terkini

Iklan Film

Musyawarah Nasional (Munas) Ke-I Netfid Indonesia

Lidinews
Rabu, 2/22/2023 06:31:00 PM WIB Last Updated 2023-02-22T11:39:39Z

Memperkuat masyarakat sipil untuk demokrasi yang lebih baik.

Lidinews.id - Jakarta, 22 Februari 2023. Network For Indonesian Democratic Society (Netfid) Indonesia menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pertama.

Bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenag RI, Munas pertama ini dihadiri oleh perwakilan dari 23 provinsi dan 73 kota dan kabupaten.


Plt. Ketua Netfid Indonesia, Muh. Afit Khomsani mengatakan, dalam Munas pertama Netfid ini, pihaknya mengusung tema “memperkuat masyarakat sipil untuk demokrasi yang lebih baik,”. Ia meyakini bahwa kualitas masyarakat sipil yang baik akan berdampak pada kualitas demokrasi yang baik pula.

“Selain akan melakukan rancang bangun cetak biru, gerak serta orientasi perkumpulan, Munas ke-I Netfid Indonesia setidaknya akan membahas beberapa fokus isu dan concern perkembangan demokrasi di Indonesia,” ungkapnya. (22/2).

Menurutnya, upaya memperkuat keberadaan masyarakat sipil merupakan hal penting bagi demokrasi di Indonesia, utamanya dalam situasi yang berkembang di tahun politik menjelang Pemilu 2024. Melalui pendidikan politik dan kesadaran gerakan sosial, pemberdayaan masyarakat sipil akan menjadi pondasi utama dalam menghadapi dinamika Pemilu 2024.


Sementara itu, Sekertaris Jenderal Bawaslu RI, Ichsan Fuady menambahkan bahwa Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dinilai masih rentan terhadap terjadinya pelanggaran. Olehnya, Badan Pengawas Pemilu Bawaslu) Republik Indonesia mendorong Netfid Indonesia agar turut serta dalam menguatkan integritas Pemilu.

“Penguatan integritas dan keadilan Pemilu, melakukan kolaborasi pengawasan parsitipatif, serta memperkuat referensi pemilih untuk menjadi pemilih cerdas dalam Pemilu harus menjadi perhatian,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa Netfid pjuga erlu menempatkan isu-isu politik uang, politisasi sara dan politisasi birokrasi sebagai tantangan pemilu demokratis. Sehingga  Pemilu yang berintegritas bisa terwujud.

Senada, Ketua Dewan Kehormatan Pengawas Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, Heddy Lugito menyampaikan, Keterlibatan masyarakat sipil dalam proses menuju pemilu yang berkualitas sangat penting. Mengingat kontestasi Pemilu 2024 mendatang bukan pemilu biasa.

Menurutnya, Pemilu yang akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang akan semakin keras, kompetitif, dinamis. Sehingga perlu adanya peran serta masyarakat Civil Society dalam hal ini Netfid.

“Saya sangat yakin Netfid akan menghasilkan sesuatu yang sangat berguna bagi demokrasi dan kepemiluan di Indonesia,” tambahnya.


Editor : Arjuna H T M
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Musyawarah Nasional (Munas) Ke-I Netfid Indonesia

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo