terkini

Iklan Film

film

Kekuatan Komunikasi Politik Media Massa & Opini Publik Sebagai Aktor Politik

Lidinews
Senin, 11/14/2022 07:40:00 PM WIB Last Updated 2022-11-14T12:43:21Z
Penulis : Agnes Sitanggang
Mahasiswi Universitas Jambi, Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu  Politik

Lidinews.id - Tujuan komunikasi politik salah satunya adalah pembentukan opini publik. Di era globalisasi saat ini digital memperkenalkan suatu bentuk komunikasi yang lebih cepat dan berskala luas pastinya.

Proses yang terjadi  dapat dikatakan dengan komunikasi politik  yang saat ini banyak kita lihat dilakukan siapa saja  yang dimana tidak mengenal usia, jabatan, suku, agama, serta latar belakang orang tersebut.

Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah sedangkan media massa adalah sarana komunikasi dimana proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak secara serentak.

Media menjadi pemegang peranan penting sebagai aktor menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.  Dengan adanya media massa mempercepat pemerintah menjangkau masyarakat.  Melalui konten positif di media diharapkan dapat mempengaruhi pemikiran dan tindakan masyarakat.

Membahas tentang opini publik merupakan hal yang sangat menarik karena tidak akan ada proses politik yang terjadi tanpa komunikasi politik. 

Opini publik merupakan pendapat yang sama dan dinyatakan oleh banyak orang yang diperoleh melalui diskusi intensif yang menjawab pertanyaan suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan umum.

Opini publik hanya terbentuk ketika ada isu yang berkembang. Opini  publik menggabungkan pikiran, perasaan dan usulan yang dinyatakan individu masyarakat terhadap kebijakan oleh pejabat pemerintah yang bertujuan  untuk mencapai  ketertiban bersama dalam situasi konflik.

Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa, komunikasi politik dan opini publik sangat berkaitan dan saling mempengaruhi, karena komunikasi politik menggiring pembentukan opini publik yang dimana opini publik hasil dari kegiatan komunikasi politik itu sendiri. Dalam komunikasi politik yang dilakukan pemerintah akan berakibat pada opini publik yang beredar di masyarakat.

Di era digitalisasi saat ini juga sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat untuk menggunakan media massa baik itu untuk hiburan sampai pekerjaan. Bahkan di dalam politik media massa menjadi salah satu kekuatan komunikasi politik sebagai sarana politisi menarik perhatian publik.

Media sosial menjadi target yang harus di kuasai oleh politisi sehingga sangat efektif membangun sosialisasi. Jadi posisi media massa sangat penting bagi partai politik dalam membangun opini publik karena jangkauan luas dan keserempakan masyarakat menerima informasi dan membangun persepsi masyarakat tentang politik, partai politik dan tokohnya.


Editor : Arjuna H T M

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kekuatan Komunikasi Politik Media Massa & Opini Publik Sebagai Aktor Politik

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo