terkini

Iklan Film

Dosen FKIP Unismuh, Lolos Asesor BAN S/M

Lidinews
Rabu, 8/31/2022 12:39:00 PM WIB Last Updated 2022-08-31T05:41:20Z



Sulawesi Selatan, Makassar, Lidinews.id - 7 dosen FKIP Unismuh Makassar lulus seleksi asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah dan Madrasah. Mereka mengikuti rangkaian seleksi mulai mei hingga terakhir tes wawancara  dan pelatihan calon asesor 20 agustus 2022.

Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar Erwin Akib, Ph.D menyampaikan ucapan selamat kepada tujuh dosen yang lulus seleksi asesor BAN.

"Selamat, semoga sukses mengabdikan diri dalam mengemban amanah, demi menjamin kualitas pendidikan Indonesia dan menitipkan pesan agar menjaga integritas dan mutu sebagai asesor  demi menghadirkan kualitas pendidikan yang jauh lebih baik ,” tuturnya.

Dosen yang lolos tersebut, antara lain Dr Ashar (PGSD),Muhammad Wajdi.,M.Pd(Pend. Biologi), Zulkifli,M.Pd (Pend. bhs inggris), Dr siti fitiriani shaleha(Pend. Matematika ),Nur azmi,M.Pd (Pendidikan Fisika), Hamdani Hadaming,M.Si (PGSD), Dan siti maryam hamid, M.Pd (Pendi. bahasa inggris).tutur Muhammad wajdi salah satu dosen yang lulus.

Wajdi menjelaskan, tahapan seleksi yang telah ia lalui. Diawali dengan pendafaran , 5-20 mei  2022. Kemudian seleksi administrasi, 23 hingga 25 Mei 2022. Setelah pengumuman seleksi administrasi, dilanjutkan dengan tes substansi yang dilaksanakan 27 Juni hingga 1 juli2022. Hasil tes substansi diumumkan 23 Juli 2022.

"Tes substansi terdiri dari uji kognitif TKB, pengetahuan dan non kognitif. Setelah itu, kami melalui tes wawancara 28-30 Juli 2022 kemudian dilanjutkan dengan pelatihan calon asesor dari tanggal 12 hingga 20 agustus 2022 ,” tambah Wajdi.

Seleksi ini, lanjutnya, sangat kompetitif. "Kami harus bersaing dengan sesama dosen baik PTN maupun PTS. Selain itu kami bersaing dengan pengawas, widyaswara pendidikan, pengembang teknologi pendidikan,” jelas dosen Pendidikan Biologi Unismuh Makassar ini.

"Ada empat aspek yang penting untuk membenahi pendidikan, yakni kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur, dan proses pembelajaran. Semua hal itu, bisa diperkuat melalui proses akreditasi, di mana asesor memiliki peran penting dalam mengawalnya,” tukas dr Ashar sebagai salah satu dosen FKIP yang lulus.

Nantinya, Ashar dan asesor yang terpilih dari Unismuh lainnya, akan bertugas di Sulawesi Selatan. Alumnus Program Doktor  S3 Ilmu keolahragaan, konsentrasi guru sekolah dasar PGSD Universitas Negeri Surabaya ini menegaskan ketertarikannya menjadi asesor, merupakan upaya untuk terlibat langsung dalam perbaikan kualitas pendidikan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen FKIP Unismuh, Lolos Asesor BAN S/M

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo