terkini

Iklan Film

Dukung Pertumbuhan Minat Baca Anak, HMP PGSD UNIKA Medan Gelar Aksi Kasih Literasi Dan Numerasi

Lidinews
Minggu, 5/29/2022 12:10:00 PM WIB Last Updated 2022-05-29T05:10:53Z
Gambar : Dukung Pertumbuhan Minat Baca Anak, HMP PGSD UNIKA Medan Gelar Aksi Kasih Literasi Dan Numerasi. Lidinews.id.

“Buku adalah gudang ilmu” pepatah tersebut selalu menjadi nasehat bagi semua orang untuk terus memperkaya pengetahuan.

Sumatera Utara, Medan, Lidinews.id - Bertepatan dengan bulan Maria, HMP PGSD UNIKA Medan selaku wadah kemahasiswaan kelengkapan jurusan yang dimana tugas pokok HMP gelar kegiatan ekstrakulikuler dan kokurikuler.

Kegiatan ini bersifat penalaran sesuai dengan program study jurusan di Universitas Katolik St. Thomas Medan yang memberikan dukungan berupa donasi buku bacaan, buku mata pelajaran, buku tematik dan buku rumus-rumus.

Aksi kasih literasi dan numerasi ini berawal dari ide Reno Francius Simanullang, Ketua HMP PGSD UNIKA Medan yang mendapat informasi, bahwa ada beberapa pengurus dan anggota HMP PGSD UNIKA Medan yang mengikuti kampus mengajar merasa kurangnya fasilitas seperti buku yang sangat minim di SD (Sekolah Dasar) tempat penempatan pemerintah.

Aksi kasih literasi dan numerasi ini baru pertama kali diselenggarakan oleh HMP PGSD UNIKA Medan, langsung ditujukan kepada Sekolah Dasar Negeri 6 Onanrunggu, Kabupaten Samosir dengan misi menyediakan akses buku bacaan berkualitas untuk anak-anak yang berada di daerah pedesaan.
“Donasi buku ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian HMP PGSD UNIKA Medan terhadap perkembangan anak anak Indonesia khususnya di area minim akses pendidikan dan teknologi, karena kami percaya sumber bacaan yang memadai adalah landasan awal untuk menunjang karakter dan pendidikan anak yang berkualitas," ujar Reno Francius Simanullang.

Firenta Gapana Sembiring selaku Wakil ketua HMP PGSD UNIKA MEDAN dan Penanggungjawab pertama kegiatan Aksi Kasih Litrasi dan Numerasi ini menyampaikan, "bahwa dampak terhadap peserta didik di Indonesia dari virus covid 19 selama kurang lebih 2 tahun mengakibatkan peserta didik sekolah dasar kurangnya minat membaca. Mengingat pengalaman mengikuti kampus mengajar, fasilitas buku pembelajaran belum terpenuhi atau belum sesuai dengan anjuran pemerintah dan minat baca peserta didik di sekolah dasar negeri 6 Onanrunggu sangatlah minim, maka dari itu dengan kegiatan Aksi Kasih Litrasi dan Numerasi berharap besar kepada guru di SD negeri 6 Onanrunggu menerapkan Litrasi dan Numerasi 10-15 menit sebelum memulai pembelajaran," katanya.

Maya Simajuntak, S.Pd, kepala sekolah SD Negeri 6 Onanrunggu menyambut kedatangan Pengurus HMP PGSD UNIKA MEDAN dengan hangat terlebih melihat kepedulian dan semangat mahasiswa untuk memajukan pendidikan. Saya mengucapkan terima kasih dan merasa bersyukur atas kepedulian calon guru kepada SD Negeri 6 Onanrunggu serta kepada peserta didik Onanrunggu, harus bisa lebih rajin dan lebih semangat membaca buku karena Guru yang paling setia adalah buku," ucapnya.
Gambar : Dukung Pertumbuhan Minat Baca Anak, HMP PGSD UNIKA Medan Gelar Aksi Kasih Literasi Dan Numerasi. Lidinews.id.

"Sekolah SD Negeri 6 Onanrunggu untuk lebih antusias menerapkan literasi dan numerasi serta memperhatikan keadaan perpustakaan agar peserta didik tertarik untuk berkunjung keperpustakaan. Semoga lewat aksi kasih dari HMP PGSD UNIKA Medan ini memberikan dampak yang besar bagi guru maupun dengan peserta didik," tegas terbina Sigalingging, selaku Sekretaris HMP PGSD Unika Medan skaligus penanggungjawab kedua akti ini.

Sambung Terbina Sigalingging, "aksi ini tidak hanya sekedar mendonasikan buku melainkan sekaligus membersihkan dan merapikan perpusatkaan SD Negeri 6 Onanrunggu serta memberikan edukasi tentang Literasi dan Numerasi kepada peserta didik dengan memasuki setiap kelas," pungkasnya mengakhiri perbincangan dengan tim jurnalis lidinews.


Editor : Arjuna H T M
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dukung Pertumbuhan Minat Baca Anak, HMP PGSD UNIKA Medan Gelar Aksi Kasih Literasi Dan Numerasi

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo