terkini

Iklan Film

film

13 Ribu Pendidik Dapat Beasiswa Belajar Gratis di Temu Pendidik Nusantara 9

Lidinews
Rabu, 10/12/2022 08:30:00 AM WIB Last Updated 2022-10-12T01:40:43Z
Keterangan Gambar : Adelina Anggraini, ketua pelaksana TPN 9, menyampaikan terima kasih untuk semua pihak di berbagai daerah yang telah terlibat berkolaborasi untuk TPN 9. Istimewa.


Lidinews.id - Yayasan Guru Belajar (YGB) menggelar puncak Temu Pendidik Nusantara 9 (TPN 9) pada Minggu (9/10/2022) di SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur.

Acara ini disiarkan secara daring dan diikuti oleh 13.000 lebih peserta dari seluruh wilayah Indonesia. TPN 9 merupakan serangkaian konferensi pendidikan yang diadakan sejak akhir Juli lalu dengan tema “Kurikulum yang Memberdayakan Konteks”. YGB memberikan beasiswa penuh untuk seluruh peserta yang ikut.

Najelaa Shihab selaku pendiri YGB, mengatakan, pemilihan tema didasari dengan kesadaran bahwa kondisi setiap murid dan sekolah/madrasah berbeda. Sehingga tidak mungkin memberikan perlakukan yang seragam.

Keterangan Gambar : Murid sedang menjelaskan karyanya ke pengunjung Puncak TPN 9. Istimewa.


“Lalu bagaimana kita bisa menghadirkan perubahan yang mengoptimalisasi perbedaan, bisa mengkoordinir perbedaan? Itulah yang menjadi latar belakang pemilihan tema TPN 9. Kurikulum yang Memberdayakan Konteks. Kurikulumnya satu, konteksnya sejuta,” terang Najelaa.
TPN 9 telah diselenggarakan sejak dua bulan lalu. Akhir Juli hingga Agustus digelar secara luring di 50 daerah dengan dua jenis kelas, yakni Kelas Kemerdekaan dan Kelas Kompetensi.
Selanjutnya hadir Pekan TPN 9 pada 3-8 Oktober. Ada Kelas Kolaborasi, Kelas Kolaborasi Spesial, Kelas Karier, Kelas Internasional, dan Pameran Karya. 

Bukik Setiawan, ketua YGB, berharap TPN 9 dapat mengakselerasi kompetensi pendidik. Terlebih di tengah masa transformasi kurikulum baru.
“Dengan adanya kurikulum baru bisa jadi menguatkan tapi juga bisa lewat begitu saja. Tidak mengubah paradigma, tidak mengubah transformasi pembelajaran yang telah kita upayakan bersama sejak bertahun-tahun lamanya,” jelas Bukik.

Bukik mengungkapkan, sebelumnya dia bertemu dengan peserta di TPN 9 Jombang yang kagum dengan TPN 9. Pasalnya, peserta yang terlibat tidak diberi iming-iming sertifikat, hotel mewah, atau kesempatan jalan-jalan. Melainkan berangkat dengan kesadaran masing-masing bahwa belajar ada kebutuhan.
Keterangan gambar : Pentas tari Lenggang Nyai oleh beberapa murid di Puncak TPN 9. Istimewa.


Pada puncak TPN 9 ini, terdapat pameran karya murid, pameran karya guru & sekolah, talkshow, serta pemberian apresiasi pendidik merdeka belajar. Ratusan pendidik mendapatkan penghargaan atas keterlibatan dalam memperjuangkan prinsip merdeka belajar atau pembelajaran yang berpihak pada anak.

Adelina Anggraini, ketua pelaksana TPN 9, berharap, penghargaan ini memberikan semangat pendidik agar terus berjuang untuk pendidikan. Selain itu meningkatkan motivasi untuk pendidik lainnya.
"Bergerak untuk berdampak, memilih jalan yang berbeda dengan yang lain, merupakan hal yang tidak mudah. Apresiasi setinggi-tingginya untuk mereka. Semoga langkah pendidik-pendidik ini dapat menginspirasi," kata Adel.




Kontributor : Erlina Siahaan
Editor : Erlina Siahaan
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 13 Ribu Pendidik Dapat Beasiswa Belajar Gratis di Temu Pendidik Nusantara 9

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo