terkini

Iklan Film

Bagaimana Cara Menghemat Energi Di Rumah

Lidinews
Senin, 5/23/2022 10:02:00 AM WIB Last Updated 2022-05-23T03:02:00Z

 Bagaimana Cara Menghemat Energi Di Rumah #2

Oleh : Chris Baraniuk

Gambar : Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga dorongan angin. Sumber : Pexels.com. Lidinews.id.

Situasinya "memilukan" katanya, menambahkan, "hampir seperti lingkaran setan." Naiknya harga energi mendorong biaya banyak hal lainnya – termasuk bahan bangunan – juga lebih tinggi, sehingga menghambat retrofit rumah dan mengurangi konsumsi energi, jelasnya.

Lidinews.id - Dalam satu makalah tahun 2017, Patterson dan rekan menilai lima rumah yang dipasang kembali dalam hal penghematan energi. Penghematan untuk penghuni mereka ditemukan antara £400 dan £620 ($520 dan $806) per tahun pada saat itu, meskipun biaya untuk melakukan renovasi berkisar antara £23.800 ($30.945) hingga £30.500 ($39.656) – artinya akan memakan waktu sekitar setengah abad untuk menutup biaya itu.

Manfaat tambahan dari pekerjaan ini, bagaimanapun, adalah pengurangan emisi CO2. Emisi yang terkait dengan rumah-rumah dalam penelitian ini turun antara 50% dan 75%.

Secara global, bangunan dan proyek konstruksi bertanggung jawab atas volume emisi yang besar. Dalam hal emisi terkait energi di seluruh dunia, 10% berasal dari industri konstruksi, misalnya. Beberapa bahan bangunan, terutama beton, diketahui sangat menyusahkan dalam hal lingkungan. Beton berada di belakang sekitar 8% dari total emisi CO2, misalnya. Beberapa menganjurkan penggunaan alternatif, dari kayu ke kertas bekas terkompresi, sebagai gantinya.

Ada hal-hal yang dapat dilakukan orang dengan anggaran terbatas, Patterson menekankan. Menambal lubang-lubang kecil di sekitar pipa di dinding luar, mengganti jendela yang pecah atau tertutup rapat, menghindari membiarkan TV dan peralatan lain dalam keadaan siaga dan menggambar gorden atau kerai saat hari gelap di luar semuanya dapat membantu menjaga rumah lebih hangat lebih lama. Kombinasi langkah-langkah kecil seperti ini saja dapat mengurangi tagihan energi rumah tangga sekitar 10%, dia memperkirakan.

Claire Golemboski-Byrne menunjukkan bahwa menjadi lebih proaktif dalam memantau penggunaan energi Anda adalah langkah pertama yang penting untuk menguranginya. Ini bisa berarti benar-benar melacak meteran listrik atau gas di rumah Anda dan mengubah perilaku Anda untuk memperlambat putaran ke atas yang stabil dari angka-angka itu.

Tidak ada yang tahu apa yang mungkin Anda selamatkan sebagai hasil dari pengawasan seperti itu. Jeff Wilson, pembawa acara TV AS dan penulis The Greened-House Effect, tentang proyek retrofit energinya sendiri, menyadari bahwa perusahaan gasnya memungut biaya bulanan sebesar $30 (£23) hanya untuk tetap terhubung ke sistem mereka.

"Saya membayar lebih untuk biaya daripada bahan bakar yang melayani tungku dan pemanas air," katanya.

Wilson telah membuat langkah besar dalam perkuatan rumahnya tahun 1940-an menjadi sangat hemat energi dan karenanya, dengan beralih ke meteran air bertenaga listrik, dia dapat menggunakan "semua listrik" dan meminta perusahaan gasnya untuk memotong pasokannya.

Dalam kasus Wilson, rumahnya di Athena, Ohio ditenagai oleh panel surya dan listrik utama yang dipasok oleh perusahaan lokal yang telah meningkatkan ketergantungannya pada energi terbarukan dalam beberapa tahun terakhir. Dia melakukan banyak pekerjaan perkuatan sendiri, yang membantu mengurangi biaya secara signifikan. Sedemikian rupa sehingga pekerjaan terbayar dengan sendirinya – dalam hal penghematan tagihan energi – hanya dalam tujuh tahun.

Dia mengatakan bahwa di antara manfaat yang datang dengan membuat rumah Anda lebih hemat energi adalah peningkatan swasembada energi. "Ini bagus untuk ketahanan energi kita," katanya.

Perkuatan bisa dilakukan secara besar-besaran, jika dana untuk membayarnya ada. Tapi ada faktor pendorong selain emisi karbon dan biaya hidup. Baik Inggris Raya dan Uni Eropa akan menaikkan peringkat efisiensi energi minimum untuk akomodasi sewaan antara sekarang dan 2030, yang berarti bahwa banyak tuan tanah sekarang tidak memiliki pilihan selain meningkatkan kinerja energi properti mereka.

Bagi pemilik blok apartemen, biayanya mungkin besar, tetapi perusahaan Jerman Ecoworks telah mengembangkan faade prefabrikasi yang dirancang untuk dipasang pada bangunan yang ada, menambahkan tidak hanya lapisan insulasi tetapi juga saluran ventilasi, pipa, dan jendela yang lebih baik.

"Anda memiliki kulit baru di sekitar gedung lama," kata pendiri Emanuel Heisenberg. Sangat cepat untuk menginstal, katanya, menambahkan bahwa satu apartemen dapat ditingkatkan dalam waktu kurang dari sehari.

Kulit hemat energi ini juga dirancang untuk membawa panas dari sistem pompa panas yang terletak di basement ke flat di lantai atas. Panel surya di atap membantu mengurangi permintaan pasokan listrik.

Ecoworks berencana untuk memperbaiki beberapa bangunan di Jerman tahun ini, mencakup hingga 150 tempat tinggal individu.

Heisenberg mencatat bahwa biaya saat ini dari pendekatan ini lebih dari sekadar retrofit energi konvensional – tetapi subsidi pemerintah yang tersedia di Jerman mengurangi pengeluaran yang dapat membuatnya, secara keseluruhan, sedikit lebih murah daripada alternatif konvensional, tergantung pada konfigurasi. Plus, tuan tanah dapat memilih untuk menambahkan lantai lain ke properti mereka atau perpanjangan pada saat pemasangan, yang akan memungkinkan mereka untuk meningkatkan jumlah penyewa dan meningkatkan pendapatan pada saat yang sama.

Heisenberg, Wilson dan Patterson semuanya setuju bahwa intervensi pemerintah diperlukan untuk mempercepat proyek perkuatan energi di seluruh Eropa. Program pendanaan dan hibah akan membantu mengurangi biaya yang signifikan bagi pemilik rumah.

Perusahaan juga membutuhkan dorongan untuk melatih staf dalam teknologi baru dan teknik renovasi, kata Patterson, yang mencatat bahwa terkadang sulit untuk menemukan berbagai pemasok panel surya untuk pekerjaan perkuatan di Inggris. Untuk proyek yang akan datang, dia hanya menerima proposal dari dua perusahaan yang menawarkan untuk memasang panel dan baterai.

"Pasar sangat kecil sehingga harga akan naik karena tidak ada persaingan," katanya, mencatat bagaimana investasi pemerintah tidak selalu konsisten. "Ini sebagian karena penghentian investasi dalam berbagai program hibah sehingga pasar tidak dapat tumbuh secara konsisten."

Steve Golemboski-Byrne juga mengatakan lebih banyak dukungan pemerintah diperlukan untuk memungkinkan orang lain mengikuti jejak mereka. Tidak masuk akal, katanya, untuk meminta semua orang melakukan pengorbanan yang sama seperti yang mereka lakukan.

"Kita seharusnya tidak mengharapkan seluruh bangsa untuk menyelesaikan masalah ini satu per satu," katanya. "Jika kita ingin ketahanan energi nasional, pemerintah harus terlibat pada tingkat yang jauh lebih besar."

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bagaimana Cara Menghemat Energi Di Rumah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo