terkini

Iklan Film

film

Hujan Deras Mengguyur, Lahar Dingin Sinabung Menghantam Rumah Warga

Lidinews
Jumat, 8/27/2021 02:05:00 PM WIB Last Updated 2022-06-06T11:58:07Z

Sumatera Utara, Karo, Lidinews.id - Jumat, 27 Agusstus 2021. Akibat hujan dengan insentitas tinggi mengguyur dataran tinggi Kabupaten Karo. Satu malam penuh mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB dini hari.

Banyak longsor yang terjadi di berbagai wilayah, termasuk lahar dingin Sinabung turun sangat besar dan menghantam serta menghanyutkan beberapa rumah warga di beberapa desa di lereng sinabung. 

Desa Sigarang-garang, Kecamatan Naman Teran termasuk salah satu desa yang terkena dampak lahar dingin Sinabung.

Akibat lahar dingin tersebut, beberapa rumah warga dihantam lahar dingin tersebut diantaranya Rumah Dasarna Surbakti, mantan BPD Sigarang-garang hanyut tidak tersisa, rumah bapak Gina Sitepu dihantam bagian dapur hingga hanyut, rumah Modal Ginting tertimbun dan menyisakan seng saja yang terlihat, rumah Bapak Anta Bangun dan rumah Matahari Sitepu terkena di bagian belakang serta rumah Almidin Ginting hanyut menyisakan lantai dan puing-puing tiang.

Banyak akses jalan yang putus diantaranya termasuk di sapodam, simpang Desa Sukatendel yang mengakibatkan jalur lintas Kutabuluh ke Tiganderket lumpu. Di Tiganderket juga akses jalan lumpuh.

Sesuai informasi dari Kanit intel Polsek Simpang Empat, Pak Depari melalui perangkat Desa Sigarang-garang, Muhammad Iksan Ginting "alat  berat sedang diarahkan ke Simpang Sukatendel dan Tiganderket" katanya.

Desa Sigarang-garang akan di arahkan juga alat berat guna mengantisipasi lahar susulan yang bisa mengakibatkan jalan lintas Karo-Langkat terputus karena beberapa batu sudah berada di badan jalan.



Laporan: IG



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hujan Deras Mengguyur, Lahar Dingin Sinabung Menghantam Rumah Warga

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo