terkini

Iklan Film

Pernyataan Sikap GERMAS PMKRI Regio Sumatera, Tindakan Represif Aparat Terhadap Masyarakat Papua

Lidinews
Rabu, 7/28/2021 03:06:00 PM WIB Last Updated 2022-06-06T11:59:31Z

Lidinews.id - Media massa kini viral dengan Vidio yang berdurasi sekitar 1 menit 30 detik, yang menampilkan seorang warga Papua diperlakukan dengan tidak baik oleh dua oknum TNI. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, bahwa korban adalah seorang yang memiliki kesulitan dalam hal berbicara.

Hal tersebut menambah catatan buruk yang dilakukan oleh aparat negara terhadap masyarakat, terkhususnya masyarakat Papua. Dan kejadian tersebut telah menciderai institusi TNI.

Tindakan Represif oleh aparat di Indonesia masih sering terjadi dan kebijakan pemerintah dalam menangani hal ini tidak serius. Kasus kekerasan terjadi kembali di Merauke pada tanggal 26/07/2021 sekitar pukul 10.00 WIT yang dilakukan oleh dua oknum militer selaku pihak yang seharusnya menjaga dan mengayomi masyarakat. Kejadian ini tentu menjadi hal yang memalukan bagi organisasi militer dan akan berdampak hilangnya rasa kepercayaan dari masyarakat.

 Presidium Gerakan Kemasyarakatan (PGK) Perhimpunan Mahasiswa Katolik (PMKRI) Regio Sumatera yang diwakili oleh Petrus F. Leta (PGK PMKRI Cab. B. Lampung), Sintong Sinaga (PGK PMKRI Cab. Medan), Gita Bonita Turnip (PGK PMKRI Cab. Bengkulu), Vande DeRosarius D. B (PGK PMKRI Calon Cab. Batam) menyatakan sebuah sikap terhadap tindakan Represif oknum militer di Papua. 

1. Germas PMKRI Regio Sumatera mengutuk keras tindakan represif yang di lakukan oleh 2 oknum militer di Merauke, Papua Barat karena hanya akan memicu meningkatkanya eskalasi kekerasan, mengakibatkan pelanggaran serius terhadap HAM dan semakin kentalnya ketidakpercayaan masyarakat Papua terhadap pemerintah dan aparat keamanan. 

 2. Germas PMKRI Regio Sumatera meminta dan mendesak Danlanud DMA Merauke untuk menindaklanjuti dengan tegas anggota POM AU yang melakukan tindakan represif terhadap masyarakat papua yang menyandang disabilitas.

3. Menegakkan proses hukum dipengadilan umum untuk diberikan sanksi yang sesuai dan seadil-adilnya. 

4. Meminta serta mendesak panglima TNI menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar bersikap lebih humanis dalam menjalankan tugas di tengah tengah masyarakat Papua.

5. Meminta kepada Panglima TNI untuk melakukan evaluasi kepada seluruh lembaga keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Demikian pernyataan sikap Germas PMKRI Regio Sumatera.



Laporan: Sintong



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pernyataan Sikap GERMAS PMKRI Regio Sumatera, Tindakan Represif Aparat Terhadap Masyarakat Papua

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo