terkini

Iklan Film

Terjadi Pemadaman Serentak di Kepulauan,Aktivis Tuding PLN Lalai di Perencanaan

Lidinews
Kamis, 7/02/2020 09:02:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:34Z


SUMENEP- LidiNews.com |Surat edaran pemadaman listrik di sejumlah titik yang diterbitkan PLN ULP Kepulauan,menuai kecaman dari beberapa pihak,pasalnya kebijakan tersebut dinilai sangat merugikan masyarakat, khususnya para pelaku usaha yang berdomisili di daerah kepulauan Sumenep,Madura,Jawa Timur.

Wisnu,salah satu pengusaha yang bergerak di bidang pengelasan pagar dan kanopi merasa resah dan khawatir usahanya bakal mandeg tidak bisa produksi.

"Terus terang kami sebagai warga terdampak sangatlah khawatir,jika hal ini terus berlarut otomatis kami akan kehilangan mata pencaharian,bagaimana kami bisa lakukan produksi jika tak ada Listrik" Ujar Wisnu pada wartawan di Parkiran Pemkab Sumenep,Rabu(01/07).

Manager PLN ULP Kepulauan Kangean,Daan  Agung Lazuardi,melalui sambungan telepon nya, mengatakan pemadaman dikarenakan minimnya stock BBM.

"Kami mohon maaf, dikarenakan kendala tehnis,peralihan dari rekanan(transportir) lama ke rekanan baru per 1 juli dengan menggunakan kapal tanker,terjadi keterlambatan pengiriman BBM,sehingga untuk sementara kami lakukan pemadaman untuk menghemat BBM,dan beberapa hari kedepan  kondisi akan normal kembali" Ujar Daan Rabu (01/07).

Disinggung terkait Aturan baru penggunaan Tanker yang dinilai kurang sesuai dengan letak geografis di wilayah ULP Kepulauan kangean,Daan berdalih cuma melaksanakan ketentuan dari pusat dan pihaknya mengaku akan segera lakukan evaluasi.

"Mengenai letak geografis, kantor pamekasan sudah mengetahui pak,tapi yang namanya ketentuan dari pusat,ya kita ikutin dulu," dalihnya.

Menurut Daan untuk sementara manajemen melaksanakan sesuai ketentuan dulu,baru nanti ada yang namanya justifikasi untuk mengetahui model pendistribusian yang cocok untuk wilayah kepulauan,sehingg kedepannya bisa jadi lebih baik.

Menyikapi hal ini,Aktivis Pemerhati Kebijakan Publik, Hery Zhamaon,mengecam keras kebijakan PLN yang dianggap setengah hati,dan pihaknya sangat menyayangkan langkah PLN yang dinilai sangat merugikan masyarakat kepulauan.

"New metode pendistribusian BBM melalui kapal tanker  sesuai SOP Pertamina,itu sah-sah saja dilakukan PLN,tapi tidak untuk menciptakan permasalahan seperti sekarang ini, yang sangat merugikan masyarakat," Ujar Hery.

Menurutnya Jauh-jauh sebelumnya,harusnya PLN melakukan kajian perencanaan yang benar-benar matang,mempertimbangkan segala hal,termasuk geografis di masing-masing pulau,memungkinkan tidak untuk pake tanker.

Aktivis yang biasa disapa Hery Gondrong tersebut menilai PLN terlalu premature lakukan pengalihan distribusi BBM menggunakan kapal tanker.

"Sepanjang tidak ada masalah,pasokan BBM aman dan lancar,menurut saya PLN gak perlu terburu-buru beralih gunakan kapal tanker yang mana ujung-ujungnya merugikan masyarakat khususnya kepulauan,kalau sudah terjadi kayak gini,baru mau evaluasi ,kan lucu nich sekelas BUMN  punya pilot project  yg amburadul " Kata Hery dengan nada tinggi.

Masih kata Hery, pertanyaannya sekarang, siapkah PLN yang nota benenya sebagai perusahaan negara memberikan ganti rugi kepada para pelaku usaha,nelayan,petani yang merugi akibat pemadaman ini,kalau siap it's okay gak ada masalah.

Hery juga mempertanyakan terkait stock BBM yang sudah di distribusikan oleh rekanan transportir yang lama,

"Nah ini lagi terkait dengan stock BBM yang menurut kami terkesan janggal,ambil contoh yang pulau Sapudi,per tanggal  26 juni kemaren diberlakukan pemadaman 12 jam untuk menghemat BBM,sedangkan per tanggal 26 itu masih ready stock untuk 5 hari kedepan yakni sampai tgl 1 Juli full 24 jam.

"Jika per tgl 1 Juli sudah terjadi pemadaman total,ini kan tidak logis,terus dikemanain itu  sisa stock BBM nya?,ini harus dipertanyakan ke PLN dan harus diusut tuntas," Pungkasnya.


Reporter: IR/HER/TIM
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terjadi Pemadaman Serentak di Kepulauan,Aktivis Tuding PLN Lalai di Perencanaan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo