terkini

Iklan Film

Wirausaha : Bentuk Ikhtiar Mahasiswa Membangun Ekonomi Pasca Pandemi

Lidinews
Selasa, 6/14/2022 03:29:00 PM WIB Last Updated 2022-06-14T08:29:17Z

Penulis : Tsabit Ikhmaddi Haqiqi


Pada akhir dekade ini semakin banyak mahasiswa yang memiliki usaha sendiri. Mereka didukung oleh kemajuan tekhnologi dan kemudahan mendapat informasi.

Lidinews.id - Sudah banyak mahasiswa yang berhasil menjalankan usahanya dengan baik. Semakin muda usia pebisnis, maka semakin besar peluang untuk sukses dalam suatu usahayang dijalankannya.

Berwirausaha dapat menjadi solusi atas masalah pengangguran dan kemiskinan yang angkanya kian menanjak saat ini. Pada tahun 2016 saja tercatat jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 28,01 juta jiwa atau 10,86% dari seluruh penduduk Indonesia (BPS,2016). Sedangkan pengangguran pada tahun 2016 berjumlah 7,02 juta orang atau 5,5% dari seluruh warga negara Indonesia.

Wirausaha dikatakan sangat penting karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara umum di suatu negara. Peran kewirausahaan dalam perkembangan ekonomi meliputi lebih dari sekedar peningkatan output dan pendapatan per kapita, didalamnyajuga mencakup Prakarsa dan penetapan perubahan dalam struktur bisnis dan masyarakat. Ini sangat selaras dengan kondisi negara kita yang baru bangkit dari kemerosotan ekonomi sebab pandemi.

Pada masa pandemi virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), larangan berkumpul atau berkerumun, dan menjaga jarak antara satu individu dengan individu lainya. Seiring adanya aturan tersebut maka di beberapa wilayah terdampak, terjadi perlambatan kegiatan usaha yang merata di seluruh Indonesia.

Covid-19 yang melanda Indonesia telah membuat perekonomian dalam negeri kontraksi dan berdampak terhadap perekonomian nasional, terjadi hampir di semua lini, mulai dari tenaga kerja sampai kinerja industri di tanah air. Imbas dari Covid-19 ini, tidak sedikit industri yang mengurangi kegiatan usahanya atau bahkan menghentikan, sehingga banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan.

Salah satu peluang bisnis yang tetap hidup subur dan semakin menjamur di masa pandemi Covid-19 ini adalah wirausaha online atau yang sering disebut orang bisnis online. Kemajuan teknologi informasi, membuat perubahan pola bisnis yang dulunya pembeli dan penjual harus bertatap muka, maka kini tidak lagi.

Sekarang transaksi bisnis dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli pada lokasi yang berbeda bahkan berjauhan melalui sistem bisnis atau perdagangan online (e-commerce). Bisnis online ini juga semakin berkembang dengan adanya dukungan jasa pengiriman produk barang.

Berkembangnya teknologi, membuat semakin banyak kemudahan yang diperoleh konsumen dan menjadi peluang bisnis bagi para pelaku bisnis baik produsen maupun perantara. Bukan hanya para konsumen saja yang merasakan kemudahan dengan hadirnya bisnis online ini, tetapi juga para produsen dan perantara akan semakin banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Hal tersebut terasa pada masa pandemi Covid-19 dimana pemerintah menerapkan berbagai himbauan atau aturan, bisnis online banyak memberikan manfaat bagi semua orang. Segala kebutuhan yang diperlukan sehari-hari dengan mudah didapat dengan hanya bermodalkan smartphone atau laptop dan jaringan internet saja.

Saat ini, sudah banyak situs bisnis online di Indonesia sebagai layanan untuk sarana jual/beli barang atau jasa dilakukan secara online. Dengan semakin mudah dan murahnya biaya internet serta banyaknya penyedia pihak ketiga (e-commerce), maka bisnis online bukan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, melainkan banyak juga yang dilakukan oleh pelaku UKM bahkan perorangan dapat dengan mudah melakukan bisnis online. Organisasi bisnis berskala besar, menengah atau kecil, bahkan perseorangan dapat melakukan bisnis online dengan diwujudkan dalam berbagai jenis platform, misalnya; website, toko online, blog atau melalui sosial media seperti Facebook, Youtube, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya. Pada masa pandemi Covid-19 banyak bermunculan bisnis online yang dilakukan perorangan yang bertindak sebagai produsen maupun perantara.

Jadi menurut hemat saya, Bisnis online ini dapat menjadi sarana bisnis baru di masa pandemi Covid-19 dan juga akan tetap menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa yang menjanjikan pada masa new normal untuk mendorong pembangkitan ekonomi di indonesia, bahkan dimasa yang akan datang.



Editor : Arjuna H T M

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wirausaha : Bentuk Ikhtiar Mahasiswa Membangun Ekonomi Pasca Pandemi

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo