terkini

Iklan

film

Masjid Al-Ikhlas Gelar Sholat Jumat Perdana, Al-Habib Ali : Tempat Terbaik Menurut Allah

Lidinews
Jumat, 8/26/2022 09:49:00 PM WIB Last Updated 2022-08-26T14:49:29Z


Lidinews.id - Antusias warga masyarakat Perum Bumi Perkasa Karangploso Malang, dalam meningkatkan sikap religiusitas tidak diragukan lagi. Hal itu diaplikasikan dengan kegiatan keagamaan senantiasa digalakkan dimana-mana. 

Tak terkecuali pada, Jum'at 26 Agustus 2022, yang mana masih dalam momentum kemerdekaan RI ke-77, warga setempat beriktikad dalam melaksanakan kegiatan sholat Jum'at perdana di Masjid Al-Ikhlas. 

Setidaknya, terdapat dua momentum yang membuat spirit mereka antusias, yang pertama karena bersamaan dengan momentum Tahun Baru Hijriyah yakni, Bulan Muharram. 

Adapun yang kedua ialah momentum HUT kemerdekaan Republik Indonesia, disamping keinginan dari masyarakat yang sudah lama diidam-idamkan agar masjid tersebut dipergunakan untuk melaksanakan sholat jum'at, dan baru terealisasikan. 

Memang butuh kekompakan dan kebersamaan, serta kerjasama dari semua warga. Sebagaimana disampaikan khatib sekaligus imam sholat Jum'at, Ustadz Al-Habib Ali Akbar bin Aqil, M.Pd. bahwa kaum muslimin harus bangga dengan identitas kemuslimannya. 

Menurut beliau, ibaratkan ikan dan air. Dimana semakin lama ikan jauh dari air, tentu akan sekarat dan mati. Begitu juga dengan muslim bila jauh bahkan tidak mau sama sekali ke masjid, maka dia akan jauh dari nilai-nilai ta'abbudiyah seseorang kepada sang khaliq. 

"Karena masjid itu sejatinya bagian (baitun min baitillah) tempat terbaik menurut Allah dan paling dicintai oleh Allah," dawuh Al-Habib Ali, di sela-sela khotbahnya. 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Takmir Masjid Al-ikhlas, Fendi Yatmi menyampaikan, bahwa sesuai dengan nama masjid tersebut maka perlu menanamkan keikhlasan atau kemurnian hati dan jiwa yang harus ditumbuhkan dalam tiap-tiap pribadi seseorang.


Selain itu, Ustadz H. Humaidi, Koordinator Sie Keagamaan dan Peribadatan Masjid Al-Ikhlas sekaligus penggagas terealisasinya sholat jum'at perdana ini mengatakan, bahwa hal tersebut merupakan bumbu ukhuwah Islamiyyah untuk menumbuh kembangkan semangat persaudaraan antar warga. 

Ia juga menyebut, bahwa seringkali di perumahan lain bersifat individualistik, namun tidak demikian disini. Masjid harus menjadi media untuk saling mengenal, baik antar sesama masyarakat terlebih kepada sang Khaliq. 

"Masjid merupakan media syi'ar Islam yang Rahmatan lil'alamien dan ini menjadi sarana pengabdian dan khidmah kepada masyarakat," ujar Ustadz H. Humaidi yang juga berprofesi sebagai Dosen di salah satu Kampus ternama di Malang. 

Sekalipun warga setempat banyak yang kerja dan dinas diluar, pelaksanaan sholat jum'at perdana tersebut dihadiri sekitar 200 jamaah. Menurut Humaidi, hal ini merupakan awal yang baik karena sudah diikuti oleh banyak warga termasuk dari warga perumahan sekitarnya. 

Kendati demikian, peran dan partisipan dari ibu-ibu Karang Taruna Bumi Perkasa pun tak mau kalah yang juga membantu menyiapkan konsumsi nasi kotak dan snack buat para jamaah. Semuanya bahagia dan pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Untuk diketahui, Masjid Al-Ikhlas ini lebih dikenal oleh banyak masyarakat sekitar sebagai perumahan yang didominasi penghuninya adalah TNI karena berdekatan dengan Bataliyon Yonkes Karangploso. 

Walaupun terdiri dari berbagai ras, suku, dan agama, perumahan ini tetap menjaga kerukunan dan solidaritas antar sesama. Kedepannya diharapkan, semoga Masjid Al-ikhlas terus berjaya semakin baik sarana maupun prasarananya dan terus mensyiarkan nilai-nilai Islam yang santun penuh kedamaian.


Kontributor: Hainor Rahman
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masjid Al-Ikhlas Gelar Sholat Jumat Perdana, Al-Habib Ali : Tempat Terbaik Menurut Allah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo