terkini

Iklan Film

film

Tim Dosen UNISMUH Makassar Berikan Pelatihan Pengolahan Ikan Buntal

Sabtu, 2/18/2023 09:30:00 PM WIB Last Updated 2023-03-09T23:39:06Z

 


     Kegiatan ini bertema “Pengembangan Kampung Ikan  dalam Pengolahan Ikan Buntal  Menjadi  Makanan Ikan Lezat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir” yang telah dilaksanakan pada hari sabtu 18 Februari 2023 di kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Galesong Utara. Kegiatan ini pandu oleh MC yaitu Dr. Yuyu Ruhayu, S.E., MM. Adapun Sambutan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Galesong Utara yaitu H. M. Amri Muhammad. SP., MP.
     Sambutan Ketua panitia pengabdian oleh Sri Wahyuni. S.E., M.E, dan sekaligus membawakan materi Pengelolaan ikan buntal dlm tinjauan ekonomi islam, selanjutnya pemateri kedua yaitu Syahidah Rahmah, S.E., Sy., M.E.I. dengan materinya Manajemen Usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Galesong Utara, Pemateri ketiga Alamsjah. ST., SE., MM (Penguatan Manajemen SDM dalam  pengelolaan ikan buntal), Pemateri keempat Dr. H. Andi Rustam, S.E., MM., Ak., CA., CPA., ASEAN CPA dan Pemateri kelima Dr. Andi Arifwangsa Adiningrat, S.E., S.Pd., M.Ak mengenai Perencanaan Keuangan Syariah dan Penyusunan Laporan Keuangan Syariah. 
     Adapun Instruktur yang memberikan materi praktek pengolahan ikan menjadi makanan lezat yaitu Aminullah. S.Pd. selain itu, ada tim instrukrur lainnya, tim pendamping dan tim evaluasi yang hadir yaitu Siti Zulaeha, S.Pd., M.Si, Nurul Fadhilah, S.Pd., M.Pd, dan Dr. Arniati. M.Pd,. Kegiatan ini juga melibatkan 3 mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Unismuh Makassar Kegiatan dihadiri oleh masyarakat Muhammadiyah Galesong Utara dan Masyarakat pesisir Galesong Utara. 


     Ikan Buntal hingga saat ini belum tereksplorasi secara optimal karena ikan  dikenal yang beracun dan sulit diolah karena sumber daya manusia sangat terbatas. Pada umumnya ikan buntal ada beracun dan ada tidak beracun, sehingga masyarakat belum bisa membedakan antara jenis ikan buntaI yang beracun dan tidak beracun. Tim dosen memilih ikan buntal yang tidak beracun untuk diproduksi supaya tidak mengambil resiko. Maka diperlukan pengolahan dengan keterampilan khusus untuk mengolah Ikan Buntal agar dapat dikonsumsi dengan aman. “Ujar Tim Pelaksana Pengabdian”.
     Bentuk kegiatan ini dengan mentransfer ilmu, ide, pengetahuan, dan keterampilan khususnya dalam pengembangan ekonomi masyarakat yang dipadukan dengan pelatihan produk olahan makanan berbahan dasar ikan buntal. Melalui pelatihan tersebut, masyarakat mampu mempersiapkan bekal untuk meningkatkan perekonomiannya. Keterampilan yang diberikan diharapkan mampu menciptakan usaha-usaha kreatif dan inovatif oleh masyarakat pesisir Galesong Utara. Pada akhirnya manfaat dari pengabdian ini diharapkan dapat menciptakan kelompok masyarakat pesisir yang cerdas berwirausaha dan mengelola usahanya secara berkelanjutan. “Ujar Tim Pelaksana Pengabdian”.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Dosen UNISMUH Makassar Berikan Pelatihan Pengolahan Ikan Buntal

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo