terkini

Iklan Podcast

Seminar Aksara Karo Berlangsung di Hotel Sibayak Berastagi, 26 Januari

Lidinews
Jumat, 1/12/2024 02:15:00 PM WIB Last Updated 2024-04-11T16:24:08Z
Gambar : Seminar Aksara Karo Berlangsung di Hotel Sibayak Berastagi, 26 Januari. Lidinews.id/instagram @persada_eventkreatif


Jakarta, Lidinews.id – Minggu Ke – 4 Januari 2024, Akan diselenggarakan seminar Aksara Karo, sebagai salah satu bentuk memelihara warisan dari leluhur Karo yang saat ini hampir hilang.

Sebelum huruf latin seperti sekarang, suku karo mengenal Aksara Karo. Namun, seiring perkembangan zaman, Aksara Karo secara perlahan mulai ditinggalkan.

Dalam Seminar Askara Karo ini turut menghadirkan para narasumber yang benar – benar memiliki kapasitas berbicara mengenai Aksara Karo atau Surat Aru.

Beberapa narasumber yang dihadirkan pada Seminar Aksara Karo di 26 Januari 2024 diHotel Sibayak, yaitu Sarjani Tarigan, budayawan karo dan penulis, Jonathan Tarigan, ahli cagar budaya dan konsultan pariwisata, Roy Fachrabi Ginting, dosen ilmu budaya dan social Universitas Sumatera Utara (USU), Jekmen Sinulingga, dosen sastra batak USU, Dr Bakhrul Khair Amal, M.Si, Dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED), Simpei Sinulingga, penggiat seni tradisional karo, Feri Suranta Ginting, penulis dan pegiat kebudayaan karo.

 

Catat tanggalnya, Simpan Flyaer ini.
Jadilah pelaku sejarah. Luangkan waktu untuk Hadir.
Seminar ini bukan Seminar Komersil, alias tidak berbayar. Namun sama-sama kita cari Sponsor dan Donaturnya. Namun tetap mengedepankan prinsip independensi dan mandiri. ini merupakan perjuangan kita bersama, perjuangan identitas sebagai suku Karo,
salah satu identis itu adalah Aksara Karo “Surat Aru”.

Kuota Ballroom Hotel Sibayak hanya 200 orang. Peserta Seminar terdiri dari :
- 70 orang dari berbagai Sanggar Seni Karo (Lingga, Seberaya, Dolatrayat, Dokan, Batukarang, Rumah Kabanjahe, Kuta Gugung/ Tigabinanga). Masing-masing-masing sanggar akan tampil di acara pembukaan/ pra-Seminar.
- 30 dari kalangan Penasehat/ Pengarah Seminar dan Panelis Seminar.
- 100 orang yang akan kita jaring melalui publikasi online dan Undangan (Kuota Terbatas).

Seminar ini akan gelar terbuka dengan Live Streaming di FB dan YouTube, akan diikuti oleh seluruh Sekolah level SMA dan SMK di daerah Karo dengan himbauan Kepala Sekolah, juga diharapkan untuk jadi perhatian kalangan mahasiswa untuk ikut bergabung. Target peserta Online yang mengukuti seminar ini adalah 10.000 orang.

Untuk session diskusi akan digelar Zoom Meeting dan diharapkan ada pembicara atau panelis dari luar lokasi seminar yang punya pemahaman tentang Aksara Karo. Acara ini akan dikemas apik, dibarengi pertunjukan Seni, acara pembuka an di isi dengan
pertunjukan dari sanggar seni. Dijeda acara akan ada spesial perforn Monolog dari @Mannaguslo, orasi kebudayaan dari @Ferisuranta dan Spesial Perform dari @Simpei_Sinulingga 

Acara ini dikoordinir oleh ketua Panita @jere_ginting dan Tim kepanitiaan serta @Bas_Kaban sebagai Promotor Event.

Ikuti terus @persada_eventkreatif sebagai sebuah wadah / media / akun informasi hingga pelaksanaan event pada tanggal 26 Januari 2024.

Copyright By Instagram  @persada_eventkreatif



Editor : Arjuna H T M 


 Seminar Aksara Karo Berlangsung di Hotel Sibayak Berastagi, 26 Januari

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seminar Aksara Karo Berlangsung di Hotel Sibayak Berastagi, 26 Januari

Iklan