terkini

Iklan Film

Titi Sumantri Pemimpin SMAN 1 HU'U Yang Bersahaja

Lidinews
Minggu, 1/29/2023 09:34:00 PM WIB Last Updated 2023-01-29T14:34:49Z


Lidinews.id - Saat ini jabatan kepala sekolah sudah biasa di pimpin oleh kaum hawa, termasuk kepala sekolah. Tak sedikit  sekolah-sekolah telah di pimpin oleh seorang perempuan. Sehingga keberadaannya tak hanya menjadi ibu di rumah, tapi juga ibu bagi semua anak didiknya yang ada sekolah.


Demikian dengan Ibu Titi Sumantri, S.S, yang kini menjadi orang nomor satu di SMAN 1 Hu'u.


Titi merupakan kepala sekolah teladan dan tampilannya sangat bersahaja. Ia lahir di Desa Adu, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu 31 Desember 1971. Berdasarkan keputusan gubernur Nusa Tenggara barat tanggal 22 Maret 2022 ia telah ditugaskan sebagai Kepala sekolah menengah atas Negeri 01 Hu'u cabang dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi  Nusa Tenggara Barat pada tanggal 4 Maret 2022.

Selama menjalankan perannya sebagai kepala sekolah, ia telah membawa SMAN 1 Hu'u menjadi salah satu sekolah favorit dengan menjadikannya sebagai kepala sekolah teladan. Keteladanannya tidak pernah di sematkan secara formal, namun karena kebajikan dan kebijaksanaannya, sekolah yang berada jauh dari pusat pemerintahan tersebut mampu bersinar hingga menembus jantung pemerintahan provinsi dengan sejumlah prestasi.

Sekolah tersebut juga sering menjadi juara dari perlombaan tingkat kabupaten maupun provinsi. Deretan piala dan piagam penghargaan di ruang kepala sekolah menjadi saksi atas keberhasilan memimpin sekolah sehingga lebih moderen. Selain memperhatikan prestasi siswa, Titi juga senantiasa mengajak warga sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah. Setiap dua minggu  atau seminggu sekali Titi meminta siswa dan guru untuk bekerja bakti membersihkan sekolah. Bahkan dia  sendiri yang akan turun langsung untuk memeriksa ke setiap ruangan-ruangan sekolah atau sudut-sudut sekolah agar kebersihan sekolah tetap terjaga.

Peran kepala sekolah sangat penting dan di perlukan dalam pengelolaan sekolah, karena kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerja sama dengan guru-guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan.

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa Titi Sumantri adalah kepala sekolah kebanggaan  warga SMAN 01 Hu'u. Ketika ditanyakan kepadanya, Titi mengungkapkan bahwa keikhlasan merupakan kunci kesuksesan. 

"Keikhlasan dapat melahirkan perilaku bijak, seperti disiplin, tegas, sederhana, penuh kasih sayang, amanah, profesional, serta mampu memisahkan urusan pribadi atau keluarga dengan urusan kantor" Ucapnya dalam satu kesempatan.

Karena kebijaksanaanya inilah, banyak siswa dan guru menyukai dan mengidolakan kepemimpinan Titi Sumantri. Bagi mereka, kepala sekolag yang murah senyum inu adalah sosok pemimpin yang patut di contoh.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Titi Sumantri Pemimpin SMAN 1 HU'U Yang Bersahaja

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo