terkini

Iklan Film

Kopi Joss Dicampur Arang. Kopi Khas Jogja Beracun?

Lidinews
Minggu, 9/03/2023 12:23:00 PM WIB Last Updated 2023-09-03T05:32:36Z

Gambar : Syam Jafba. Kopi Joss Dicampur Arang. Kopi Khas Jogja Beracun? Lidinews.id


Dari berbagai karakteristik kopi yang ada di Indonesia, belum lengkap rasanya apabila tidak membahas Kopi Joss asli Yogyakarta ini.


Lidinews.id - Keunikan dari kopi ini telah dikenal cukup luas oleh masyarakat, hingga mancanegara. Di luar negeri Kopi Joss dikenal dengan nama The Charcoal Coffee (Kopi Arang).


Penamaan tersebut sesuai, karena penyajian kopi ini cukup nyentrik dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Kopi ini dapat kita temui ketika berada di sebelah utara Stasiun Yogyakarta, tepatnya di warung-warung angkringan yang berjajar dipinggir jalan.


Bagi yang tidak tahu, warung ini adalah gerobak dorong yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman tradisional dengan harga yang cukup murah. Harga Kopi Joss di angkringan tersebut berkisar pada Rp 10.000 saja.


Nah kawan kawan, kika berkunjung ke Yogyakarta tidak akan lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner khas Kota Gudeg tersebut.


Salah satu yang wajib dicoba adalah minuman murah nan legendaris, Kopi Joss tersebut.


Kalau biasanya penjual kopi menuangkan minuman di dalam gelas kemudian menghidangkannya kepada pelanggan, beda dengan Kopi Joss khas Jogja.


Kopi Joss adalah jenis penyajian kopi yang diseduh dengan air panas dan dimasukan bongkahan arang panas yang berwarna merah.


Jenis penyajian ini memang unik, namun menghasilkan cita rasa yang khas pada kopi tersebut. Kopi Joss ini sangat terkenal di Yogyakarta dan menjadi salah satu minuman yang dicari oleh para wisatawan.


Minuman ini disebut Kopi Joss karena saat arang panasnya dimasukan ke dalam kopi panas tersebut akan menimbulkan suara “joss”.


Sehingga banyak yang menyebutnya dengan Kopi Joss. Proses pembuatan Kopi Joss ini terbilang sederhana dan sangat unik. Pertama seduh kopi bubuk dan gula dengan air panas.


Untuk takaran kopi dan gulanya disesuaikan dengan selera kita, lalu diaduk sampai rata.


Setelah itu tambahkan arang panas yang masih berwarna merah ke dalam segelas kopi dan disajikan.


Arang yang digunakan untuk Kopi Joss pun bukan sembarang arang. Arangnya harus berasal dari kayu yang berjenis kayu sambi dari Kalimantan.


Itulah rahasia di balik nikmatnya Kopi Joss. Sampai-sampai, saking populernya bagi wisatawan lokal hingga asing, minuman ini juga punya julukan keren: the charcoal coffee, atau kopi arang.


Yang menjadi keistimewaan Kopi Joss ini adalah aroma yang khas ditimbulkan oleh arang yang dicelupkan ke dalam kopi tersebut.


Lalu ciri yang paling khas dari Kopi Joss adalah penyajian pada pelanggan, yaitu dengan mencelupkan arang kedalam gelas kopi yang akan kita minum.


Arang yang telah membara didalam tungku api, diambil dan diketuk-ketuk untuk memastikan debu-debu tersingkir dan aman untuk dicelupkan pada kopi.


Kopi akan terus meletup-letup ketika arang dicelupkan, hingga bara dalam arang telah mati.


Selain itu rasanya pun terasa seperti kopi yang dibakar sehingga menimbulkan rasa yang khas.


Aroma dan rasanya yang unik ini lah yang menjadikan Kopi Joss sangat terkenal, tidak hanya di Yogyakarta, namun juga di Indonesia.


Arang yang dicelupkan pada Kopi Joss, seringkali dipertanyakan keamanannya oleh masyarakat luas.


Gambar : Kopi Joss Dicampur Arang. Kopi Khas Jogja Beracun? Lidinews.id


Namun sejatinya kopi arang juga membawa manfaat bagi kesehatan penikmatnya. Dibakar hingga suhu mencapai 250 derajat celcius, arang akan berubah menjadi karbon aktif yang bermanfaat sebagai pengikat racun yang ada didalam tubuh peminumnya.


Penemuan akan fungsi arang sebenarnya sudah ditemukan berpuluh-puluh tahun lalu.


Bahkan Amerika Serikat pun menggunakan arang sebagai bahan dari obat anti racun, seperti Diarrest, Donnagel, dan lain sebagainya.



Biasanya penjual Kopi Joss tak hanya menjual minuman, melainkan berbagai kuliner unik khas Jogja lainnya, mulai dari sate kere hingga nasi kucing tersedia di penjual Kopi Joss.


Harga makanan dan minuman yang disediakan penjual Kopi Joss biasanya sangatlah murah. Bermodalkan uang Rp 10.000, kawan kawan sudah bisa merasakan istimewanya Jogja hanya dengan makan kenyang nasi kucing dan minum nikmat Kopi Joss.


Gambar : Menikmati Kopi Arang Pada Malam hari. Kopi Joss Dicampur Arang. Kopi Khas Jogja Beracun? Lidinews.id


Kopi Joss ini sangat cocok untuk menemani anda bersantai di malam hari sambil menikmati suasana kota yang tak pernah mati ini. Apalagi ditambah dengan cuaca hujan, hawa dinginnya akan menambah rasa tersendiri.


Akan tetapi perlu diperhatikan juga arang jenis mana yang terbaik untuk dicelupkan kedalam kopi.


Salah satu arang yang bisa digunakan untuk Kopi Joss adalah arang yang terbuat dari kayu sambi, yang dapat ditemui di Kalimantan.


Minuman ini bisa kita kita temukan di daerah Malioboro atau daerah Stasiun Tugu. Selain itu juga banyak angkringan yang menyediakan minuman ini dan rasanya tidak jauh berbeda karena resep membuatnya sama.


Bagaimana, tertarik tidak untuk menikmati citarasa khas dari Kopi Joss? Yuk, cobain Kopi Joss Khas Yogyakarta yang merupakan minuman legendaris dan dicari banyak orang!






Editor : Arjuna H T M





Kopi Joss Dicampur Arang. Kopi Khas Jogja Beracun?


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kopi Joss Dicampur Arang. Kopi Khas Jogja Beracun?

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo