terkini

Iklan Film

film

Kepala Desa Sei Baru di Duga Gelapkan Dana Pilkades Tahun 2022, Ini Kata Kadis PMD

Lidinews
Jumat, 7/28/2023 10:48:00 PM WIB Last Updated 2023-07-28T15:48:31Z
Gambar : Kepala Desa Sei Baru di Duga Gelapkan Dana Pilkades Tahun 2022, Ini Kata Kadis PMD. Lidinews.id

Lidinews.id - Pasca beberapa waku yang lalu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Forum Masyarakat Peduli Keadilan Desa Sei Baru (FMPKDSB), Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, laporkan Kades Sei Baru ke Penegak Hukum yang diduga selewengkan APBDes tahun 2022 dan 2023.


Giliran panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 Desa Sei Baru yang meminta dana pelaksanaan dan sosialisasi Pilkades yang sampai saat ini tidak dibayarkan oleh Kades Sei Baru. Jum'at (28/07/2023).


Inisial I Salah satu panitia pilkades Sei Baru menyampaikan bahwa berdasarkan surat Nomer: 145/768/PEM-SB/2023, Kades Sei Baru mengundang seluruh panitia Pilkades tahun 2022 untuk hadir pada hari Jum'at tanggal 28 Juli 2023 untuk menindak lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan dari Inspektorat terkait anggaran pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Sei Baru tahun 2022.


"Dalam rapat ini kami panitia pilkades mempertanyakan terkait Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) APBDes tahun 2022, yang mana dalam LPJ tersebut terdapat anggaran pelaksanaan dan sosialisasi Pilkades yang menelan anggaran Rp.16 Juta 250 ribu rupiah, tetapi sampai saat ini kami dari panitia pilkades tidak ada sepeserpun menerima dana tersebut". Paparnya


Oleh sebab itu kami menduga adanya penyelewengan anggaran yang dilakukan oleh Kepala Desa Sei Baru, ucapnya


"Dana anggaran pelaksanaan dan sosialisasi Pilkades yang menelan anggaran Rp.16 Juta 250 ribu rupiah, sudah terealisasi atau sudan dicairkan tetapi kami dari panitia pilkades tidak ada satupun menerima dana tersebut". Ucapnya


Jadi kami menanyakan kepada Kepala Desa Sei Baru kemana aliran dana sebesar Rp.16 Juta 250 ribu rupiah tersebut, dan kami juga sangat menyayangkan atas sikap Kepala Desa Sei Baru yang tidak hadir dalam rapat yang diadakan tersebut.


"Kami menyayangkan atas ketidak hadiran kades atas rapat ini, Jadi kami menunggu jawaban dari kades sei baru, jika tidak ada itikad baik maka kami dari panitia pilkades akan segera melaporkan hal ini ke Polres Labuhanbatu". Tutupnya


Untuk menanyakan hal ini, saat dikonfirmasi melalui media WhatsApp Kepala Desa Sei Baru, Sapri, tidak merespon sedikitpun walaupun pesan sudah dibaca.


Dikesempatan yang sama, saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Labuhanbatu, Abdi Jaya Pohan, menyampaikan bahwa terkait APBDes Desa Sei Baru tahun 2022 sedang dilakukan pemeriksaan inspektorat Kabupaten Labuhanbatu.


"Setahu saya APBDes 2022 sedang dilakukan pemeriksaan inspektorat, tunggu aja ya". Tulisnya singkat


Kontributor : Wiwi Malpino


Kepala Desa Sei Baru di Duga Gelapkan Dana Pilkades Tahun 2022, Ini Kata Kadis PMD

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kepala Desa Sei Baru di Duga Gelapkan Dana Pilkades Tahun 2022, Ini Kata Kadis PMD

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo