terkini

Iklan Film

IBEMPI Minta Kementan Evaluasi Program Food Estate

Lidinews
Rabu, 3/22/2023 11:27:00 AM WIB Last Updated 2023-03-22T04:59:02Z

Gambar : IBEMPI Minta Kementan Evaluasi Program Food Estate. Lidinews.id


Lidinews.id - Food estate adalah konsep pengembangan produksi pangan yang dilakukan secara terintegrasi dan terdiri atas pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di lahan yang luas.

Program ini diproyeksikan sebagai suatu  produksi terobosan yang diimplementasikan dengan tujuan demi terpenuhinya kebutuhan pangan Indonesia.

Progam ini sudah diusung sangat lama oleh pemerintah namun karena dikelola dengan berbagai kepentingan dan didesak secara terus menerus progam ini bisa dianggap gagal dan merugikan Negara dengan menggaburkan anggaran yang tergolong bukan kecil siapa yang diuntungkan?

Beberapa contoh progam food estate dari tahun ketahun food estate Ketapang sebesar 100.000 ha 2013, food estate bulungan 300.000 ha 2013, Rice Estate 1,2 juta ha 2015 dan semua gagal. Pada tahun 2020 pemerintah masih merencanakan progam ini kembali namun setelah dikaji dan diteliti kembali lagi program ini mengalami sebuah kegagalan. Bilamana progam ini tetap dilanjutkan bukannya mendapat ketahanan pangan namun menyebabkan kerugiaan negara.

IBEMPI Minta Kementan Evaluasi Program Food Estate

Ada 4 pilar dalam mewujudkan dan mengembangkan lahan pangan yaitu :
  • Kelayakan Tanah dan Agroklimat
  • Kelayakan Teknologi 
  • Kelayakan Infrastuktur 
  • Kelayakan sosial dan Ekonomi

Setelah melihat sebuah urgensi ini kami melakukan webinar bersama BEMPTNU yang dihadiri Guru Besar IPB Prof. Andreas Dwi Santosa dan kami Ikatan Bem Pertanian Indonesia dengan ini menyatakan sebuah tuntutan sebagai berikut:

  1. Meminta kepada kementerian Pertanian untuk memberentikan progam food Estate dan meminta evaluasi terhadap kinerja pemerintahan.
  2. Meminta kepada presiden untuk melibatkan dan mendengarkan saran maupun tanggapan para ahli dibidang pertanian.
  3. Mengecam keras bentuk upaya Pemerintah yang menyebabkan kerugian Negara yang disebabkan mengambilan keputusan tanpa mendengarkan para ahli dibidang pertanian.
  4. Menuntut kepada Kementrian Pertanian untuk lebih mengoptimalisasikan wilayah wilayah kecil yang mengandung 4 pilar dalam pengembangan lahan pertanian.
Demikian sebuah tuntutan yang kami berikan bila mana tidak ada tindak lanjut maka kami Ikatan BEM Pertanian akan melakukan sebuah perlawanan terhadap kebijkan yang tidak relevan dan tidak mensejaterakan rakyat khususnya petani mari wujudkan kejesejateran petani bukan hanya omong kosong.

IBEMPI Minta Kementan Evaluasi Program Food Estate

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IBEMPI Minta Kementan Evaluasi Program Food Estate

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo