terkini

Iklan Film

Teruslah Berkibar Jurnalistik SMAN 1 HU'U

Lidinews
Jumat, 1/27/2023 05:27:00 PM WIB Last Updated 2023-01-27T10:31:24Z


Lidinews.id - Suatu kebanggaan buat saya, ketika bisa mengambil bagian dalam mengembangkan dan mudah - mudahan bisa memajukan ekstrakulikuler jurnalistik di SMAN 1 HU'U pada masa yang akan datang.

Jurnalistik memang ekskul yang baru dibentuk di akhir tahun kemarin yang diinisiasi oleh kepala sekolah dengan melibatkan saya dan beberapa kawan. 

Kami memulainya dengan mengadakan kegiatan jurnalistik di ruang IT. Sejumlah siswa hadir dalam kegiatan tersebut, begitu juga beberapa guru juga ikut hadir untuk memberi support pada kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan sejak sekolah ini berdiri puluhan tahun silam. Semua antusias dan penuh semangat.

Kegiatannya sendiri tidak terlalu formal. Peserta diberi ruang untuk aktif, baik bertanya terlebih menyampaikan harapan dan idenya untuk mengembangkan jika ekskul ini kelak terbentuk. Bagi siswa, ekskul jurnalistik memang masih belum bersahabat di telinga mereka. Dan alhmdulilah, berkat rahmat tuhan yang maha kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur maka ekskul jurnalistik akhirnya bisa terbentuk.

Walau kata jurnalistik masing asing di telinga siswa, tapi praktek jurnalistik sendiri sesungguhhya sudah familiar mereka lakukan. Pasalnya, mereka terbiasa menulis status di beranda media sosialnya masing - masing. Hanya saja, hal itu belumlah menjadi rutinitas dan belum sepenuhnya memenuhi standar jurnalistik.

Bahkan dalam sambutannya, kepala sekolah SMAN 1 HU'U, Titi Sumantri  S.S, memberikan apreasiasi terhadap kegiatan ini. Karena menurutnya, siswa bisa mengekspresikan diri lewat tulisan - tulisan yang mereka tulis. Bahkan lewat tulisan mereka, kegiatan di sekolah bisa terekspos di ruang publik. Itu pula akan membentuk pencitraan publik terhadap sekolah yang dipimpinannya.

Beberapa guru yang hadir juga memiliki pandangan yang serupa. Bahwa di era digitalisasi ini, penting sekali melibatkan siswa untuk bermedia sosial yang baik demi kemajuan sekolah di masa mendatang. Sebab, jika tidak melek media, maka sekolah yang berada di selatan kabupaten ini akan jarang di ketahui publik.

Semua pihak diharapkan untuk bisa berkolaborasi demi kemajuan sekolah kebanggaan masyarakat kecamatan Hu'u ini. Terlebih lagi peserta jurnalistik ini begitu bersemangat, tidak hanya saat mengikuti kegiatan, tetapi juga setelah selesai kegiatan jurnalistik dilaksanakan. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya mereka untuk menghadiri rapat internal terlebih lagi ketika membahas program ekskul jurnalistik ke depannya.

Ini pula yang membuat saya bersemangat mendampingi tim jurnalistik ini hingga kini. Beberapa agenda yang pernah dicanangkan sebelumnya sudah ada yang ditunaikan. Terlebih lagi tim jurnalistik yang semuanya adalah perempuan ini memang begitu komitmen dengan apa yang pernah direncanakan sebelumnya. 

Dan di awal tahun ini, ada beberapa agenda yang akan dieksekusi, baik berjangka pendek maupun yang berjangkan panjang. Untuk jangka panjang sendiri adalah penerimaan anggota baru. Nanti akan diplaningkan pada saat penerimaan siswa baru nanti. Semua tim jurnalistik bersepakat bahwa eksistensi ekskul ini akan bergantung pula pada regenerasi yang berkelanjutan. 

Namun yang terpenting sekarang adalah mensolidkan semua anggota yang ada. Karena mereka inilah yang akan menentukan sukses tidaknya agenda ke depan bisa dituntaskan. Kami menyadari semuanya tidak selamanya berjalan mulus. Akan selalu ada tantangan yang menghadang. Baik di internal sendiri, terlebih di lingkungan sekitar.

Sejauh ini yang dilakukan untuk mensolidkan semua tim jurnalistik adalah dengan membangun komunikasi dan koordinasi, baik lewat group WhatsApp maupun rapat secara offline di sekolah. Untuk rapat sendiri, tidak ditentukan secara kaku untuk hari dan tanggalnya. Sifatnya masih sangat fleksibel karena dikondisikan dengan waktu dan kesibukan seluruh anggota. 

Namun alhamdulilah sampai saat ini masih berjalan seperti yang direncanakan sebelumnya. Kalau pun ada kendala, masih bisa di atasi dengan komunikasi yang intens. Kami menyadari, ini bukan persoalan bagaimana memulainya, tetapi bagaimana menjalankan ini ke depan dengan sabar dan optimisme yang terus membuncah.

Dan salah satu hal yang ingin kami wujudkan adalah membuat buku di tahun ini. Mudah - mudahan ini bisa terealisasikan sebagaimana yang diharapkan, tidak hanya di tim jurnalistik, tetapi juga harapan seluruh warga sekolah.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Teruslah Berkibar Jurnalistik SMAN 1 HU'U

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo