ungkap Syaiful, Ketua Wartawan Unit Pemko Medan.


Rancangan yang sudah rapi dan matang itu untuk memudahkan komunikasi yang akan dijalin Tim Produksi Film dengan Walikota Medan.


Karena bapak Bobby Nasution menginginkan suatu program yang tidak mengambang dan tepat sasaran sesuai target dan tujuan yang ingin dicapai.


Pada dasarnya pemerintah Kota Medan sangat mendukung segala bentuk kreatifitas yang dapat memajukan media ekonomi kreatif, apalagi melibatkan seluruh komponen Masyarakat Medan.


“Banyak komunitas film di Medan yang sudah melahirkan karya-karya bagus, baik itu film fiksi maupun non fiksi. Karya-karya yang dilahirkan kebanyakan bersifat indie dan festival. Kami berharap Gegeh Persada Film yang menggarap film tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan ini dapat menerobos dunia Industri Perfilman Indonesia. Tentunya pemerintah kota Medan akan mendukung penuh proses penggarapan ini,” ditambahkan Umaro Soddiq, Divisi Perfilman Pemko Medan.


Terkait hal tersebut, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan terutama kebutuhan-kebutuhan operasional penciptaan karya yang panjang. Persiapan seluruh lini untuk mematangkan proses sedari awal mesti sudah dapat dirangkai dengan rapi.


Gambar : Pematangan Rancangan Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan. Lidinews.id


“Proses Film ini membutuhkan waktu selama 1,5 tahun. Dimulai dengan riset dan penelusuran referensi sejak Juni 2023. Kemudian Menyusun Tim Produksi yang di Launching pada hari Pahlawan 10 Nopember 2023 di Tugu Guru Patimpus. Setelah itu kita akan membangun jaringan kerja dan kemitraan ke berbagai pihak. Selanjutnya untuk mengumpulkan potensi sumber daya Masyarakat Medan kita akan menggelar Workshop dan Presentasi Pertunjukan Teater setiap minggu di 21 Kecamatan yang akan dimulai pada Januari 2024. Dari kegiatan ini, setiap kecamatan akan diseleksi 4 talenta yang kemudian ditempah dalam Coaching Camp Teater Rumah Mata. Di dalam Coaching Camp ini akan diseleksi kembali talenta-talenta yang layak mengikuti Casting Film untuk selanjutnya memasuki tahap Coaching Act Film.


Sedangkan Simposium dan Seminar tentang Guru Patimpus akan digelar melibatkan akademisi, budayawan, sejarahwan, mahasiswa dan pelajar. Semuanya itu nantinya tersusun dalam Pra Produksi. Kita targetkan proses ini berlangsung sampai Mei 2024. Kemudian Proses Syuting dimulai pada Juni 2024 dan Peluncuran Teaser Film pada 1 Juli 2024. Screening Film pada 1 Oktober 2024,” ungkap Agus Susilo, Sutradara Film dan Pimpinan Teater Rumah Mata.


Pertemuan malam itu ditutup dengan foto bersama dengan menyepakati Rancangan Proses Produksi Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan dengan segala kebutuhan yang diperlukan dapat dipresentasikan dalam pertemuan selanjutnya bersama bapak Walikota Medan sebelum berakhirnya tahun 2023.






Editor : Arjuna H T M






Mematangkan Rancangan Penggarapan Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan Bersama Jajaran Staff Walikota Medan

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pematangan Rancangan Film Tentang Guru Patimpus dan Sejarah Kota Medan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo